iMusic.id – KICKFEST kembali hadir! Event clothing yang diinisiasi oleh KICK (Kreative Independent Clothing Kommunity) dan Dyandra Promosindo ini memasuki tahun ke-16 penyelenggaraannya di tahun 2024 dan akan dilaksanakan di dua kota, yaitu di Malang pada tanggal 27–29 September 2024 dan di Bandung pada tanggal 1–3 November 2024.
KICKFEST yang digelar setiap tahun sejak 2007 lalu ini akan menghadirkan lebih dari 80 brand clothing lokal yang terkurasi dan puluhan komunitas dengan target lebih dari 60.000 pengunjung di 2 kota tersebut.
KICKFEST XVI mengangkat tema “Sew-Stayin” yang berasal dari kombinasi kata Sew yang berarti menjahit yang identik dengan industri clothing dan Stayin’ yang mencerminkan ketahanan usaha dalam industri ini. Sew-Stayin (baca: sustain) menjadi pernyataan KICKFEST XVI dalam berkomitmen untuk terus berkembang dan beradaptasi menciptakan kreativitas, inovasi dan menjadi inspirasi untuk mendukung industri clothing dan industri pendukung lainnya sehingga tetap berkelanjutan di masa depan.
Sejalan dengan tema Sew-Stayin, KICKFEST XVI mengusung empat pilar utama, yaitu Clothing, Outward Market, Hunger Area dan Musik. Clothing yang menghadirkan puluhan brand lokal menjadi elemen utama akan memberikan artikel terbaru dan promo belanja menarik dari brand-brand clothing lokal yang berasal dari Malang, Bandung, Jakarta, Yogyakarta, Solo, Semarang, Surabaya, dan Bali.
Outward Market merupakan satu konsep area baru dari penyelenggaraan KICKFEST tahun ini yang akan mendatangkan produk-produk penunjang yang masih berkaitan erat dengan industry fashion. Outward Market akan terbagi menjadi 3 area, yakni Youthivity untuk produk lifestyle dan hobi, Kids Paradise untuk produk fashion & skincare bayi dan anak, dan The Pets Park di mana pengunjung dapat berinteraksi langsung dengan hewan peliharaan dalam mini zoo.
Di Hunger Area pengunjung dapat menikmati beragam sajian menu makanan dari kuliner khas daerah, hingga snack kekinian yang tentunya pemilihan menu tersebut akan dikurasi terlebih dahulu.
“Dengan penyelenggaraan KICKFEST XVI kami berharap dapat terus memberikan wadah bagi para pelaku usaha clothing lokal Indonesia untuk terus berkarya dan bertumbuh sehingga dapat berkontribusi terhadap kemajuan ekonomi kreatif daerahnya” ujar Ade Andriansyah selaku Ketua KICK.
Tidak dapat dipungkiri dalam satu event dengan konsep festival, musik menjadi menu pendamping utama. KICKFEST XVI kali ini akan mengangkat genre dan konsep musik yang berbeda setiap harinya dengan puluhan band lokal dan nasional.
KICKFEST Merindu akan menampilkan musisi dengan genre pop, jazzy, folk dan blues. Sedangkan musisi genre punk, metal, grunge dan rock akan tampil dalam KICKFEST Keras. Pengunjung pun akan diajak bergoyang bersama musisi genre koplo, DJ, pop ambyar dan reggae di KICKFEST Bergoyang.
Untuk memeriahkan gelaran KICKFEST XVI, penyelenggara menyiapkan beragam suguhan acara untuk pengunjung. Salah satunya yang menjadi highlight adalah Street Parade. Ajang fashion show artikel-artikel update dari brand-brand peserta yang digelar di tengah gangway event. Selain itu KICKFEST XVI akan mengundang komunitas Malang dan Bandung untuk berkolaborasi dalam satu aktifitas bersama.
Tofani Lazuardi, General Manager Dyandra Promosindo menyampaikan “KICKFEST XVI menawarkan konsep festival dengan banyak elemen yang bisa dinikmati masyarakat dalam kunjungannya. Mulai dari kegembiraan berbelanja, kehebohan konser musik, keseruan acara, serta kenikmatan bersantap. Di satu tempat pengunjung akan mendapatkan kebahagiaan dan pengalaman yang tak terlupakan”.
Selama 3 hari penyelenggaraan KICKFEST XVI, pengunjung akan mendapatkan berbagai pengalaman menarik yang disajikan penyelenggara dalam berbagai bentuk gimmick event dan pre event. Untuk update terkait KICKFEST XVI, pengunjung dapat mengikuti akun resmi Kickfest di @kickfest.id.
iMusic.id – Prison Of Blues sukses menyelesaikan total 50 Gigs Tour selama 3 bulan di Indonesia dan Eropa. “Untuk Tour Eropa ini kami adalah kali ke 5 memenuhi undangan salah satu festival Psychobilly terbesar dunia, yang diadakan di Oberhausen-Jerman, dan kali ini kami juga mengajak kolaborator untuk vokal yaitu Dellu Uyee”, kata Bayu Randu gitaris dan juga produser dari Prison Of Blues.
