Connect with us

iMusic

24 Tahun Perjalanan Wayang Band Sebagai Keluarga Besar.

Published

on

iMusic – Wayang merupakan sebuah grup musik asal Jakarta yang didirikan pada tahun 1995. Nama Wayang diambil dari inisial masing-masing personel yakni Wahyu Adrianto, Ahmad Fauzi, Ramdan Wahyudi, dan Gilang Ariestya. Album perdana Wayang dikeluarkan oleh RIS Musik/Musica Studios sebagai label edar pada 1997 bertajuk Damai.

Wayang hampir setiap tahun merilis album diantaranya Dongeng pada 1999, Transisi pada 2000, WYG di 2002, Dari Hati di 2003 dimana saat itu bernaung di bawah bendera label BMG Indonesia. Lalu album berikutnya diberi tajuk Belum Terlambat yang di rilis pada pertengahan 2005 di bawah naungan baru mereka yakni Sony BMG Indonesia atau gabungan antara BMG Indonesia dengan Sony Music Entertainment.

Di pertengahan perjalanan bermusiknya, Wayang sempat merilis sebuah album karya- karya terbaik mereka dengan judul, The Best of Wayang pada Juli 2001 dan saat itu diedarkan BMG Indonesia.

Di tahun 2005 hingga 2008, sudah mulai sayup-sayup terdengar lagi gaung Wayang. Penyebabnya adalah sang drummer, Gilang Ariestya, harus menyelesaikan kuliahnya di Institut Teknologi Bandung hingga harus mendapatkan gelar sarjana

Setelah lebih dari tiga tahun stop aktifitas sementara, Wayang kembali meramaikan panggung musik tanah air. Pada 2009, Wayang yang telah ditambah personel baru saat itu, yakni Ical pada posisi gitar rhytem dan melody, lantas merilis album baru berjudul Perbedaan dilabel baru mereka yakni Universal Music Indonesia.

Dua tahun berselang Ical pun keluar dari band pada bulan Maret 2011 dengan alasan adanya kejenuhan dengan wayang lalu dikabarkan mendirikan sebuah band baru. Tahun 2012 hingga 2013 merupakan tahun titik balik mereka untuk merubah image, perubahan formasi yang cukup besar sempat terjadi. Menariknya di akhir tahun 2014 wayang kembali mengeluarkan single recycle mereka yang berjudul Tak Selamanya dengan mengukuhkan personil Keyboard, Angga,  yang beberapa tahun sebelumnya menggantikan posisi Adri sebagai musisi additional Wayang sekaligus road manager, serta Aie yang didapuk sebagai gitaris utama, dimana sebelumnya Aie merupakan additional gitaris dari Wayang. “Kami selalu menganggap personil wayang baik yang sudah keluar ataupun yang masih diband adalah keluarga, jadi wayang adalah keluarga besar”. Ujar Yudi sang vokalis saat ditemui Boleh Music di basecamp Wayang.

Mulai 2014 lengkap sudah formasi terbaru pasca bongkar pasang personil dalam beberapa tahun.

Dipertangahan tahun 2015 Wayang kembali mengeluarkan single recycle mereka yang berjudul Damai. Setelah sukses mengeluarkan single Damai Wayang kembali menstrategikan untuk merilis single kedua mereka pada tahun 2015 dengan kembali merecycle lagu mereka yang berjudul Jangan Kau Pergi dengan formasi baru dari Wayang.

Ditahun 2018 Wayang membuat sebuah kejutan dengan hadirnya kembali Gilang. Wayang kini diperkuat Wahyudi Ramdan (Vocal,Guitar), Ahmad Fauzi (Bass), Gilang (Drum), Ai (Guitar) dan Angga (Keyboard).

Jika kangen dengan lagu-lagunya yang ingin mengingatkan nostalgianya, Wayang bakal hadir di The 90s Festival yang kelima pada 23 November 2019 mendatang. Ikuti terus sosial media mereka di Instagram @ Wayangofficial dan Facebook Fanspage di @WAYANG. (FE)

iMusic

Kara Chenoa Gaet Monica Karina di Lagu “Please Don’t Find Closure”

Published

on

imusic.id – Penyanyi dan penulis lagu asal Jakarta, Indonesia, Kara Chenoa merilis lagu terbarunya yang berjudul “Please Don’t Find Closure“. Lagu berbahasa inggris ini berkolaborasi dengan Monica Karina

Kara Chenoa menjelaskan bahwa Lagu ini merupakan lagu RnB ballad pertamanya.

“Ini merupakan lagu terberat yang pernah gue tulis. It is so raw, an emotional and rollercoaster song for me. Some gonna say it’s toxic or honest,” kata Kara Chenoa dalam siaran pers tertulisnya

‘Please Don’t Find Closure’ sudah bisa dinikmati di seluruh digital streaming platform di Indonesia. Lagu RnB bertempo lambat ini diciptakan oleh Kara Chenoa bersama Monica Karina dan Monty Hasan. Monty  Hasan juga dipilih sebagai produser di lagu berdurasi 04:00 menit ini.

