Dibalut Nuansa R&B Yang Kental, “Mira Jasmine” Bertukar Nada Dengan “Monica Karina” Pada “Congratulations”.

Dibalut Nuansa R&B Yang Kental, “Mira Jasmine” Bertukar Nada Dengan “Monica Karina” Pada “Congratulations”.

iMusic – Jakarta, 17 April 2020 – Penyanyi muda asal Jakarta, Mira Jasmine, merilis single terbaru berjudul “Congratulations” di semua platform digital musik seperti Spotify, Apple Music, Joox, Deezer, dan lain-lain. Karya ini adalah debut single dari Mira Jasmine sebagai penyanyi solo setelah sebelumnya merilis karya bersama DJ / Producer Music, Kayman di lagu “Looking For” sebagai featuring. Pada single ini, Mira juga berkolaborasi dengan Monica Karina, sebagai salah satu penulis lagu dan juga sebagai primary artist.

Mira Jasmine sudah melirik dunia tarik suara sebagai salah satu wahana untuk mengekspresikan diri sedari dulu, yang pada akhirnya ia mulai tekuni sejak tahun 2016. Lagu “Congratulations” ini menjadi karya yang Mira Jasmine hasilkan dengan nuansa R&B kental atas dasar rasa nyaman dan cinta yang mendalam terhadap genre musik ini.

Monica Karina turut ikut menyumbangkan nada dan tulisan untuk mempercantik aransemen di lagu ini. Memulai karir musiknya pada tahun 2018, Monica Karina sudah menghasilkan beberapa buah karya kolaborasi dengan Dipha Barus serta single solo utama yang tak asing didengar lagi seperti “Money Honey”, “You Move Me” dan “Skin to Skin”. Pada lagu “Congratulations” Mira Jasmine membawa sound yang sinis dan terdengar judes namun di dibalut dengan musik yang begitu lembut.

“Garis besar lagu ini sebenarnya tentang fake friends. Seperti kita punya teman yang menggunakan kita sebagai jembatan untuk meraih hal-hal yang dia mau, tapi setelah mereka dapat yang mereka mau kita ditinggal gitu aja.” ujar Mira Jasmine. Berbalik arah dari sound yang disuguhkan Mira Jasmine, Monica Karina disini lebih membebaskan diri untuk meromantisasikan makna utama lagu ini. “Gue sengaja mengambil perspektif berbeda, yaitu dari sisi yang lebih romantis sebagai komplimen pada bagian lagu yang menurut gue lebih sentimental dan agak nostalgic.” ujar Monica Karina.

Bekerja sama dengan MBE yang bukan lain adalah Producer asal Jakarta dan juga salah satu talent dari Pon Your Tone Records, lagu ini kurang lebihnya memakan waktu selama 3 bulan lamanya dari proses produksi, pengambilan vokal hingga mixing dan mastering. Semasa proses pengambilan vokal di lagu ini, Monica Karina dengan inisiatifnya turut serta menambahkan suaranya. Diawali dengan Mira Jasmine dan Monica Karina saling menggali lirik dan nada hingga diakhiri Monica Karina mencoba untuk mengisi vokal di lagu ini.

Selama menjalani proses penggarapan lagu ini Mira Jasmine berinisiatif untuk mendaftarkan karyanya dalam program Tunes from Tomorrow Series 002 yang bukan lain adalah kolaborasi pertama antara Pon Your Tone Records dengan Frekuensi Antara yang diwadahi oleh Social Hub.

Social Hub sendiri merupakan rumah kolaborasi di beberapa kota yang mempunyai misi untuk menghubungkan berbagai macam kolektif agar bisa berjumpa serta berkarya bersama. Kini, Social Hub sudah berada di Denpasar, Bali dengan kolektif Tantra Bali dan di Jakarta dengan kolektif Pon Your Tone sebagai tuan rumahnya, dan akan hadir di Bandung pada tahun 2020.

Program Tunes from Tomorrow Series 002 yang Mira Jasmine ikuti ini memiliki rangkaian kegiatan seperti open submission untuk para musisi elektronik muda lintas genre untuk mendapatkan kesempatan mengikuti pelatihan oleh penggiat musik dari Pon Your Tone seperti Kayman (Music Production Workshop) , Mbe (Sound Design Workshop), dan Monica Karina (Flow & Lyric Workshop) Sesi special class dari Mattermos (Songwriting Class).

Selain Mira Jasmine, ada pula beberapa musisi muda seperti Andre & Decemberkid dan Letasya yang mengikuti kegiatan ini. Melalui rangkaian pelatihan dari Tomorrow Series 002 yang sudah diadakan, Mira Jasmine kini dapat menyelesaikan karyanya hingga siap untuk diluncurkan kepada publik. (FE)


Related Articles

Lutfi “Purpose” Jatuh Dari Atas Panggung

iMusic – Band asal Bandung dengan aliran Ska – Rock “Purpose” kembali menghibur penonton yang hadir dalam acara 90s Festival

Judika Rilis Dua Single Sekaligus Dari Album Terbarunya

Jakarta – Seorang musisi tidak akan pernah berhenti untuk selalu mengasah kreativitas. Malang melintang selama lebih dari dua dasawarsa di

YouTube Bersama Nagaswara Rilis Video Musik Bojoku #PawangKuota

iMusic – YouTube bekerjasama dengan label musik NAGASWARA meluncurkan video musik bertajuk Bojoku #PawangKuota melalui YouTube Go sebagai bentuk inovasi