Connect with us

iMusic

“Public Service Broadcasting” merilis single dan video andalan mereka, “Blue Heaven”.

Published

on

iMusic – Public Service Broadcasting membagikan single dan video andalan, “Blue Heaven“, dari album keempat mereka yang sangat dinanti-nantikan, Bright Magic, yang akan dirilis pada 24 September 2021 melalui Play It Again Sam.

Menampilkan vokal Andreya Casablanca dari Garasier Berlin Gurr, “Blue Heaven”, adalah lagu kebangsaan penentuan nasib sendiri yang diilhami oleh Marlene Dietrich, yang menurut J. Willgoose, Esq. adalah “mitos buatan sendiri untuk keluar dari Berlin“.

Dia menjelaskan, “liriknya menyoroti kekuatan manipulasi dirinya, ambisinya, keberaniannya, dan kurangnya kompromi dalam hal-hal penting karakter – ‘Saya adalah penemuan saya sendiri / saya berada di surga biru’ dan seterusnya. Dinamai setelah nomor jazz “My Blue Heaven” yang dia nyanyikan secara teratur dan yang katanya pertama kali membuat mimpinya tentang Amerika.

Video tersebut disutradarai oleh Alex Southam (Alt J “Tesselate”, Bring Me The Horizon “Mantra) dan menampilkan penampilan luar biasa dari penari Jerman, koreografer dan seniman multidisiplin, Celine Fortenbacher, yang dengan sempurna merangkum energi lagu tersebut.

Usaha mereka yang paling ambisius, Bright Magic membawa pendengarnya ke jantung Eropa dan ibu kota de facto, kota metropolitan budaya dan politik yang merupakan ‘Hauptstadt’ dari Republik Federal Jerman – Berlin. “Blue Heaven” mengikuti perilisan “People, Let’s Dance”, yang menampilkan vokal dari musisi yang berbasis di Berlin, EERA.

Single yang masuk A-Listed di BBC Music, menggabungkan riff gitar dari “People Are People” milik Depeche Mode dan mengambil judulnya dari bab “Berlin: Imagine A City” milik Rory MacLean. Tonton video yang disutradarai oleh Chloe Hayward, DI SINI. Kedua single tersebut ditampilkan di bagian dua album, yang menemukan adegan bergeser ke lingkungan klub akhir pekan tiga hari dan aspek Berlin sebagai zona bebas yang sudah lama ada untuk kesenangan, seni, dan ekspresi.

Public Service Broadcasting akan melakukan tur ke Inggris pada Oktober dan November ini dengan pertunjukan di O2 Brixton Academy London pada 10 November 2021.

Public Service Broadcasting telah “mengajarkan pelajaran dari masa lalu melalui musik masa depan” selama lebih dari satu dekade sekarang. Album debut 2013 Inform – Educate – Entertain menggunakan sampel arsip dari British Film Institute sebagai portal audio ke Battle Of Britain, puncak Everest dan seterusnya.

Dua tahun kemudian, The Race For Space menggunakan metode serupa untuk memuji persaingan dan kepahlawanan negara adidaya di orbit dan di Bulan. Pada tahun 2017, bergabung dengan suara-suara termasuk James Dean Bradfield dari Manic Street Preachers, Every Valley adalah eksplorasi yang mengharukan dari komunitas dan memori melalui naik turunnya industri batubara Inggris. Secara topikal dalam analisisnya, lagu ini mencapai nomor empat di tangga lagu Inggris.

“Melakukan ini terasa tak terelakkan, entah bagaimana,” renung J. Willgoose, Esq. “Di kepala saya, itu berputar dan berdenyut untuk waktu yang lama, bahkan sebelum Every Valley – tempat yang menarik, berlawanan, dan menggoda ini. Saya tahu album itu akan tentang kota, dan sejarah dan mitosnya, dan saya akan pindah ke sana.