Band Psychobilly Punk ini menyambangi 6 Negara Eropa sekaligus, yaitu German, Ceko, Belgia, Hungaria, Austria, dan Belanda, serta beberapa kota di indonesia dengan total 50 gigs, dan ini tentunya menjadi pencapaian tersendiri dari band dengan genre minoritas ini.
Prison Of Blues adalah band beraliran Psychobilly yang lahir di kota tembakau Temanggung pada 2007, Kali ini Prison Of Blues lebih fresh dengan masuknya Endy Barock pada drum, Topan Murdox pada gitar 2, Dhana pada Contra Bass, 2 personil lama yaitu Bowo pada Vocal & gitar, serta Bayu Randu pada gitar 1 yang juga merangkap sebagai produser.
Hingga saat ini sudah mempunyai 11 album kompilasi yang release di Eropa dan Amerika, dan 4 album solo Prison Of Blues. “Kan saya baru pertama ikut di tour eropa bareng POB, jujur kaget banget, band ini disini besar dan sangat banyak penggemarnya, sampai ada yang bela belain dari California, Spanyol, Italia datang buat nonton POB”, cerita Dellu Uyee.
“Tour 50 titik Indonesia-Eropa ini juga sebagai promo album ke 4 kami, dan seperti biasa kami membawa misi promosi untuk Indonesia, selain bawa atribusi kain Indonesia kami juga secara khusus mempromosikan hantu-hantu Indonesia, seperti Pocong, Kuntilanak, Santet, dll”, ujar Bowo sang vokalis dan founder band ini.
Band ini melakukan tour Eropa mulai tanggal 3-31 Oktober, titik terakhir sukses memukau fans Prison Of Blues di Festival “Psychobilly Earthquake 2025”. Sebelumnya Prison Of Blues sudah langganan memenuhi undangan festival Psychobilly, pada tahun 2016 Bedlam Breakout Festival di Inggris, 2017 Psychobilly Meeting Festival di Spanyol, 2018 tour 7 negara Eropa, 2024 kembali bermain di Psychobilly Meeting Festival di Spanyol, dan 2025 Pyschobilly Earthquake di German.
“Ada hal yang unik dan selalu membuat kami selalu ingin kembali ke festival ini di Eropa, yaitu fanbase kami yang di Eropa, ini unik karena kami sendiri di Indonesia masih kurang diminati, mungkin karena genrenya ga ada yang memainkan di Indonesia sekarang. Lucunya banyak yang mengira kami di Indonesia adalah band besar, setelah kami ceritakan tentang tidak adanya scene Psychobilly di Indonesia baru mereka kaget, haha” tambah Endy Barock, sang drummer.
Prison Of Blues juga memberikan gambaran tentang bagaimana sistem royalti di Eropa berjalan, “tiap titik disini, sebelum main kami harus isi form dari Gema, CMO atau LMK nya Eropa, isi detail lagu yang akan dibawakan lengkap dengan pencipta lagunya, sangat tertib, bahkan kami bawakan lagu artis besar seperti Motorhead atau Queen pun tidak perlu repot dan takut ijin ijin” cerita Dhana dan Topan.
Tour ini disupport oleh kementerian kebudayaan dan juga beberapa sponsor swasta.
iMusic.id – Ajang kompetisi menyanyi nasional tertua di Indonesia, Bintang Radio Indonesia, kembali digelar tahun ini dengan format yang lebih segar dan dinamis. Setelah sukses diselenggarakan di Surabaya tahun lalu, Bintang Radio Indonesia 2025 kini hadir di Jakarta dengan rangkaian pertunjukan spektakuler yang akan berlangsung pada 4, 5, dan 6 November 2025, dan ditutup dengan Result Show pada 8 November 2025.
Sejak pertama kali diselenggarakan pada 1951, Bintang Radio Indonesia telah menjadi wadah lahirnya para penyanyi legendaris tanah air seperti Titiek Puspa, Bing Slamet, dan Vina Panduwinata. Di era modern, ajang ini terus melahirkan bintang-bintang baru seperti Josh Florentino, Maria Pudesa, dan Shabrina Leanor, yang membuktikan bahwa semangat Bintang Radio tetap relevan lintas generasi.
Tahun ini, Bintang Radio Indonesia hadir dengan format tiga putaran penampilan, di mana para finalis akan menunjukkan kemampuan terbaik mereka dalam tiga genre musik: pop, rock, dan lagu daerah. Tak hanya menonjolkan vokal, para peserta juga akan dinilai dari karakter, penghayatan, dan kemampuan beradaptasi dalam berbagai gaya musik.