Kara berharap lagu terbarunya bisa diterima dengan baik oleh pedengar musik di Indonesia.

“Lagu ini dengan liriknya mungkin akan diterima dengan respon yang berbeda untuk masing – masing orang. Semoga kalian menyukainya.” Ujar Kara.

Tentang Kara Chenoa

Kara Chenoa adalah singer dan songwriter asal Jakarta, Indonesia. Ia pertama kali merilis single bernuansa Hip-Hop yang berjudul “247” di tahun 2018. Beberapa single lainnya yaitu “No Clue” feat. Jevin Julian (2019) dan “Undercover Lover” (2019). “No Clue” sudah distreams lebih dari 978 ribu kali di Spotify. 

Musisi yang suka bereksperimen dengan beberapa genre ini telah memiliki 1 mini album. EP perdananya “Sunkissed” rilis di tahun 2021. “Sunkissed” dirilis saat pandemi memiliki 4 tracks yaitu “I Got Sunlight, Just Another Day, Ciroc” dan “Daps

Kara juga telah beberapa kali berkolaborasi dengan musisi Indonesia. Di antaranya ialah “You Better Believe Me” (2021) dengan Raisa, ”Lets Not Talk To Much”(2020) dengan Teza Sumendra, “Ex-Cuses” (2020) dengan Kenny Gabriel dan Rizkia Larasati dan “Call My Name” (2018) dengan Midnight Quickie dan Bleu Clair. Kolaborasinya bersama Raisa di tahun 2021 mendapatkan rekognisi dari AMI Awards 2022 untuk kategori Duo/Grup/Kolaborasi Soul/R&B Terbaik.

Di tahun 2022 Kara telah merilis 2 lagu yakni ‘‘Missus Superficial yang menjadi penanda debutnya bersama Stacks, Urban Division dari Warner Music Indonesia.

Stacks adalah label yang membawahi musisi Warner Music Indonesia dengan genre Hip-hop, Rap, Soul, dan RnB.  Lagu kedua Kara adalah “Shoe”. Single ini menjadi bagian dari 2nd Asiatic.wav, proyek kompilasi Asiatic Records / Warner Music Asia. Sedikit informasi, ‘Shoe’ diciptakan oleh Kara Chenoa dan diproduseri oleh Vurplay.

Pria kelahiran 12 November 1999 ini banyak dipengaruhi oleh musisi seperti Jamiroquai, Anderson .paak dan RAN. Setelah resmi bergabung dengan Stacks! Urban Division Warner Music Indonesia di tahun 2022, Kara Chenoa dipastikan akan turut meramaikan industri musik Indonesia dengan lagu-lagunya yang ear-catchy dan booty grove.

Continue Reading

iMusic

Grup vokal wanita dari Kuala Lumpur, “DOLLA”  rilis single “LOOK AT THIS”.

Published

on

iMusic – Grup DOLLA nampaknya sukses sebagai grup vokal wanita terbaik untuk era ini. Sejak awal kemunculan mereka, berbagai panggung telah dijajaki sehingga nama DOLLA terus memuncak di Kuala Lumpur.

Baru saja muncul berduet bersama Naim Daniel melalui lagu ‘Mungkin Ini Adalah Lagu Yang Paling Sedih Pernah Aku Buat’ kini empat gadis jelita itu muncul dengan sebuah karya terbaru yang bakal mencuri perhatian.

Pada 28 Januari yang lalu, DOLLA telah ikut memeriahkan Seen Festival in Kuala Lumpur 2023 bersama bintang sensasi K-Pop antar negara yaitu NCT Dream, WayV, KARD dan ALICE.

“Kami merasa sangat bangga apabila dibariskan dengan penghibur hebat dari Korea Selatan. Dapat berkongsi satu pentas dengan nama-nama handalan itu adalah impian yang sangat kami idam-idamkan sejak ceburi bidang muzik.

“Peluang ini amat bermakna secara peribadi buat kami sebagai artis yang masih merangkak kukuhkan nama. Ia satu pengiktirafan terbesar untuk karier kami apalagi memang cita-cita Dolla ingin tembusi pasaran antarabangsa lagi,” kata mereka.

Single terbaru DOLLA diberi nama LOOK AT THIS, single ini sebenarnya diciptakan dan ditulis dalam Bahasa Inggris oleh penciptanya yang berasal dari Sweden. Namun lagu ini kemudian telah diterjemahkan ke dalam Bahasa Malaysia khas buat para penggemar DOLLA di sini.

Menurut Tabby, salah seorang anggota DOLLA, lagu ini menceritakan tentang keyakinan diri.

“Ia berkisar keyakinan diri dan tidak mempedulikan kata orang lain. Lagunya yang rancak juga memberi gambaran tentang keperibadian seseorang yang yakin dengan penampilan dirinya yang menarik. Malah ada bait lirik yang berbunyi “kau pandang di sini mata memerhati, but I ain’t even worried bout that,” kata Tabby.

