Tersenyum Kembali dengan “Pulang” dari “Sade Susanto”.

Tersenyum Kembali dengan “Pulang” dari “Sade Susanto”.

iMusic – Solois Sade Susanto kembali merilis single baru berjudul Pulang. Ini merupakan rilisan keempat Sade Susanto bersama JUNI Records dan rilisan pertamanya berberbahasa Indonesia. Sebelumnya, Sade sudah merilis 3 single (U Got Me, Don’t Control Me dan Solitude).

“Senang ternyata pihak JUNI Records percaya dan support Sade dalam terus mengembangkan kemampuan menulis lirik Bahasa Indonesia. Sade masih banyak harus belajar, namun berharap pesan positif lagu ini dapat tersampaikan,” ujar Sade.

Kali ini Sade Susanto tidak mengambil kisahnya sendiri untuk dijadikan suatu lagu, namun dari kisah banyak orang. Dari ragam cerita yang didapat, topik yang diangkat lebih mengarah permasalahan hidup yang dihadapi teman-temannya, mulai dari masalah domestik, susahnya menjadi penyintas, atau ketakutan akan masa depan. Lewat lagu Pulang dirinya ingin mengungkapkan bahwa semua hal di atas terlalu menyakitkan kalau dipendam sendiri.

“Aku menulis lagu ini ibarat sebuah surat untuk teman-teman. Aku siap mendengarkan dan apabila bisa, mengantarkan teman-teman keluar dari permasalahan, makanya judulnya Pulang. Kembali pulang dan menemukan alasan untuk tersenyum kembali,” ungkap perempuan kelahiran 6 Mei 1998.

Lagu Pulang ditulisnya dengan mengajak Heston Prasetyo membantu di bagian ansemen musik. Bernuansa alunan R&B yang didominasi beat drum akustik dan juga rhythm gitar akustik yang mudah tetapi tetap full of power dengan tujuan membangun semangat para pendengar. Heston melakukan tone down di lagu ini bila dibandingkan dengan rilisan-rilisan Sade Susanto supaya lebih fokus pada suara Sade Susanto yang sangat powerful dan lantang.

“Lagu ini saya yakin akan relate dengan banyak orang. Pulang adalah mantra paling ampuh untuk kita semua, ditambah vokalnya yang semakin membuat hanyut. Sebuah poin plus untuk konsistensi Sade,” ungkap Adryanto Pratono, CEO JUNI Records.

Pulang kini sudah bisa didengarkan hari ini di layanan digital streaming platforms seperti Spotify, Apple Music, JOOX, Deezer, Resso, YouTube Music, Langitmusik dan lain-lain. Video Lirik Pulang bisa disaksikan di kanal resmi Sade Susanto di sini.

Shadia Khansa atau yang biasa diketahui dengan nama panggung Sade Susanto adalah penyanyi sekaligus penulis lagu kelahiran Yogyakarta dan dibesarkan di Semarang. Sade Susanto adalah mahasiswi jurusan hukum yang memulai perjalanan musiknya bersama bernama HILLS, kolektif musik di Semarang. Nama Sade Susanto sendiri merupakan gabungan dari “Sade”, yang merupakan nama panggilan akrab dari teman-temannya, dan “Susanto” yang diambil dari nama keluarga.

Pada awalnya Sade Susanto merasa bahwa bermain musik dan menyanyi itu hanya sekedar hobi saja. Sampai pada suatu dia bergabung dengan kolektif musik Semarang, HILLS, dan berhasil membuat lagu The Man Who Has Hurt Me. Inspirasi dia bermusik sangat berkutat pada genre R&B seperti H.E.R., NIKI, Ella Mai, dan SZA. (FE)


Related Articles

“AZHR” merilis single baru bertajuk “Berlari”.

iMusic – Setelah menghadirkan “Feel” yang telah mencuri 900 ribu lebih pendengar di Spotify. Kali ini, AZHR kembali merilis single

Fox Rilis Teaser Film “Bohemian Rhapsody”

iMovie – Nama band legendaris pelantun lagu “I Want To Break Free”, Queen memang sudah dikenal banyak orang lewat beberapa

“Tricotado” Merilis ‘’Tembang Hujan’’ Ke Platform Digital.

iMusic – Tricotado merilis Tembang Hujan di semua platform digital. Setelah melalui proses panjang, akhirnya Tembang Hujan menemukan jalan untuk