iMusic – Shining Bright, sebuah brand
apparel yang berfokus pada gaya hidup dan mode kasual anak muda sejak
2012 kembali bergerak secara sosial, menebar jala
kemanusiaan dengan merilis satu lagi produk kolaborasi yang diberi tajuk GRIND
AND SHINE. Kali ini bersama kuartet ganas grindcore asal Jakarta, Noxa yang telah
berkecimpung di dunia ekstrem metal selama 18 tahun,
menghasilkan empat album penuh dan sebuah album mini, serta pernah tiga
kali melancong ke Eropa untuk tampil di festival
metal bergengsi Tuska Open
Air (Finlandia) dan Obscene
Extreme (Republik Ceko). dan beberapa kali di Jepang untuk Asakusa Death Fest dan Everloud.
Bertemunya Shining Bright dan Noxa dalam garis
tengah dilakukan sebagai bentuk kepedulian mereka terhadap para penderita
penyakit diabetes di seluruh Indonesia, sekaligus menularkan
pencegahannya lewat kampanye pola hidup sehat; dengan mengurangi konsumsi gula,
sering minum air putih, olahraga rutin, berhenti merokok dan jangan kebanyakan
duduk.
“Seperti kita tahu para musisi hidupnya cenderung
berantakan, tidak sehat, entah suka begadang, entah merokok atau minum alkohol.
Di sini kami ingin menyiarkan sesuatu yang positif,” sebut vokalis Noxa, Diegoshefa.
Kesadaran tersebut secara kebetulan dipicu pula oleh
peristiwa duka yang merundung Noxa di akhir tahun 2020 ini, setelah mantan
vokalis mereka, Tonny Pangemanan, meninggal dunia akibat
diabetes tepat sehari sebelum bergulirnya Hari Diabetes Internasional yang jatuh setiap
tanggal 14 November. Sebuah penghormatan pun didedikasikan kepada beliau.
Di sisi lain, gerogotan penyakit mematikan ini juga
sudah sampai pada tahap yang mengkhawatirkan, khususnya di Indonesia, seperti
dilansir menurut data World Health Organization (WHO) bahwa negara kita
menempati urutan ke-6 dari sepuluh negara dengan jumlah pengidap diabetes
tertinggi. Terdapat sekitar 10,3 juta pasien per tahun 2017 dan diperkirakan
bakal meningkat sebesar 16,7 juta pasien di tahun 2045 mendatang.
Bagi Shining Bright sendiri, kampanye GRIND AND
SHINE dianggap sejalan dengan semangat mereka sebagai brand apparel yang fokus
pada perkembangan fesyen dan gaya hidup, tapi juga turut ambil bagian dalam
banyak hal soal kepedulian sosial. Untuk itu Shining Bright mendirikan sebuah
yayasan bernama Shining Life Foundation.
Beberapa kolaborasi lain yang pernah dijalankan
Shining Bright antara lain adalah BAGIMU NEGERI JIWA RAGA KAMI dan LEAP
OF FAITH bersama seniman Hari Merdeka demi membantu perang melawan pandemi
Covid-19 dengan membagikan alat pelindung diri, dan kaus MARIJUANA VS EVERYBODY
untuk mendukung riset Budaya Ganja Nusantara yang diinisiasi oleh Yayasan
Sativa Nusantara hasil kerja sama dengan gerakan Lingkar Ganja Nusantara (LGN).
Fiyan Sastro, selaku Founder Shining life by Shining Bright yang mempunyai slogan “For A Better Life” mengatakan langkah tersebut melalui analogi semiotika brand-nya yang berlogo
lilin: “Itulah identitas kami. Filosofi sebatang lilin yang menyala dengan api
terangnya, dan menjadi pelita kehidupan di saat gelap.
Memberi cahaya bagi sekitar dengan mengorbankan dirinya.”
Tribut GRIND AND SHINE menghadirkan kapsul
kolaborasi yang hanya diproduksi terbatas. Koleksi autentik berdesain unik dari
pernak-pernik merchandise Noxa seperti t-shirt, hoodie sepatu slip-on, topi,
gantungan kunci, pin dan pick gitar. Dengan kisaran harga Rp. 35.000 – Rp. 450.000.
Pembelian bisa dilakukan mulai hari Jumat, 4 November 2020 secara eksklusif di
Shining Bright Shopee Mall. Sebagian
keuntungan penjualannya, tentu saja akan didonasikan oleh Shining Life
Foundation ke sejumlah lembaga diabetes terkait dan keluarga mendiang Tonny
Pangemanan.
Diegoshefa, “Sekali lagi, kolaborasi
ini merupakan wadah kami untuk menyebarkan semangat positif dengan cara mengampanyekan pola hidup sehat sebagai kebutuhan yang
primal hari ini. Ayo lawan diabetes!” (FE)