iMusic
– Anugerah Musik Indonesia (AMI Awards) adalah ajang penghargaan tertinggi bagi
industri musik indonesia yang diberikan oleh Yayasan Anugerah Musik Indonesia
(YAMI). Seiring dengan usianya yang di tahun 2019 ‘ini memasuki tahun ke-22.
YAMI berharap bahwa eksistensi yayasan ini bisa terus memberikan kontribusi
nyata kepada khasanah musik Indonesia.
Tahun
2019 ini tema yang diusung adalah “Musik Bahasa Dunia.” Ini adalah
kesinambungan dari tema-tema sebelumnya, di mana pada tahun 2016 membawa tema
“Music Is My ldentily’, musik sebagai identitas bangsa. Dilanjutkan dengan tema
“Musik Tanpa Batas” pada tahun 2017 ketika era digital semakin berkembang dan
orang bisa menikmati musik secara fleksibel kapan pun. di mana pun dan dengan
cara apapun. Kemudian 2018 mengangkat “Satu Musik Indonesia’, di mana tidak ada
lagi pemisahan antara musik di ranah mainstream atau side stream. karena semua
musik punya kesempatan yang sama dinikmati dalam satu layanan digital.
Tahun
2019 ini AMI dengan bangga mengusung tema “Musik Bahasa Dunia” setelah
mengamati karya-karya musisi Indonesia semakin meningkat secara kualitas, bisa
bersaing dengan karya musisi luar negeri, dan bahkan dinikmati oleh penggemar
musik di mancanegara. Generasi X dan Y yang mempunyai aspirasi besar di bidang
musik. semakin mempunyai kesempatan lebih mudah untuk mengeksplorasi musik,
bahkan berkolaborasi dengan musisi dan produser manca negara. Pilihan dalam
menciptakan musik dalam bahasa Inggris pun memberi peluang karya mereka
dinikmati secara intemasional. Sehingga tidak heran jika dalam layanan musik
digital secara streaming, karya musik dari Indonesia bisa dalam satu playlist
dengan karya musisi mancanegara. Keberanian mengusung bahasa daerah dalam karya
musik anak bangsa juga patut diapresiasi. Ini membuktikan bahwa musik sebagai
bahasa dunia, bisa dinikmati tanpa batas secara universal.
Dengan
perubahan yang signifikan pada industri musik di era digital inilah YAMI
berkomitmen untuk berkiprah lebih aktif demi memberikan kontribusi pada
kemajuan industri musik tanah air. Hal ini terwujud dalam upaya peningkatan
berbagai aspek baik secara kualitas maupun kuantitas.
Pendaftaran
secara online yang sudah dikenalkan di tahun 2017, saat ini mengalami
peningkatan pesat. Tahun ini berhasil dihimpun 1973 karya yang dikurasi secara
kompeten oleh para entrees.
Terkait
penyeleksian karya, YAMI saat ini berupaya terus untuk meningkatkan kualitas
dan kuantitas anggotanya. Saat ini sudah ada 2.754 peserta yang tergabung di
AMI. Ada dua keanggotan di YAMI yaitu “Anggota Reguler” dan “Anggota
Swara.“ YAMI membuka kesempatan sebanyak mungkin kepada siapapun untuk
bergabung sebagai “Anggota Reguler,” di mana mereka mempunyai hak untuk
menentukan para calon nominasi. Sedangkan “Anggota Swara,” yang pesertanya
adalah para pelaku industri musik seperti komposer. produser, penata musik, dll
dipilih berdasarkan seleksi yang ketat dan kompeten. Karena mereka inilah yang
mempunyai hak untuk menentukan calon nominasi dan penerima penghargaan AMI.
