Solois Folk, Amboro Rilis Album Perdana Berjudul “Sumber Rezeki”!

Solois Folk, Amboro Rilis Album Perdana Berjudul “Sumber Rezeki”!

iMusic – Dalam beberapa tahun terakhir, banyak bermunculan solois dalam kancah musik independen di Indonesia. Umumnya, solois tersebut bernyanyi dibarengi gitar akustik. Bagi sebagian generasi muda, solois tersebut kerap diidentikkan dengan istilah solois folk. Sebagian orang mencibir stereotipe  folk yang biasanya mengusung tema kopi dan senja, sebagiannya lagi tak mempermasalahkan hal tesebut sebagai kebebasan berekspresi.

Dari sekian banyak musisi yang mencuat kepermukaan salah satunya ialah Amboro. Pria yang bernama asli Dimas Amboro ini sudah dua tahun terakhir malang melintang dalam panggung-panggung musik. Baik dalam skala kecil maupun festival besar seperti Soundrenaline dan We The Fest di tahun 2019 ini.

Mengusung tema sehari-hari dan menghibur, Amboro membuktikan bahwa dia merupakan bintang yang siap melejit. Jika dijejerkan dengan banyak solois baru yang muncul, lagu-lagu Amboro mudah mendapat tempat bagi para pendengarnya. Hal ini tak berlebihan, dikarenakan Amboro mengusung tema yang dekat dengan keseharian yang dipadukan dengan lekuk lidah yang khas nan menghibur.

Salah satu contohnya, jika mendengar lagu Amboro berjudul Nonton Konser, pendengar akan dibawa ke nuansa seperti lagu yang diciptakan Benyamin Sueb berjudul “Nonton Bioskop”.  Saat ditanyai hal tersebut, Amboro mengakui bahwa budaya Betawi secara tidak langsung mempengaruhinya dalam setiap karya yang dia ciptakan.

Kendati demikian, secara penggarapan instrumen, lagu-lagu Amboro seperti “Amsani” dan “Nonton Konser” tak terdengar pengaruh musik Betawi di setiap lagu yang diciptakan. Amboro memainkan musik modern yang dimainkan sendiri lewat gitar akustiknya. “Ya gimana, mau ngeband tapi ribet. Lo dengar aja lagu “Nonton Konser”, itu kan ada dus tas dus tas, karena enggak ada pemain drum aja,” ujar Amboro saat ditanya keputusannya menjadi solois.

Setelah menjalani ibadah musikal sebagai solois kurang lebih selama dua tahun, Amboro akhirnya bisa bernafas lega. Karya-karya yang Amboro ciptakan akhirnya menyatu menjadi sebuah album berjudul Sumber Rezekiyang berisikan sembilan lagu yang akan dirilis dalam bentuk fisik dan digital.

Selain itu, album yang dipersembahkan oleh Padepokan Sarang Laba ini juga diproduseri oleh Dado Darmawan, Reza Hilmawan dan Amboro sendiri. Sumber Rezeki akan dirayakan secara khidmat pada Senin, (23/12) di Earhouse, Pamulang, Tangerang Selatan.

Sumber Rezeki merupakan langkah awal Amboro untuk menjadi musisi yang siap memberi warna lain dalam kancah musik Indonesia. (FE)


Related Articles

Diva Indonesia Keroyokan Mengisi Original Soundtrack Ayat Ayat Cinta

iMusic – Film yang fenomenal tentu saja harus diimbangi dengan lagu OST yang fenomenal pula. Setelah OST Ayat Ayat Cinta sukses

‘Mawren’ Band Hadir Dengan “Mantan Terindah”

iMusic – Sebuah lagu ciptaan Ato Angkasa yang bercerita tentang seseorang yang masih terkenang akan kisah cintanya yang luar biasa

Laze Ceritakan Keanekaragaman Profesi Di Single Terbarunya “Mengerti”

iMusic – Setelah merilis sebuah lagu dari album “Waktu Bicara”, kini Laze kembali merilis sebuah single bertajuk “Mengerti”. Dalam single