10 Vokalis Populer Zaman Now Yang Memiliki Tarikan Vokal Super Keren

10 Vokalis Populer Zaman Now Yang Memiliki Tarikan Vokal Super Keren

iMusic – Bukannya membandingkan atau bahkan merendahkan. Tapi kenyataannya vokalis zaman sekarang aka “Zaman NOW” memang tidak memiliki tarikan / kualitas vokal semumpuni dan seabadi seperti penyanyi zaman dulu aka “Zaman OLD”. Miris? Pedas? Mungkin. Tapi kenyataannya memanglah demikian.

Namun di saat yang sama, nyatanya tidak seluruh vokalis zaman sekarang memiliki kualitas vokal di bawah standar. Buktinya masih banyak vokalis zaman NOW yang memang memiliki tarikan vokal yang benar-benar bikin merinding dari ujung kepala hingga ujung kaki.

Dan berikut adalah 10 vokalis diantaranya. Oh ya, “Zaman NOW” disini mengacu pada vokalis-vokalis yang memulai karirnya dari 2008-sekarang atau yang mungkin telah memulai karirnya sejak lama namun, baru ngetop di rentang waktu tersebut.

10. Bruno Mars

Seketika “Just the Way You Are” dirilis di tahun 2010, seketika itu juga vokalis bernama asli Peter Gene Hernandez ini mencuri perhatian. Mars selain kharismatik, juga memiliki tarikan vokal yang borderline antara Michael Jackson, Sting dan James Brown.

Selain itu, kemampuannya dalam memproduksi musik yang langsung bisa disukai khalayak tidaklah perlu diragukan lagi. Oleh karenanya tak heran apabila di awal 2018 lalu, vokalis asal Hawaii ini sukses memboyong banyak piala Grammy dan banyak vokalis top lain yang “kebelet” untuk berkolaborasi dengannya.

9. The Weeknd

Believe it or not, si “rambut konde” asal Kanada ini telah memulai karirnya semenjak tahun 2010. Namun ironisnya, sosoknya baru ngetop ketika album keduanya, Beauty Behind the Madness (2015) dirilis.

Walaupun esensinya ia “telat ngetop”, toh ketika akhirnya “Can’t Feel My Face” booming, penyanyi bernama asli Abel Makkonen Tesfaye ini langsung mencuri perhatian dengan penampilannya yang unik dan suaranya yang memiliki tone Tenor yang super khas.

8. Lady Gaga

Ketika “Just Dance” (2008) dirilis, tak dipungkiri penyanyi bernama asli Stefani Joanne Angelina Germanotta ini langsung mencuri perhatian habis-habisan dengan penampilan serta gayanya yang cross over antara David Bowie dan Madonna.

Namun untuk urusan tarikan vokal sayangnya kala itu banyak pendengar yang tidak terlalu mempedulikan. Eits, jangan salah. Pernyataan ini bukan negatif loh. Melainkan dikarenakan lagu-lagu Gaga kala itu bernada dance, EDM dan synth pop, jadi tarikan vokalnya dianggap oke-oke saja.

Tapi seiring berjalannya waktu dan album-album berikutnya, semakin terlihat bahwa biduanita yang kini berusia 32 tahun ini memanglah memiliki tarikan vokal yang “ganas”. Suara contralto-nya memiliki range yang sangat luas.

Sayang ketika tulisan ini diturunkan, Gaga sedang melakukan rehat panjang akibat penyakit Fibromyalgia yang dideritanya. Untungnya ia telah memastikan kalau ia akan segera kembali menunjukkan vokal gaharnya tersebut.

7. Gary Clark Jr.

Walau telah merilis album sejak tahun 2004, sangat disayangkan gaung musisi Hip Hop / Blues asal Texas ini tidak begitu kencang. Padahal Clark bisa dibilang adalah Eric Clapton atau (alm) Stevie Ray Vaughn zaman NOW.

Bahkan berhubung kita masih membicarakan dua legenda tersebut, musisi berusia 34 tahun ini nyatanya memang telah berduet dengan pelantun “Tears of Heaven” tersebut. Salah satu faktor yang menyebabkan Clark langsung melejit namanya, adalah ia mampu mem-blend dengan sangat brilian sound Blues dan Hip-Hop nya tersebut.

Dengan kata lain, Gary bukan hanya sekedar vokalis bersuara emas saja. Gary juga merupakan seeorang performer Blues terkeren zaman ini.

6. Demi Lovato

Terlepas lagi-lagi masalah over dosis NARKOBA yang kini sedang dialami, namun hal tersebut tak menutup fakta bahwa penyanyi bernama lengkap Demetria Devonne Lovato ini adalah sosok vokalis yang luar biasa.

Power dan jangkauan suaranya yang sangat tinggi (bahkan mencapai nada whistling) kerap membuat kita sering melupakan seluruh masa kelam serta attitude-nya yang terkadang terlihat congkak.