Berbagai
sosialiasi sudah dilakukan oleh YAMl, salah satunya bekerja sama dengan Badan
Ekonomi Kreatif (BEKRAF) menggelar acara ‘MUSlKOLOGl’, sebuah konferensi musik
dengan program edukasi sharing knowledge dari para ahli dan praktisi industri
musik untuk memberikan pengetahuan dan wawasan baru tentang industri musik,
serta coaching clinic. Acara yang telah digelar di 6 kota yaitu Jogjakarta,
Palembang, Medan, Ambon, Manado dan Surabaya ini mendapatkan apresiasi bagus
dari para peserta.
Dari
periode Juli 2018 Juni 2019, semua data yang masuk dikumpulkan, kemudian
diadakan “Sidang Kategorisasi,” yaitu kegiatan untuk menempatkan semua
lagu pada genrenya masing-masing dan sekaligus menentukan kategorisasi. Di
sidang inilah YAMl mengundang para pakar dari berbagai bidang dan genre untuk
memberikan penilaian. Setelah kategorisasi selesai, kemudian diedarkan kepada
seluruh “Anggota Reguler” dan “Anggota Swara” untuk menentukan calon nominasi
lewat voting secara online. Selanjutnya data hasil voting akan diumumkan ke
public dalam bentuk siaran pers nominasi 22nd AMI AWARDS,yang diadakan pada tanggal
08 Oktober 2019 di Sarinah Thamrin It. UG dengan bintang tamu Ardhito Pramono,
Lesti dan Trisouls. Pemilihan lokasi Presscon di San’nah bukan tanpa alasan,
tentunya karena ajang AMI Awards sejalan dengan visi Sarinah yang sama sama
ingin meningkatkan kecintaan masyarakat Indonesia terhadap produk. seni dan
budaya dalam negeri serta membawa ke kancah internasional. Selanjutnya daftar
nominasi akan masuk ke voting online tahap 2 yang dilakukan oleh anggota swara
untuk menentukan penerima trophy AMI Awards.
“Kami
sudah bekerja keras meningkatkan layanan, semoga semua proses dapat dijalankan
‘ secara fair, transparan,. dan berintergritas sehingga hasilnya dapat
dipertanggungjawabkan kepada publik.” jelas Dwiki Dharmawan, Ketua Umum Yayasan
Anugerah Musik lndonesia.
Keseluruhan
ken’a YAMl diatas nantinya dapat disaksikan pada 28 November 2019 ketika malam
puncak “Penganugerahan AMI Awards.”
Dukung
terus musik indonesia. Mari maju bersama di era digital. (FE)
iMusic.id – Maton Guitar produsen gitar asal Australia yang melegenda dengan craftsmanship dan karakter tone khasnya, resmi melebarkan sayapnya di Indonesia pada tahun 2025 ini. Perusahaan ini konsisten memproduksi gitar akustik dan gitar elektrik dengan standar kualitas tinggi, memadukan kayu pilihan Australia dengan pengerjaan presisi. Suara hangat dan kuat yang dihasilkan Maton Guitar membuatnya digemari banyak musisi internasional, termasuk gitaris virtuoso Tommy Emmanuel.
Sebagai distributor resmi Maton guitar di Indonesia berada di bawah naungan Navanti Musika sebuah perusahaan yang lahir dari passion tiga penggiat musik & bisnis: Ivan Tandyo, Pongky Prasetyo, dan Harry Senlitonga. Untuk memudahkan akses para musisi, Navanti menunjuk Melodia Musik sebagai authorized dealer pertama.
“Industri musik Indonesia sedang berkembang pesat. Banyak musisi muda kita butuh instrumen berkualitas untuk mendukung kreativitas mereka. Maton hadir untuk menjawab kebutuhan itu. Kenapa akhirnya Maton Guitar, awalonya saya bilang, Abram, kalau mau beli Ampli Gitar dimana ? dia bilang harus ke Melodia, fun, gitu, udah paling top. Terus, akhirnya saya ke sini, nih, main ke atas. Saya beli Ampli namanya Godin. Keren banget, tuh, Ampli. Ampli di Alkosik, Gitar, bagus. Sampai saya tenteng ke Australia satu, saya beli lagi balik. Nah, saya balik lagi ke sini, tuh, saya bawa Meton, saya. Meton gitar yang saya beli di Australia. Saya main di atas, cuma tujuannya buat ngetes Ampli. Dan temen-temen dari Melodia, kru Melodia pada kelilingin saya, Mas, gitar apaan nih? Kok enak banget? Mas, gitar apa? Gitar apa? Sambil bingung. Masa lu gak tau Meton? Dari situ akhirnya otak bisnis muncul,” ungkap Ivan Tandyo, Co-Founder Navanti Musika saat Grand Launching Maton Guitar di Melodia, Jakarta, (Rabu (20/8/2025).
