24 Tahun Perjalanan Wayang Band Sebagai Keluarga Besar.

24 Tahun Perjalanan Wayang Band Sebagai Keluarga Besar.

iMusic – Wayang merupakan sebuah grup musik asal Jakarta yang didirikan pada tahun 1995. Nama Wayang diambil dari inisial masing-masing personel yakni Wahyu Adrianto, Ahmad Fauzi, Ramdan Wahyudi, dan Gilang Ariestya. Album perdana Wayang dikeluarkan oleh RIS Musik/Musica Studios sebagai label edar pada 1997 bertajuk Damai.

Wayang hampir setiap tahun merilis album diantaranya Dongeng pada 1999, Transisi pada 2000, WYG di 2002, Dari Hati di 2003 dimana saat itu bernaung di bawah bendera label BMG Indonesia. Lalu album berikutnya diberi tajuk Belum Terlambat yang di rilis pada pertengahan 2005 di bawah naungan baru mereka yakni Sony BMG Indonesia atau gabungan antara BMG Indonesia dengan Sony Music Entertainment.

Di pertengahan perjalanan bermusiknya, Wayang sempat merilis sebuah album karya- karya terbaik mereka dengan judul, The Best of Wayang pada Juli 2001 dan saat itu diedarkan BMG Indonesia.

Di tahun 2005 hingga 2008, sudah mulai sayup-sayup terdengar lagi gaung Wayang. Penyebabnya adalah sang drummer, Gilang Ariestya, harus menyelesaikan kuliahnya di Institut Teknologi Bandung hingga harus mendapatkan gelar sarjana

Setelah lebih dari tiga tahun stop aktifitas sementara, Wayang kembali meramaikan panggung musik tanah air. Pada 2009, Wayang yang telah ditambah personel baru saat itu, yakni Ical pada posisi gitar rhytem dan melody, lantas merilis album baru berjudul Perbedaan dilabel baru mereka yakni Universal Music Indonesia.

Dua tahun berselang Ical pun keluar dari band pada bulan Maret 2011 dengan alasan adanya kejenuhan dengan wayang lalu dikabarkan mendirikan sebuah band baru. Tahun 2012 hingga 2013 merupakan tahun titik balik mereka untuk merubah image, perubahan formasi yang cukup besar sempat terjadi. Menariknya di akhir tahun 2014 wayang kembali mengeluarkan single recycle mereka yang berjudul Tak Selamanya dengan mengukuhkan personil Keyboard, Angga,  yang beberapa tahun sebelumnya menggantikan posisi Adri sebagai musisi additional Wayang sekaligus road manager, serta Aie yang didapuk sebagai gitaris utama, dimana sebelumnya Aie merupakan additional gitaris dari Wayang. “Kami selalu menganggap personil wayang baik yang sudah keluar ataupun yang masih diband adalah keluarga, jadi wayang adalah keluarga besar”. Ujar Yudi sang vokalis saat ditemui Boleh Music di basecamp Wayang.

Mulai 2014 lengkap sudah formasi terbaru pasca bongkar pasang personil dalam beberapa tahun.

Dipertangahan tahun 2015 Wayang kembali mengeluarkan single recycle mereka yang berjudul Damai. Setelah sukses mengeluarkan single Damai Wayang kembali menstrategikan untuk merilis single kedua mereka pada tahun 2015 dengan kembali merecycle lagu mereka yang berjudul Jangan Kau Pergi dengan formasi baru dari Wayang.

Ditahun 2018 Wayang membuat sebuah kejutan dengan hadirnya kembali Gilang. Wayang kini diperkuat Wahyudi Ramdan (Vocal,Guitar), Ahmad Fauzi (Bass), Gilang (Drum), Ai (Guitar) dan Angga (Keyboard).

Jika kangen dengan lagu-lagunya yang ingin mengingatkan nostalgianya, Wayang bakal hadir di The 90s Festival yang kelima pada 23 November 2019 mendatang. Ikuti terus sosial media mereka di Instagram @ Wayangofficial dan Facebook Fanspage di @WAYANG. (FE)


Related Articles

Payung Teduh Perkenalkan Single Baru

iMusic – Setelah lima tahun terakhir mengeluarkan album, band Payung Teduh yang berdiri pada tahun 2007 dan di di gawangi Mohammad

Godbless Rayakan 45 Tahun Dengan Konser Akbar

iMusic – Grup band legendaris, GodBless akan menggelar konser akbar guna memperingati 45 tahun berdirinya band ini. Konser tersebut akan

‘Barbie Nouva’ Hadir Dengan Single Berirama Beat Dance “Cinta Cinta Cinta”

iMusic – Wanita eksotis pemilik nama Novana Arnika atau biasa dikenal dengan nama Barbie Nouva, kelahiran Balikpapan, 06 November 1995.