Jadi ini adalah cerita yang cukup pribadi. Ini menjadi album tentang pindah ke Berlin untuk menulis album tentang orang-orang yang pindah ke Berlin untuk menulis album…”

Meskipun penggunaan elektronik di PSB dan rock gitar bergelombang tetap akrab di telinga, Bright Magic menggunakan sampel, dan bahasa Inggris, hemat. Ini berbeda dari album mereka sebelumnya dengan cara lain: kurang linier dan naratif, melainkan potret impresionistis sebuah kota dari bawah ke atas. Momen Eureka datang pada November 2018 ketika Willgoose mendengar karya seni pita radikal Walter Ruttmann, Wochenende (atau Weekend), yang diambil sampelnya pada tiga lagu Bright Magic.

Dibuat pada tahun 1928, karya ini menggabungkan pidato, rekaman lapangan, dan musik menjadi kebangkitan sonik kota. Memutuskan untuk mengintegrasikan fragmen yang sudah lama hilang ini dengan sumber suara baru yang dimanipulasi, ia mulai membuat Wochenende sendiri, sebuah drama naratif untuk telinga yang menerjemahkan dan mewujudkan impian Berlin yang telah ia bangun dalam pikirannya.

J. Willgoose, Esq. berkata “Saya mulai mendapatkan perasaan ke mana judul Bright Magic ingin membawa saya, menuju ide-ide iluminasi dan inspirasi, listrik dan kilatan cahaya dan warna dan suara (semua trek pada akhirnya akan diberi kode warna). Saya mengirimkannya ke seluruh band, dan berkata, saya tahu itu akan berubah, tetapi kita akan melihat bagaimana kota itu sendiri mewarnainya.”

Willgoose pindah ke Berlin dari April 2019 hingga Januari 2020. Menggabungkan arkeologi suara dan flaneuring psikogeografis, satu pengejaran energi kota di tingkat jalanan melibatkan Willgoose berjalan di Leipzigerstrasse, situs lampu jalan listrik pertama di kota itu, menggunakan elektromagnetik pita lebar penerima dari Laboratorium Soma Moskow.

“Saya berjalan mondar-mandir merekam arus listrik dan interferensi,” dia tertawa. “Anda dapat mendengar beberapa dengungan, klik, dan impuls frekuensi kecil ini di Im Licht (lagu yang sebagian terinspirasi oleh perintis produsen bola lampu AEG dan Siemens). Itulah yang saya coba lakukan dalam arti yang lebih luas, saya kira – untuk menangkap denyut nadi kecil yang Anda ambil saat berjalan melalui kota.”

Dia menulis dan merekam di kompleks rekaman Hansa Tonstudio yang terkenal di Kreuzberg. Ini membawa lebih dekat beberapa batu ujian musik yang tak terhindarkan: tiga serangkai klasik delapan puluhan Depeche Mode, Achtung Baby U2 dan, yang terpenting, “Heroes” dan Low milik Bowie. “Seluruh bentuk dan struktur catatan itu sangat berhutang pada Low,” kata Willgoose.

Memang, “The Visitor” yang membangkitkan semangat Warszawa – yang pilihan warnanya adalah Oranye dari sampul album itu – awalnya dimaksudkan untuk menampilkan contoh refleksi Bowie, kata Willgoose, tentang “bagaimana dia memandang dirinya sebagai wadah untuk mensintesis dan membiaskan. pengaruh lain, dan menghadirkan pengaruh avant-garde ke arus utama. Kami mencoba menyerap sedikit semangat itu.”

Selain Andreya Casablanca dan EERA, pengisi suara lain dalam album ini termasuk Blixa Bargeld, veteran The Bad Seeds dan Einstürzende Neubauten, yang menjadi pengisi suara industri Berlin di robo-teknik “Der Rhythmus der Maschinen”.

Sebuah catatan yang sangat pro-Eropa, Bright Magic pada akhirnya bukan hanya tentang satu kota, tetapi semua pusat interaksi manusia dan komunitas yang memungkinkan pertukaran bebas dan penyerbukan silang ide. (FE)

iMusic

Keluarga Mendiang Benny Fasak rilis single Benny terbaru

Published

on

iMusic.id – Benny Fasak adalah musisi asal maluku yang berdomisili di Depok, Jawa Barat. Belum lama ini Benny mengalami kecelakaan yang merenggut nyawanya. Sontak kejadian itu membuat keluarga dan sahabat – sahabat sesama musisi menjadi sedih dan kehilangan.