“Saya kontak David dan direspon. Waktu saya masuk pabriknya saya kaget. Saya melihat bagaimana gitar ini dibuat out of passion. It’s not commercial. This is passion for almost 80 years. Nah saya ini suka beli gitar. Dari dulu saya beli macam-macam. Tapi saya suka banget gitar. Saya udah pakai Taylor. Saya pakai Martin. Ini masih ada di rumah. Saya pakai Gibson, Trier, Hummingbird. Saya udah pakai semua. Waktu saya datang ke satu toko di sana, Australia. Namanya Acoustic Center. Terus ada orang ini memang pakar. Dia punya podcast tentang music segala macam. Saya tanya, eh… gue pengen ditambah koleksi buat so what do you think the best guitar dia nih acoustic center tuh lengkap sekali mungkin kayak melodianya gitu gede banget.” tambahnya.
Menurut David Steedman (Head of Maton Australia) Maton adalah bisnis keluarga, sekarang sudah memasuki generasi ketiga, didirikan oleh Bill, Vera, dan Reg May. Pada tahun 1946, Maton telah melewati generasi kedua, Linger dan Neville Kitchen, dan sekarang juga memasuki generasi ketiga, di mana saya berada di pihak yang sama. Saya bagian dari generasi ketiga karena ini adalah gitar buatan tangan keluarga di Australia, jadi gitar keluarga, buatan tangan di Australia.
“Dan sungguh luar biasa menyambut Indonesia ke dalam keluarga Maton. Terutama Navanti dan Melodian Music, serta semua orang di sini, memainkan peran kunci dalam meluncurkan produk kami di pasar Indonesia. Ivan dan seluruh tim Navanti berada di posisi yang unik untuk meraih kesuksesan dalam kemitraan ini. Mereka sebagian besar non-Indonesia. Lokasi mereka sebagian besar di Australia, dan hal itu memberi mereka wawasan yang luar biasa tentang apa yang kami lakukan dan bagaimana kami melakukannya.”ujar David
“Mereka terus-menerus mengunjungi pabrik kami untuk mempelajari apa yang kami lakukan dan bagaimana kami melakukannya. Mereka benar-benar mendalami segala hal yang terlibat dalam menciptakan gitar-gitar indah kami yang Anda lihat di sini. Mereka melihat kecintaan, teknik, dan masukan yang diberikan pada setiap gitar kami. Hal itu membantu mereka mewariskannya. Itulah yang kami lakukan.”katanya
Dalam debut Maton Guitar di indonesia mengandeng tiga Musisi Indonesia sebagai brand ambassador yaitu Tohpati, The Overtunes dan Sid Mohede. Kehadiran para musisi lintas generasi ini memperkuat pesan bahwa Maton Guitar tidak hanya untuk kalangan tertentu, tetapi untuk semua pecinta musik yang mendambakan instrumen otentik.
“Ada Beberap hal, pertama kebetulan kita kenal baik, dan juga kita nyakin kita mau mereka suka memakai produk kita. Kalau mereka gak suka kita gak mau paksain, . pertama mereka suka dan kedua mereka cocok dengan audiens kita ya akustik gitar,” ujar Harry Senlitonga Founder Navanti Musika.
