100 Peserta Terpilih Program “Mencari Siti” Ikuti Serangkaian Kegiatan Untuk Maju Ke Tahap Selanjutnya.

100 Peserta Terpilih Program “Mencari Siti” Ikuti Serangkaian Kegiatan Untuk Maju Ke Tahap Selanjutnya.

iMusic – Mencari Siti, rangkaian program online yang bertujuan menyaring para seniman muda berbakat Indonesia, telah memilih 100 peserta dari 800 peserta yang mendaftar dalam audisi online.

Program online yang dipersembahkan oleh www.indonesiakaya.com bekerja sama dengan Garin Nugroho dan kelompok Teater Musikal Nusantara (TEMAN) ini, selanjutnya mengajak seluruh peserta terpilih untuk mengikuti beragam rangkaian kegiatan online menarik.

“Mencari Siti mencari talenta baru yang akan terlibat dalam serial drama musikal yang disutradarai oleh Garin Nugroho. Karya yang diadaptasi dari kisah Siti Nurbaya karya sastrawan Indonesia, Marah Roesli ini rencananya akan diproduksi di pertengahan tahun 2021.

Setelah lolos dalam audisi online, seluruh peserta terpilih, yang terdiri dari 61 perempuan dan 39 laki-laki ini, mengikuti tahapan workshop agar para peserta dapat memahami tarian dasar dari produksi musikal, serta memahami lebih dalam tentang kebudayaan dari latar cerita yaitu Minangkabau. Semoga para peserta dapat mengikuti dan memperoleh ilmu-ilmu baru dalam rangkaian workshop ini,” ujar Renitasari Adrian, Program Director www.indonesiakaya.com.

Workshop tari “Jazz with An Ethnic Touch” bersama Rusdy Rukmarata yang juga seorang sutradara, koreografer dan pendiri EKI Dance Company ini diselenggarakan pada Sabtu (23/01) pukul 16.00 – 17.00 WIB, untuk seluruh peserta Pria dan Minggu (24/01) pukul 16.30 – 17.30 WIB, untuk  peserta perempuan kelompok 1 serta pukul 19.00 – 20.00 WIB, untuk peserta perempuan kelompok 2. 

Dalam workshop ini, Rusdy Rukmarata mengajarkan dua  jenis koreografi, yaitu  tari Jazz dengan sentuhan dan kombinasi koreografi etnik Melayu kepada para peserta terpilih.  Sedangkan, dalam workshop “Olah Tubuh dan Gerak Minangkabau” bersama Hartati, seorang koreografer dan seniman tari, yang diselenggarakan pada Kamis (28/01) pukul 19.00 WIB dan Jumat (29/01) pukul 15.00 dan 19.00 WIB ini, para peserta diajarkan bagaimana teknik dasar-dasar posisi tubuh dan olah gerak khas Minangkabau. Di akhir rangkaian workshop ini, para peserta diminta mengirimkan video mereka menarikan salah satu koreografi, sebagai tahap penilaian berikutnya.

“Mengajarkan tari secara virtual dalam masa pandemi tentu memiliki tantangannya sendiri, karena saya tidak dapat bertatap muka dan berinteraksi secara langsung dengan para peserta. Dalam workshop ini, saya membagikan ilmu kepada para peserta terpilih tentang perpaduan antara tarian modern dan tradisi. Saya harap, ilmu-ilmu yang saya berikan dalam workshop ini, dapat bermanfaat bagi para peserta ke depannya,” ujar Rusdy Rukmarata.

Hal senada juga diungkapkan oleh Hartati, “Walau hanya berbagi ilmu dan bertemu secara virtual, para peserta terlihat sangat antusias dalam mengikuti workshop ini. Dalam workshop ini, saya mengajarkan mereka tentang bagaimana teknik mengolah gerakan tubuh dengan baik dan benar agar menghasilkan sebuah koreografi yang indah dan menarik, dengan unsur kebudayaan Minangkabau. Terima kasih atas partisipasinya, semoga workshop ini bisa menambah wawasan para peserta”

Setelah mengikuti rangkaian workshop, di bulan Februari 2021 para peserta akan kembali diseleksi untuk dapat mengikuti proses audisi atau casting yang sesuai dengan kebutuhan cerita. Berbeda dengan produksi lainnya, Mencari Siti ini seluruhnya akan diisi oleh pekerja seni yang mengikuti rangkaian program online dan berhasil lulus casting.

Serial musikal online Mencari Siti ini akan dibuat dalam kemasan baru dengan adaptasi dari segi cerita dan penggunaan teknologi secara online untuk kemasan cerita yang dapat dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Dengan arahan Garin Nugroho dan TEMAN, elemen dari seni peran, seni tari, seni suara dan teknologi film menjadi satu untuk menciptakan karya baru bagi dunia kreatif Indonesia.

“Rangkaian kegiatan ini merupakan wujud komitmen kami untuk senantiasa mendukung dan menemukan seniman muda demi keberlangsungan serta proses regenerasi dalam seni pertunjukan Indonesia. Kami harap, siapapun peserta yang nantinya terpilih untuk ikut berpartisipasi dalam produksi musikal ini dapat menginspirasi dan senantiasa mewarnai dunia seni pertunjukan di Indonesia,” tutup Renitasari. (FE)


Related Articles

Aunthenticity Fest 2018 Phase-2 Akan Sambangi 4 Kota Pada 28 Oktober nanti

iMusic – Kemajuan musik yang sangat pesat dan antusiasme masyarakat terhadap sebuah pertunjukan konser musik dari bermacam genre muali dari

Rita Ora Sukses Getarkan Jakarta Di SHVR Ground Festival 2018

iMusic – Suasana sangat meriah terjadi di SHVR Ground Festival yang digelar di EcoPark, Ancol, Jakarta pada Jumat malam (4/5).

Sundari Soekotjo Ingin Musik Keroncong Disejajarkan Dengan Musik Kekinian

iMusic – Penyanyi Keroncong, Sundari Soekotjo akhirnya menyuarakan keinginannya agar musik keroncong kembali dikenal masyarakat luas. Hal tersebut disuarakan Sundari