Bertepatan dengan hari lahir almarhum Benny Fasak, keluarga besar dan teman – teman musisi di kota Depok baru saja menyelenggarakan acara penghormatan bagi Benny yang bertajuk “A Tribute To Benny Fasak”, sebuah acara musik  spesial untuk mengenang karya dan semangat musisi yang bernama lengkap Benidiktus Fasak tersebut.

Digelar di Interaksi Space, Depok pada minggu malam (19/10/2025), Ferdy Fasak sang kakak mengaku bahwa acara tribute buat Benny Fasak ini diharapkan bisa dijadikan ajang mengenang Benny semasa hidup dan memberikan inspirasi bagi para musisi terutama musisi -musisi yang ada di Depok.

“Acara ini diselenggarakan bertepatan dengan ulang tahun almarhum, semoga beliau di sana senang dengan penyelenggaraan acara ini. Saudara dan teman – teman banyak yang membantu dan mensupport acara ini, dari mulai teman – teman sesama musisi sampai tamu undangan lainnya banyak yang hadir menghormati almarhum Benny fasak. Benny itusangat mensupport teman – teman musisinya”, ujar Ferdy Fasak.

Menurut Ferdy Fasak, Acara ini dibuat secara spontan dan tak butuh waktu lama, karena banyak yang support acara A Tribute To Benny Fasak ini.

”Kalau boleh Jujur, ini ide spontan, di mana persiapan kurang lebih cuma  kurang satu bulan. Kebetulan Interaksi support juga karena interaksi ini kebetulan beliau di sini membangun crowd juga di sini, beliau regular disini dan ownernya juga temannya Benny juga jadi dia banyak ngerintis bareng-bareng sama interaksi, jadi interaksi kasih aprisiasi lah. Ga banyak kendala. Jadi langsung acc ok kita bikin, puji tuhan interaksi juga tahu beliau banyak fansnya gitu”, tambah Ferdy

“Kebetulan teman-teman band-nya Benny semua, kebetulan aku juga punya banyak band juga, punya mengamen termasuk band-nya Benny, banyak yang support teman-teman musisi, kalau dikumpulin banyak banget Cuma karena hari ini banyak band yang juga ada acara reguleran, mereka tidak bisa hadir, tapi hari ini banyak Musisi yang datang termasuk Steven Pasaribu”, kata Ferdy.

Selain mengenang Benny Fasak, acara A Tribute ini juga digelar untuk memperkenal single baru Benny Fasak yang sudah sempat rilis beberapa minggu lalu berjudul “Cuma Ale”.

“Kebetulan hari ini Benny juga mengeluarkan single barunya nya “Cuma Ale” kebetulan single kedua Benny ini memang dibuat dalam bahasa Maluku untuk daerah ditujukan ke penggemar musik – musik di daerah maluku. Lagu yang bertema tentang pembuktian cinta kepada istrinya ini ditulis oleh kakaknya sendiri. Lagu ini direkaman sebelum beliau meninggal. Sebenarnya beliau mau keluari tapi belum sempat, makannya hari ini kita keluarin bertepatan dengan ultahnya dia ke-34, kita keluarin”, ujarnya.

Acara A Tribute To Benny Fasak ini memasang tiket untuk tamu yang hadir dan hasil penjualan tiket sebagian akan didonasikan untuk istri dan anak Benny.

Continue Reading

iMusic

DJ Stroo libatkan Gugun di single “Spaceman”

Published

on

iMusic.id – Setelah cukup lama tidak merilis karya solo, DJ Stroo akhirnya kembali melepas single terbarunya bertajuk ‘Spaceman’ yang dirilis secara resmi di bawah label AFE RECORDS pada 17 Oktober 2025. Di single terbarunya ini, DJ Stroo mengajak kolaborasi musisi Gugun (Gugun Blues Shelter), dimana lagu ‘Spaceman’ ini berusaha menyatukan dua kubu musik yang berbeda, menjadi sebuah aransemen yang lebih fresh.