Tahun ini Maton resmi tersedia di jaringan toko Melodia Musik dan saat ini baru 6 tipe dari 10 tipe yang akan masuk ke Indonesia. 6 tipe gitar Maton tersebut adalah Mini Maton, SRS Maton, 808 Maton, Performance Maton, Trobador Maton, dan EM 6 Maton, dengan rage harga 22 juta rupiah – 70 juta rupiah. (EH).
iMusic.id – Take Over kembali merilis karya baru dalam format EP yang di beri judul “IV”. Masih mengusung brand Take Over X John Paul Ivan, judul “IV” ini merupakan penanda dari jumlah EP yang telah mereka rilis dan album ini adalah album ke empat dari Take Over X John Paul Ivan sepanjang karir mereka melepas karya.
“Ini adalah album ke 4 dari kita yang berformat EP / mini album setelah EP “Take Over” di 2019, yang berlanjut berlanjut ke EP kedua “V.2” di 2021 dan EP ketiga bertajuk “Treble” pada tahun 2023”, terang John Paul Ivan mewakili Take Over.
“Nama Take Over X John Paul Ivan sendiri kita pertahankan sebagai gimmick dan trademark kita di industri musik Indonesia”, tambah John Paul Ivan yang dikenal juga dengan nama JPI.
Memuat 5 track list lagu baru di album “IV” ini, John Paul Ivan (gitar), Joe (drum), Windy Saraswati (vokal), Cynthia Divka (bass) dan Bagus Wyet (gitar) mencoba konsep musik berbeda untuk bisa di terima oleh kalangan gen z,
“Di album ini Take Over X John Paul Ivan memainkan musik rock yang mengarah ke genre pop punk, hal ini kita lakukan bukan tanpa berbagai pertimbangan, kita sudah melakukan survey dan ternyata musik pop punk itu lah yang disukai gen z saat ini”, ujar JPI.
“Dari empat EP Take Over X John Paul Ivan semuanya memiliki perbedaan konsep musik. Walaupun kita tetap memainkan musik rock, tapi ada beberapa perbedaan dari mulai album pertama sampai keempat. Intinya kita memainkan alternative rock lah”, tambah JPI lagi.
Pada EP terbaru ini Take Over X John Paul Ivan memperkenalkan 5 lagu yaitu : “Aku Muak, Lestari Indonesia, Si Paling Benar, Stop” dan “Terbang Tinggi Garuda Ku” dengan lagu “Lestari Indonesia” di plot sebagai fokus single nya yang video musiknya sudah bisa disimak melalui channel Youtube Wave Music Records yang juga merupakan label mereka bernaung saat ini.
“Lagu “Lestari Indonesia” adalah lagu yang bertemakan nasionalisme dan kecintaan akan negara kita, kita harus tetap bisa memberikan vibe yang positif bagi semuanya, walau kita tau sikon Indonesia sebenarnya tidak dalam kondisi yang baik-baik saja”, tutur JPI.
“Perbedaan yang sangat kelihatan di EP ke empat ini adalah di album ini kita tidak menyisipkan lagu yang berirama slow / ballad, kita memberikan full lagu energik berdistorsi. Kita membalut musik yang sudah bernuansa pop punk tapi dengan isian musik yang dimainkan secara natural, bukan dengan isi-isian looping dan squencer”, terang JPI yang juga bertindak sebagai Produser, arranger dan quality control di proses mixing dan masteringnya.
Take Over bukanlah band baru, mereka adalah band alumni dari Rock Festival se lndonesia ke X (terakhir) tahun 2004 yang menyabet juara 2 dan juga meraih penghargaan vokalis terbaik atas nama vokalis saat itu, Damar Teguh. Berevolusi di tahun 2017 dengan mengganti konsep musik dan personelnya dengan masuknya Windy Saraswati sebagai vokalis dan lalu merilis single berjudul “Jangan Modus”. JPI lalu bergabung dan memproduseri tiga EP Take Over.
