iMusic – Film produksi Angka Fortuna Sinema,
Kawan Kawan Media, Limaenam Films ‘The Science of Fictions’ akhirnya
tayang di bioskop nasional mulai tayang 10 Desember. Sejak pertama kali
melaksanakan premier dunia di Locarno Film Festival 2019 (Swiss)
dan kemudian berkeliling ke lima belas festival film internasional, film
ini kini dapat disaksikan di bioskop yang tersebar di seluruh Indonesia.
Film yang disutradarai dan ditulis oleh Yosep Anggi Noen ini dibintangi
oleh Gunawan Maryanto, Ecky Lamoh, Yudi Ahmad Tajudin, Lukman
Sardi, Rusini, Asmara Abigail, Alex Suhendra, dan Marissa
Anita.
Deretan penghargaan telah didapatkan oleh ‘The Science of
Fictions’. Film ini juga baru saja memenangkan Piala Citra untuk Pemeran
Utama Pria Terbaik yang diberikan kepada Gunawan Maryanto. Di penghujung tahun
2019, film ini diganjar tiga gelar dari majalahTempo yaitu Film
Pilihan Tempo, Sutradara Pilihan Tempo (Yosep Anggi Noen), dan Aktor Pilihan
Tempo (Gunawan Maryanto). Di tempat pemutaran perdananya, film ini juga diberi
Special Mention, 72 Locarno Film Festival, Concorso Internazionale,
2019.
Reaksi penonton hari pertama tergolong meriah. IqbalKurniaone
di Twitter memberikan ulasannya, “Ajaib. Gila. Pengalaman nonton yang
sangat nggak biasa bagi ane. Sedih dan bangga, sineasIndonesia
masih bisa membuat karya luar biasa ini.” Sedangkan Randy Renaldy yang
merupakan penonton pertama dari seluruh bioskop memberikan pujian di Instagram,
“Terima kasih telah membuat film yg begitu unik, luar biasa, beda dari yang lain”.
‘The Science of Fictions’ dimulai kisahnya pada tahun
1960-an, di GumukPasirParangkusumo, Yogyakarta,
Siman (diperankan oleh Gunawan Maryanto) melihat proses shooting pendaratan
manusia di bulan oleh kru asing. Dia tertangkap penjaga dan dipotong lidahnya.
Selama puluhan tahun, Siman bergerak pelan menirukan Gerakan astronot di luar
angkasa untuk membuktikan kebenaran pengalamannya. Siman dianggap gila.
Film ‘The Science of Fictions’ menjanjikan sebuah eksplorasi
visual dan penceritaan yang berbeda dari film-film lainnya. Pengalaman sinema
ini makin nikmat jika dirasakan di bioskop. Yosep Anggi Noen yang di film ini
berkolaborasi bersama sinematografer TeohGayHian
menjelaskan, “Film ini adalah tentang manusia yang bergerak pelan, jadi kami
membicarakan bagaimana seharusnya kamera merekam gerak Siman.
Film ini direkam dengan banyak jenis kamera; HD, handycam,
GoPro, kamera slowspeed, drone dan juga menunjukkan berbagai jenis kamera di
layar termasuk roll film 16 mm. Konsep ini saya rancang sebagai bentuk
‘main-main’ untuk menunjukkan lintasan teknologi audio visual yang aksesnya
saat ini semakin mudah, ada di setiap tangan manusia, lekat dengan tubuh dan
semakin personal.”
Baginya di jaman dulu, produksi moving image hanya bisa dilakukan
oleh pihak yang punya kuasa. “Itu yang mengakibatkan bukti-bukti sejarah seolah
hanya bisa dikeluarkan oleh otoritas dan penguasa dan cenderung propaganda. Saat
ini, sejarah ditulis oleh masing-masing manusia, lalu ujian berikutnya adalah
soal kebenaran; rekaman siapa yang benar-benar benar? Tapi kami bicara
ngalor-ngidul sambil ketawa-ketiwi soal konsep-konsep yang nampak rumit ini.”
Inspirasi pembuatan film ini datang kepada Yosep Anggi Noen
ketika ia melihat sebuah lahan yang mirip dengan permukaan bulan di
Parangkusumo, Bantul. “Lahan bernama Gumuk Pasir itu memikat sekali
secara visual dan lingkungan di sekitar Gumuk juga menarik, ada karaoke
murahan, ada lokasi manasik haji, ada lokasi tempat persembahan kepada Ratu
Laut Selatan, ada tempat ibadah, bahkan pada waktu-waktu tertentu ada praktek
prostitusi terselubung di sana,” ceritanya.