Perpaduan musik elektronik khas DJ Stroo dengan sentuhan blues rock yang kental dari Gugun. Hasilnya, sebuah karya yang terdengar segar, eksploratif, dan membawa pendengar ke dimensi baru, seolah benar-benar terbang bersama sang spaceman menuju luar angkasa. Hadir dengan lirik berbahasa Inggris dan groove yang memikat, ‘Spaceman’ mengajak pendengar untuk lepas dari batas bumi, menari di antara bintang, dan merayakan kebebasan melalui musik.

Menurut DJ Stroo yang menciptakan dan sekaligus memproduseri sendiri lagu ini mengungkapkan, walaupun tema liriknya mengeksplorasi luar angkasa, tapi sebenarnya ini tentang sebuah gombalan.

“Ini cerita seseorang yang sedang merayu pasangannya, dengan gombalan dan memposisikan dirinya sebagai penjelajah luar angkasa (Spaceman), yang akan mengajak sang kekasih pergi bersenang-senang ke berbagai planet di luar angkasa.” Ungkap DJ Stroo lebih lanjut.

Kolaborasi DJ Stroo dan Gugun berawal dari obrolan santai saat keduanya berada di backstage sebuah event musik. Kebetulan DJ Stroo punya materi dari sepenggal lirik yang belum digarap. Kemudian keduanya sepakat untuk menggarap karya ini. Setelah DJ Stroo menyelesaikan proses pra-produksi dan lagu sudah mulai terbentuk, tahap selanjutnya mereka mulai melakukan workshop, dan dilanjutkan perekaman vocal dan gitar Gugun di studio Afe. Dan yang lebih istimewa lagi, saat Hendy Ahmad ekeskutif produser dari Afe Record meyambut karya ini dengan tangan terbuka.

Mengenai kolaborasi ini, Gugun mengungkapkan, “Saat disodori materi lagu ini menjadi tantangan tersendiri bagi aku, apalagi aku diminta DJ Stroo tak hanya menyanyikan tapi sekaligus mengisi lead gitar. Dari materi electronic music yang ada, aku isi dengan perpaduan karakter blues-rock. Menjadi pengalaman baru yang menyenangkan bagi saya.”

‘Spaceman’ hadir dengan karakter beat dari electronic music, beradu dengan nuansa blues dan Rock n Roll, dengan balutan nuansa soul, hingga acid disco. Dengan lirik yang menggoda, lagu ini juga menampilkan permanian gitar enerjik dan karakter vocal dari Gugun yang soulfull. Walaupun tampil menggunakan beat electronic dengan nuansa yang modern, akan tetapi lagu ini banyak menggunakan sound analog vintage yang menjadi atmosfirnya. Tampak pada pilihan sound gitar hingga analog sound keyboard bernuansa 70-an.

Pengarapan single ini tak memakan waktu yang lama. Setelah DJ Stroo menggarap musik dasar selama 3 hari, kemudian melakukan workshop berdua selama sehari penuh, dilanjutkan proses take vocal dan gitar yang dilakukan selama kurang lebih 6 jam. Pada tahap akhir masuk proses mixing & mastering yang memakan waktu kurang lebih selama 3 hari.

“Kalau ditotal sebenarnya produksi lagu ini cukup singkat, tidak sampai 2 minggu. Tapi kendala pada waktu dan jadwal studio yang tidak bisa berurutan, apalagi proses mixing dan mastering yang perlu revisi sampai 3 kali. Setelah lagu sudah jadi baru menunggu jadwal edar yang pas. Di sisi lain, saya beberapa waktu lalu baru saja melepas single dari proyek Sun of Monday dan Gugun juga baru melepas album akustik unplugge-nya. Jadi konsentrasinya sempat terpecah, jadwalnya jadi lebih Panjang. Dari awal produksi hingga sampai perilisan lagu memakan waktu sekitar 3 bulan.” Ungkap DJ Stroo