Menariknya, tahun ini Bintang Radio juga memperkenalkan sistem voting, yang memungkinkan publik ikut menentukan siapa yang akan menjadi bintang baru Indonesia.
Rangkaian Grand Final akan diakhiri dengan penampilan spesial dari Maliq & D’Essentials pada malam puncak tanggal 6 November 2025, serta Result Show spektakuler pada 8 November 2025 yang akan menampilkan Shabrina Leanor, salah satu bintang muda hasil ajang ini, dalam pertunjukan istimewa.
Melalui format dan konsep baru ini, Bintang Radio Indonesia 2025 tidak hanya menjadi ajang kompetisi, tetapi juga perayaan keberagaman musik Indonesia dan bukti bahwa semangat Bintang Radio terus menyala, dari generasi ke generasi.
Tentang Bintang Radio Indonesia
Diselenggarakan pertama kali pada tahun 1951 oleh RRI (Radio Republik Indonesia), Bintang Radio Indonesia merupakan kompetisi menyanyi nasional tertua di tanah air. Selama lebih dari tujuh dekade, ajang ini telah menjadi batu loncatan bagi banyak penyanyi yang kini menjadi ikon musik Indonesia. Dengan semangat inovasi dan regenerasi, Bintang Radio terus beradaptasi mengikuti perkembangan zaman, menggabungkan tradisi, kreativitas, dan teknologi untuk mencari talenta terbaik bangsa.
iMusic.id – Hip Hop Reggae Connection (HRC) siap menyajikan gerakan kolaboratif lintas genre “Rise Up Unity 2025” yang siap mengguncang Jakarta pada 8 November 2025 di Cibis Park, TB Simatupang.
Acara yang di inisiasi Hip Hop Reggae Connection (HRC) ini menghadirkan empat sosok berpengaruh di kancah musik urban Indonesia, Ras Muhamad, Tuan Tigabelas, Conrad Good Vibration, dan Dirayha bersama para seniman lintas scene seperti Laze, Kapala Itang, Iqbal N.G.A., Joe Million, Mister Nobody dari kubu hip hop serta dari scene reggae Radit Echoman, Namoy Budaya, Andrez and The Babylion, Alien Punk, dan masih banyak lagi.
Acara ini bukan sekadar konser, melainkan sebuah movement yang menyerukan semangat kebangkitan, solidaritas, dan aksi nyata untuk perubahan sosial. Lahir dari inisiatif Hip Hop Reggae Connection (HRC) sebuah kolektif yang muncul di masa pandemi 2020 Rise Up Unity hadir sebagai simbol persatuan dan keberlanjutan kreativitas. Melalui power track “Rise Up Unity” yang bisa didengarkan di semua platform streaming digital, proyek ini mengajak generasi muda untuk bersuara dan beraksi bersama.
“Gerakan dari Hip Hop Reggae Connection (HRC) Ini bukan sekadar musik, tapi ajakan untuk menyatukan energi positif dan mengubah kesadaran menjadi tindakan,” ujar Dirayha, produser proyek ini sekaligus salah satu performer utama.
Rise Up Unity bukan sekadar konser. Ini adalah ruang di mana musik, komunitas, dan kreativitas berjalan bersama dalam satu energi. Di sini, hip hop dan reggae bukan hanya didengar, tapi juga dirasakan, dilihat, dan dihidupkan melalui kolaborasi lintas kultur yang segar dan menggerakkan semangat. Selain pertunjukan musik yang penuh semangat positif dan respon sosial, acara ini juga menghadirkan pop-up market berisi karya-karya independen, serta aktivitas komunitas yang merefleksikan semangat gerakan akar rumput dari Rise Up Unity.
“Musik adalah keluarga. Rise Up Unity itu seperti rumah bagi semua orang yang percaya pada kasih, cinta, dan kolaborasi,” tutur Conrad Good Vibration, kolaborator sekaligus performer utama.
Di tengah hiruk-pikuk kota dan industri musik yang mulai meninggalkan akar, Rise Up Unity hadir untuk menandai bahwa kekuatan musik selalu tumbuh dari kebersamaan dan kesadaran. Di panggung ini, hip hop dan reggae berpadu dalam satu ritme yang sama: jujur, lantang, dan membangkitkan. Setiap orang yang datang bukan sekadar penonton, melainkan bagian dari cerita. Cerita tentang musik yang menyatukan, tentang gerakan yang tumbuh dari bawah, tentang energi positif yang menular dan mempersatukan. Karena pada akhirnya, Rise Up Unity bukan hanya soal genre, panggung, atau crowd tapi tentang bagaimana kita semua bisa berdiri dalam satu getaran yang sama. One Vibration. One Movement. Rise Up Unity!
Untuk info lengkap mengenai line up, harga tiket dan lain-lain bisa disimak di https://riseup-unity.com/ dan IG @hiphop_reggae_connection .