“Skastra” mencoba menciptakan karakter ska-nya sendiri lewat “Pelabuhan Terakhir”.

“Skastra” mencoba menciptakan karakter ska-nya sendiri lewat “Pelabuhan Terakhir”.

iMusic – Setelah sekitar satu tahun libur merilis karya, Skastra kembali meluncurkan single baru berjudul “Pelabuhan Terakhir” pada Jumat, 19 Agustus 2022.

Lagu “Pelabuhan Terakhir” sudah diluncurkan di kanal Spotify dan berbagai layanan streaming musik lain, bersamaan dengan rilis video liriknya di kanal Youtube Skastra.

“Lewat single baru ini kami mau menyapa teman-teman pendengar Skastra yang sudah lama ngga ketemu karena pandemi, semoga tetap sehat dan senantiasa bahagia,” kata Rasmana Raga, pemain bass Skastra yang sekaligus menjadi penulis lagu teranyar ini.

Setelah perilisan lagu, Skastra akan langsung menggelar tur “Pelabuhan Terakhir” di sejumlah kota di Jawa Barat mulai pertengahan Agustus 2022.

Skastra juga sudah menyiapkan video klip “Pelabuhan Terakhir” yang akan diluncurkan dalam waktu dekat.

Dalam pengerjaan video lirik dan video klip Skastra bekerja sama dengan Renz Records selaku Executive Producer, Gustaf Weldy selaku Director, dan Wisnu Chandra selaku DoP.

Adapun informasi lebih lanjut tentang jadwal dan lokasi tur bisa dilihat di akun Instagram @skastra.

Skastra adalah band berhaluan ska yang terbentuk pada penghujung Oktober 2015 di pelataran kampus Fakultas Ilmu Budaya Universitas Indonesia (FIB UI), Depok.

Setelah beberapa kali gonta-ganti personil, saat ini Skastra beranggotakan tujuh orang yakni: Alduri Asfirna (vocal), Ibrahim Rahman (drum), Rasmana Raga (bass), Adi Ahdiat (guitar), Fazrin Mustakin (guitar), Hanung T. Wibawa (keyboard), dan Taufiq Alkatiri (trumpet).

Berbeda dengan ska yang umum dimainkan Tipe-X, Shaggy Dog, atau Souljah, Skastra mencoba menciptakan karakter ska-nya sendiri dengan mengawinsilangkan berbagai unsur musik berbeda.

Tahun 2016, Skastra sempat dilirik oleh salah satu major label ternama Indonesia dan diajak kerja sama untuk pembuatan original soundtrack (OST) film layar lebar.

Selesai dengan urusan soundtrack, Skastra sempat ditawari kontrak rekaman oleh major label yang sama. Namun, karena beberapa pertimbangan terkait visi-misi bermusik, akhirnya Skastra memutuskan untuk menolak tawaran tersebut dan memantapkan diri berkarya di jalur indie. (FE)

Diskografi Skastra:

2016 – Renjana (EP)

2017 – Makan Hati (Single)

2017 – Minor 7 (Full Album)

2018 – Rendez-vous (Single)

2019 – Linimasa (Single)

2019 – Persona (Full Album)

2021 – More Time for Love (Single)

2022 – Pelabuhan Terakhir (Single)


Related Articles

Meneruskan karir sejauh ini, “Richie” ex Five Minutes rilis single solonya “Kan Berubah”.

iMusic – Dalam belasan tahun, Richie bersama “Five Minutes” telah menghasilkan banyak kantung album musik yang didedikasikan terhadap perkembangan musik

Mahen Kembali Merilis Lagu Ketiga, Berjudul Datang Untuk Pergi

iMusic – Penyanyi muda ini terbilang sukses di awal kemunculannya di dunia musik Indonesia, siapa tak kenal Petrus Mahendra atau

RAZZLE Luncurkan Full Album Nya

iMusic – 28 tahun malang melintang menjadi pelaku sekaligus ikut andil membesarkan musik rock tanah air, RAZZLE akhirnya merilis album perdana jelang