Lagu ini menyusul perilisan single proyek trio EDM bentukan DJ Stroo bernama Sun of Monday pada Maret lalu, yang juga berada di bawah label yang sama. ‘Spaceman’ sudah tersedia di seluruh platform musik digital mulai 17 Oktober 2025. Perilisan single ini juga disertai perilisan video lirik pada tanggal yang sama. Nikmati perpaduan elektronik dan blues dalam satu perjalanan musikal yang tak biasa, sebuah karya dari dua musisi lintas genre yang berani bereksperimen. “Musik tanpa batas, karya tanpa sekat.”

Continue Reading

iMusic

Efah Aaralyn kembali eksplorasi diri di single OST film bergenre EDM

Published

on

iMusic.id – Penyanyi cantik berbakat, Efah Aaralyn kembali dipercaya menyanyikan single untuk original Soundtrack film terbaru besutan MD Pictures bertajuk “Si Paling Aktor“.

Original Soundtrack yang dinyanyikan oleh Efah Aaralyn dan diberi judul “Si Paling” sudah rilis pada 1 Oktober 2025, single ini adalah anthem satir yang menggambarkan karakter-karakter “si paling” dalam kehidupan sehari-hari si paling benar, si paling tahu, si paling ngatur, si paling update.

Dengan lirik yang ringan, lucu, tapi tetap kena di hati, lagu rilisan terbaru Efah Aaralyn ini mengajak pendengar untuk bercermin sambil senyum-senyum sendiri. “Si paling” menghadirkan energi ceria khas anak tongkrongan, dibalut dengan beat pop catchy yang gampang nempel di kepala.

Di single “Si Paling” ini Efah Aaralyn kembali menjawab tantangan dari MD Music selaku label yang merilis audio single ini dengan menyanyikan lagu yang berbeda dengan genre musik Efah Aaralyn selama ini. Efah yang nyaman dengan genre musik folk di empat single sebelumnya mendapat dua tantangan dari MD Music, setelah merilis single OST film “Mama : Pesan dari Neraka” yang notabene bergenre rock blues, Efah mengeksplorasi kemampuan musikalnya di single “Si Paling” yang bergenre EDM.

Di single “Si Paling” ini, Efah Aaralyn tak sendiri dalam menyanyikan Original Soundtrack ini, Ada Vin Batubara dan Sun D yang berkolaborasi membuat single ini menjadi super seru.

“Selain Efah ada Vin dan kak Sun D yang juga ikut berpatisipasi untuk soundtrack ini. Vin sebagai male vocal dan kak Sun D sebagai rapper. Cara kita ngebangun chemistry sebenernya ga yang gimana gimana haha. Pada saat pertama kali ketemu untuk buat konten, kita bertiga langsung akrab hehe. kalo untuk pembagian waktu rekaman, kebetulan kita take nya ga bareng. jadi udah ada jadwalnya masing masing”, kata Efah Aaralyn.

Bicara Proses rekaman lagu Si Paling, Efah mengaku proses yang sangat singkat selama karir bermusiknya namun sangat senang masih dipercaya menyanyikan lagu untuk sebuah original Soundtrack film.

“Prosesnya singkat banget, hanya memakan waktu satu hari. dan efah ada sedikit kesulitan, tapi akhirnya kesulitan itu bisa diatasi dan pas Efah denger hasil akhirnya, Efah seneng banget.. amaze!!. ternyata keren banget dan Efah suka banget!

“Genre musiknya itu EDM. kalo ditanya lebih suka genre “Si Paling” atau lagu sebelumnya, efah suka dua duanya. karna menurut Efah genre dikedua lagu ini masih bisa masuk ke vokalnya Efah. Menurut Efah “Si Paling” ini adalah lagu yang liriknya ringan, lucu, dan mungkin bisa dibilang relate di kehidupan sehari hari.

Audio single “Si Paling” sudah bisa di simak di seluruh DSP, sementaraitu video liriknya bisa di tonton di Official Youtube Channel MD Music.

Continue Reading