“Saat saya menemukan betapa hiruk pikuknya sebuah tempat
tersebut, saya tergelitik juga untuk mengemas cerita di sana. Saya lalu
berangkat dari bulan, bagaimana jika pendaratan manusia di bulan itu ternyata pengambilan
gambarnya dilakukan di Gumuk Pasir? Saya menghubungkan dengan konteks politik
di Indonesia tahun 60-an, yang sampai saat ini kita tahu bahwa ada ruang
gelap sejarah saat perpindahan kekuasaan dari Soekarno ke Soeharto;
berdarah-darah sekaligus manipulatif. Pendaratan di bulan sebagai keberhasilan
yang dirayakan secara global dan politik yang manipulatif disaksikan oleh
Siman, seorang petani biasa, manusia yang sederhana yang dibisukan.”
Produser ‘The Science of Fictions’ Yulia Evina Bhara
yang telah berkolaborasi sebelumnya dengan Yosep Anggi Noen di film ‘Istirahatlah
Kata-Kata’ mengatakan, “Ketika disodorkan konsep dan cerita ‘The Science of
Fictions’, saya tak ragu dan langsung bersedia terlibat. Pertama, karena cerita
Siman buat saya sangat sangat relate dengan kehidupan sehari-hari tapi di saat
yang sama juga saya merasa cara tutur film ini belum pernah saya temukan di
film Indonesia yang lain. Sebuah tantangan berat karena tokoh utama tidak ada
dialog selama film tapi saya yakin dengan visi artistic Anggi dan Gunawan
Maryanto pasti akan menghidupkan Siman. Yang paling menarik dari film ini untuk
film Indonesia adalah karena film ini memberikan perbendaharaan baru, cara
tutur sinema yang berbeda.”
Produser Edwin Nazir menambahkan, “‘The Science of Fictions’ adalah cerita yang sangat kuat tentang kebenaran informasi, dalam premis yang sangat unik. Sesuatu yang sangat relevan dengan kondisi Indonesia.” Saksikan ‘The Science of Fictions’ di layar lebar dan rasakan pengalaman sinema yang berbeda. (FE)
iMusic.id – Disutradarai Hadrah Daeng Ratu, film “Musuh Dalam Selimut” menghadirkan cerita tentang pengkhianatan yang muncul dari lingkar paling dekat, mengangkat fenomena yang kerap terjadi di kalangan anak muda dan pasangan pengantin baru masa kini, ketika sosok “teman” justru menjadi ancaman dalam rumah tangga.
Trailer “Musuh Dalam Selimut” memperlihatkan Gadis (Yasmin Napper) dan Andika (Arbani Yasiz) yang sedang membangun rumah tangga dengan rasa percaya yang tampak kokoh di awal. Namun kedekatan pertemanan yang masuk ke wilayah personal perlahan menggeser batas, terutama ketika Suzy (Megan Domani) semakin sering berada di pusat kehidupan mereka.
Hadrah Daeng Ratu menegaskan bahwa “Musuh Dalam Selimut” tidak berdiri sebagai kisah cinta segitiga konvensional. Menurutnya, penguatan latar karakter dan storytelling tiap tokoh menjadi kunci agar penonton memahami alasan di balik keputusan yang diambil setiap karakter.
“Background karakter yang kuat di “Musuh Dalam Selimut” menjadi penting agar penonton tahu alasan yang dilakukan oleh mereka. Kisah perselingkuhan bukan hanya sekadar cinta segitiga biasa, tapi menceritakan trauma-trauma yang dihadapi karakter dalam menjalani hidupnya setelah melewati banyak luka,” ujar Hadrah.
Ia menjelaskan, konflik inti film ini dibangun secara bertahap melalui kedekatan pertemanan yang terasa wajar terlebih dahulu. Dari sana, hubungan itu perlahan masuk ke dalam circle kehidupan tokoh utama, menanamkan berbagai informasi yang memantik kecurigaan hingga mendorong pencarian bukti tentang pengkhianatan yang terjadi.
“Dimulai dari membangun hubungan yang akrab dulu dari sebuah pertemanan, pelan-pelan sahabat itu masuk ke dalam circle kehidupan tokoh utama, membangun banyak planting informasi kecurigaan yang mengarah pada pencarian bukti kebenaran,” katanya.
Hadrah menambahkan, pada akhirnya penonton akan dibawa pada kejelasan posisi konflik, termasuk siapa yang protagonis dan siapa yang antagonis di penghujung cerita.
Poster resmi yang dirilis bersamaan dengan trailer mempertegas nuansa intim sekaligus mencekam, mengisyaratkan bahwa ancaman terbesar tidak selalu datang dari luar, melainkan bisa bersembunyi di balik kehangatan relasi yang selama ini dipercaya.
Dengan tensi psikologis dan emosi yang dibangun perlahan, Musuh Dalam Selimut menawarkan pengalaman menonton yang lebih berlapis tentang cinta, loyalitas, luka, dan batas pertemanan yang bisa berubah menjadi bencana.
Film “Musuh Dalam Selimut” ini akan tayang di bioskop mulai 8 Januari 2026.
iMusic.id – Antusiasme penonton terhadap “Danyang Wingit Jumat Kliwon” memuncak. Hanya beberapa jam setelah konferensi pers, lebih dari 3.000 tiket untuk Gala Premiere resmi ludes. Momentum ini menjadi sinyal kuat bahwa gelombang horor berbasis kultur Nusantara terus menemukan penontonnya.