Di EP terbarunya ini Take Over X John Paul Ivan juga memperkenalkan energi baru di posisi bassis dengan merekrut Cynthia Difka (Geger) sebagai personil tetap.
“Cynthia sudah bergabung sejak akhir 2023, awalnya karena bassis yang lama mengundurkan diri, lalu saya mencari penggantinya dan saya pikir Take Over ini butuh tambahan personil yang wangi – wangi menemani Windy yang juga merupakan vokalis Geger, akhirnya pilihan jatuh ke Cynthia”, canda JPI.
iMusic.id – Menyisakan tiga personil, band pop Kerispatih luncurkan album baru bertajuk “Fase Tiga”. Ketiga anggota yang masih bertahan yaitu : Fandy Santoso (Vokal), Arief Morada (gitar) dan Antonius Suryo (drum) masih sangat excited mempertahankan Kerispatih dengan memproduksi dan merilis album baru tersebut.
Di produksi oleh Formula Music dan di distribusikan oleh Jagonya Musik & Sport Indonesia (JMSI) melalui KFC Indonesia, yang menarik dari album ke 9 Kerispatih ini adalah format album mereka yang dirilis dalam bentuk CD Digital, dimana masyarakat bisa membeli album ini dengan cara mendownload aplikasi jagonya Musik : KFC Dgital dan lalu tinggal meng-scan album “Fase Tiga” tersebut.
Waqlaupun ditinggal tiga personil mereka yaitu Sammy Simorangkir (vokalis, 2010), Badai (Keyboardis ,2016) dan Andika (Bassist, 2018) yang sudah tutup usia, para personil Kerispatih tersisa tetap bertahan memasuki fase baru dengan format trio, oleh karena itu judul album mereka adalah “Fase Tiga”, dimana melalui album ini mereka merayakan pasang surut perjalanan Kerispatih di industri musik Tanah Air.
“Fase satu kan masih ada Sammy. Fase dua Badai masih ada, Andika masih ada. Nah, sekarang tinggal kami bertiga. Makanya namanya Fase Tiga,” kata Arief gitaris Kerispatih dalam konferensi pers di Jakarta Selatan, Rabu (13/8/2025).
“Album “Fase Tiga” jadi pembuktian bahwa Kerispatih masih tetap berkarya meski sudah ditinggalkan Sammy Simorangkir dan Badai”, tambah Arief.
“Ini album pertama setelah saya gabung di Kerispatih. Sebelumnya, hanya single single saja. Pasti jadi pembuktian. Cuma semua rezekinya kami serahkan kepada Tuhan,” ucap Fandy Santoso sang vokalis.
Di album terbaru ini, Kerispatih benar – benar bekerja keras dengan menyelesaikan proses pembuatannya hanya dalam waktu 2 minggu. Pihak Formula Music menginformasikan pada insan pers bahwa proses produksi album “Fase Tiga” ini memang sangat cepat dan luar biasa. Dedikasi trio Kerispatih benar – benar total dalam menggarap album ini.
Masih mengusung tema cinta namun lebih umum, para personil Kerispatih menyatakan ada sedikit perbedaan konsep musik di Kerispatih sejak mereka mulai menjalani Kerispatih dengan format trio,
“Kalau sebelumnya kan, di era Badai, keyboard yang lebih dominan. Tapi sekarang karena Arief jadi arranger juga, gitarnya terasa lebih dominan,” kata Fandy.
Aibum “Kerispatih – Fase Tiga” berisi 10 track lagu dengan lagu berjudul “Terbaik Untukmu” dipilih sebagai single pembuka. 10 lagu tersebut diharapkan akan mengobati kerinduan fans Kerispatih yang selama ini sudah menanti karya – karya terbaru Fandy, Arif dan Anton. Penggemar Kerispatih pasti meleleh sekaligus menyisakan kesan manis lewat melodi dan lirik yang dinyanyikan Fandy di album ini.
CD Album “Kerispatih – Fase Tiga” sudah tersedia di 700 lebih gerai KFC di seluruh Indonesia.