5. Adele

Ketika “Chasing Pavements” dirilis di tahun 2008, tak dipungkiri banyak dari kita yang langsung terbius dengan vokalis wanita Inggris yang lucu binti karismatik ini. Dan bahkan hingga kinipun kita masih terus terbius dengannya.

Vokalis bernama lengkap Adele Laurie Blue Adkins ini memiliki tone suara Contralto yang sangat mencengangkan. Dan yang paling penting, di setiap penampilannya ia tidak hanya benar-benar masuk ke dalam kisah lagunya, namun juga terlihat sangat membumi dan real. Atribut inilah yang kini jarang dimiliki oleh sebagian besar rekan musisinya.

Sama hal-nya seperti Gaga, Adele kini sedang melakukan rehat panjangnya. Tapi yakinlah bahwa vokalis berusia 30 tahun ini akan kembali membius kita dengan suara indah miliknya.

4. Hayley Williams

Istilah “Rock Chic” umumnya mengacu pada sosok vokalis Rock wanita yang tidak hanya berwajah cantik namun, juga bersuara emas. Dan vokalis Paramore, Hayley Williams, adalah salah satu yang benar-benar mendefinisikan pernyataan tersebut.

Tidak hanya memiliki wajah yang sedap dipandang mata, tarikan vokal wanita 29 tahun ini benar-benar gahar. Tanpa perlu melakukan teriakan keras (growl), power serta jangkauan tinggi Hayley yang khas sudha cukup membuat sosoknya menjadi salah satu vokalis Rock seksi terkeren di era ini.

3. Sam Smith

Dengan suara tenornya yang halus nan mantap, vokalis yang juga sepupu Lilly Allen ini, sukses membuat kita menjadi baper sendiri setiap kali mendengarkan lagu-lagunya. Tapi di saat yang sama, melalui lagu “Money on my Mind” (2014), Smith juga sukses membuktikan kalau ia juga mumpuni menyanyikan lagu-lagu “beat”.

Well, beat atau mellow, apapaun yang dinyanyikan oleh Smith selalu berbuah menjadi lantunan yang sangat merdu dan emas.

2. Sia

Ya sebelum mulai, bagi kalian yang mungkin belum tahu wajah si pelantung “Chandelier” ini, inilah wajah penuh dari seorang Sia. Penyanyi sekaligus pencipta lagu asal Australia ini sebenarnya telah memulai karirnya sejak tahun 1997. Yap. Selama itu.

Namun ironisnya, sosoknya baru mencuat melalui album keenam, 1000 Forms of Fear (2014) yang di dalamnya terdapat hit seperti : “Chandelier” dan “Elastic Heart”. Seperti halnya The Weeknd, walau terlambat ngetop, toh Sia langsung sukses mencuri perhatian dengan tarikan vokalnya yang luar biasa tinggi dan berkarakter kuat.

1. Florence Welch

Sebenarnya agak sulit menentukan antara Sia dan vokalis asal London, Inggris ini yang menduduki posisi puncak daftar ini. Tapi pada akhirnya saya memilih Welch. Sia memang memiliki jangkauan nada tinggi yang fantastis dan memiliki presentasi diri yang sangat unik.

Tapi apabila dibandingkan dengan suara powerful Welch? Well, jelas banget kalau Sia kalah jauh. Welch memiliki tone serta vibra yang sangat khas dan powerful. Dan gilanya, atribut suaranya ini mampu mengenakkan seluruh lagu apapun yang dinyanyikannya.

Intinya sekali lagi, mau Gaga, Sia atau bahkan Adele, apabila mereka diabndingkan atau untuk kasus Gaga, berduet bersama, suara keren mereka langsung tidak ada apa-apanya sama sekali. Gak percaya? Silahkan saja dengarkan lagi lagu-lagu miliknya.

Nah, itulah tadi kesepuluh vokalis zaman NOW yang memiliki tarikan vokal super keren atau dengan kata lain, vokalis bersuara emas zaman sekarang. Bagaimana apakah kalian setuju dengan nama-nama di daftar? Yang manakah yang merupakan favorit kalian?

(marvi)


Related Articles

Valentine Terbaik Dari Gede Bagus

iMusic – Pemilik nama lengkap Gede Bagus Perdana Putra ini dikenal lewat ajang pencarian bakat X Factor. Sempat merilis single

Inilah 20 Lagu Queen Yang Tidak Kalah Kerennya Dari Bohemian Rhapsody dan We Will Rock You

iMusic – Tidak dipungkiri bahwa grup Rock asal London, Inggris, Queen, merupakan salah satu ikon musik Rock dunia. Selain memiliki

Sarita Abdul Mukti Luncurkan Single Perdana Bertajuk “Bertahan Karena Cinta”

iMusic – Nama Sarita Abdul Mukti, sebelumnya sudah dikenal banyak orang dan sempat ramai diperbincangkan oleh publik karena menjadi korban perselingkuhan