Diproduksi oleh Khanza Film Entertainment, dan film ini disutradarai sekaligus diproduseri oleh Agus Riyanto dengan naskah karya Dirmawan Hatta. “Danyang Wingit Jumat Kliwon” menautkan atmosfer ritual, pusaka, dan mitos danyang dengan drama psikologis tentang harga sebuah ambisi mengarahkan teror bukan semata pada sosok gaib, tetapi pada keputusan-keputusan manusia yang rapuh.
Pesan moralnya tegas: hasrat akan kekuasaan dan keabadian dapat mengikis akal sehat pada titik itu, “hasrat manusia” tampil lebih menakutkan daripada perwujudan iblis itu sendiri. Celine Evangelista memerankan Citra, keponakan Mbok Ning asisten setia Ki Mangun. Citra direkrut sebagai sinden baru di sebuah padepokan, namun di balik panggilan seni itu, ia diam-diam ditetapkan sebagai tumbal terakhir dalam ritual keabadian.
Untuk memperdalam peran, Celine menjalani riset langsung ke pertunjukan wayang, mempelajari dunia nembang, dan berlatih intensif bersama acting coach.
“Saya menonton pertunjukan wayang secara langsung dan riset dari banyak aspek, karena nembang itu tidak mudah. Proses belajarnya cukup menantang, tapi justru itu yang membuat saya tertarik mengambil film ini. Saya juga ingin membuat orang-orang lebih peduli terhadap kesenian tradisional,” ujar Celine.
Di balik itu, Agus Riyanto menegaskan arah nilai yang ingin diantar pulang oleh penonton ialah. “Kita ingin mengangkat bahwa nilai budaya harus di atas nilai mistis yang tertinggal di dalamnya. Pada akhirnya penonton setelah keluar dari ruangan bioskop, membawa pesan, wayang adalah budaya Indonesia yang indah yang harus diperkenalkan ke setiap generasi, Bukan hal hal mistis yang dapat disalahgunakan untuk hal buruk.” kata Agus.
Dengan pijakan itu, “Danyang Wingit Jumat Kliwon” bukan hanya menghidupkan figur-figur penjaga tak kasat mata dalam khazanah lokal, tetapi juga mengangkat konflik keluarga dan konsekuensi ritual sebagai inti emosi cerita membuat teror terasa personal, berlapis, dan relevan. Ludesnya 3.000+ tiket Gala Premiere menjadi validasi awal bahwa perpaduan horor tradisi dan drama psikologis ini memiliki daya pikat kuat untuk peredaran nasional.
iMusic.id – Khanza Film Entertainment mempersembahkan “Danyang Wingit Jumat Kliwon”, film horor berlatar dunia pedalangan Jawa yang mengupas ambisi seorang dalang memburu hidup abadi melalui ritual terlarang.
Disutradarai sekaligus diproduseri oleh Agus Riyanto dengan naskah karya Dirmawan Hatta, film “Danyang Wingit Jumat Kliwon” ini hadir dengan mengedepankan horor okultisme yang berakar pada tradisi lokal, bukan semata deretan jump scare.
Kisahnya “Danyang Wingit Jumat Kliwon” berpusat pada Ki Mangun Suroto (Whani Darmawan), maestro dalang karismatik yang menempuh ilmu-ilmu kuno demi memperkaya diri dan menembus kematian. Tahun 2021, Citra (Celine Evangelista) keponakan Mbok Ning (Djenar Maesa Ayu), asisten setia Ki Mangun direkrut sebagai sinden baru di padepokan.
“Danyang Wingit Jumat Kliwon” menggambarkan di balik panggilan seni itu, Citra diam-diam ditetapkan sebagai tumbal terakhir untuk ritual keabadian. Demi upah yang ia harapkan untuk membantu pengobatan adiknya, Dewi (Aisyah Kanza), citra bertahan meski teror gaib makin menyesakkan. Kecurigaan Bara (Fajar Nugra), salah satu penjaga padepokan, kian menguat.
Alih-alih berpangku tangan, ia memilih menentang majikannya dan berupaya menyelamatkan Citra sebuah keputusan berisiko yang memacu mereka berpacu melawan waktu menuju puncak ritual Gerhana Bulan Merah yang bertepatan dengan malam keramat Jumat Kliwon.
“Danyang Wingit Jumat Kliwon” menautkan atmosfer ritual, pusaka, dan mitos danyang dengan drama psikologis tentang harga sebuah ambisi. Antagonis yang kompleks, heroine yang dipaksa bertahan, serta momentum budaya yang lekat di ingatan publik menjadi pendorong ketegangan dari awal hingga klimaks.
Deretan pemain turut diperkuat Nathalie Holscher sebagai Putri Kusuma Ratih, serta Norma Cinta, Dimas Tedjo, Putri Maya Rumanti, Angga Wijaya, Keona Cinta, dan Bilqis Hafsa.