Proses penulisan lagu juga memakan sedikit waktu karena lagu asal ditulis di dalam Bahasa Inggris.

“Ini memakan waktu karena kami perlu mencari lirik Bahasa Malaysia yang sesuai untuk irama sebegini. Ini kerana lirik asalnya sangat hebat sewaktu dihasilkan dalam Bahasa Inggeris.

Kami bekerja berbulan-bulan dengan pasukan kami serta Cikgu Shafi, dan juga SYA yang membantu menyempurnakan lirik tersebut. Untuk bahagian rapnya kami juga dibantu Yonnyboii dan ASYRAF NASIR untuk menyedapkan lagi lagunya pada bahagian rap. Berkat bantuan semua pihak hasilnya menjadi satu kejayaan buat kami. Kami sangat berpuas hati dengan karya ini akhirnya dan rasa segala penat lelah kami berbaloi,” tambahnya lagi.

Menurut Syasya pula lagu ini menampilkan sisi DOLLA yang berbeza.

“Nuansanya berbeza sedikit dengan lagu-lagu kami yang lepas. Malah rentak tarinya juga lebih berat pada unsur hiphop. Namun kami masih menggunakan khidmat Ezra Tham dan pasukan tari daripada UNC Dance Studio untuk membimbing kami dalam mereka tari.

Untuk video musiknya pula kami bekerjasama dengan Ghazi yang mau mendengar pendapat kami demi perbedaan. Kami bersyukur kerana sangat mudah bekerja dengan semua orang,” kata Syasya.

Namun bagi Sabronzo pula ada beberapa paparan dalam menghasilkan video musik lagu ini.

“Cabaran pertama adalah kami terpaksa siapkan video muzik dalam satu hari lebih gara-gara cuaca yang buruk. Yang kedua adalah kami terpaksa mengumpul tenaga dan bersengkang mata selama 28 jam untuk menyiapkannya. Pada asalnya kami ada dua hari tapi gara-gara cuaca begitulah halangan yang datang,” ujar Sabronzo.

DOLLA berharap lagu ini dapat diterima oleh semua termasuk pasaran antarabangsa. Ia sesuatu yang berbeza dari apa yang kerap mereka tampilkan sebelum ini.

Single LOOK AT THIS sudah bisa didengar di semua digital platform seperti Spotify, Apple Music, KKBOX, Deezer dan YouTube Music , music videonya juga dapat ditonton di YouTube DOLLA . (FE)

Continue Reading

iMusic

Ungu dan Siti Nurhaliza luncurkan single “Di Ujung Hari”

Published

on

imusic.id – Dalam menyambut bulan Ramadan, UNGU berkolaborasi dengan Dato’ Sri Siti Nurhaliza mempersembahkan single terbaru berjudul “Di Ujung Hari”.

UNGU dan Trinity Optima Production sebagai label Memilih Siti Nurhaliza sebagai rekan duet dikarenakan pesona yang dimilikinya sejak turun ke dunia musik tidak pernah padam.

Siti Nurhaliza sendiri merasa senang dan bangga serta terharu bisa berkolaborasi dengan UNGU, yang dia kenal sebagai salah satu band yang sangat humble dan menyenangkan.

Lagu “Di Ujung Hari” ini ditulis oleh Oncy ‘UNGU’ pada masa pandemi lalu, terinspirasi dari satu hal, yaitu ketika manusia mengalami suatu masalah, kita sebagai manusia harus bisa saling membantu untuk bangkit kembali.

“Lagu ini terinspirasi ketika saya mengamati betapa sulitnya kehidupan di masa pandemi. Kala itu, Bumi tengah mengalami masalah yang serius. Jadi, yang manusia bisa lakukan adalah saling membantu satu sama lain. Peran doa, kekuatan mental, dan dukungan orang terdekat adalah modal utama untuk bisa bangkit kembali.”, terang Oncy

“Di masa itu juga, dunia menyadarkan kita bahwa, meski kita terlahir berbeda, kita hidup di bawah langit yang sama. Tuhan menciptakan manusia berbeda-beda mulai dari pendapat hingga keyakinan dengan tujuan yang baik, bukan untuk perpecahan. Hal-hal itulah yang disampaikan oleh lagu “Di Ujung Hari”.” tambah Oncy lagi

Proses rekaman single yang di komandoi Yonathan Nugroho sebagai eksekutif produser untuk label Trinity Optima Production dibantu oleh Dwi Sasongko dan Simhala Avadana sebagai artis & repertoar plus Dimas Wibisana sebagai produser ini dilakukan secara terpisah, namun begitu baik UNGU maupun Siti Nurhaliza beserta Trinity Optima Production berharap semoga lagu ini beserta video liriknya dapat melekat di hati pendengar dan menjadi renungan untuk kita semua.

Continue Reading