iMusic – Dj Stroo Kembali merilis single
terbaru “Ain’t A Love Song” Bersama Ten2Five. Setelah merilis “Aku
Garuda (New Version)” feat. Roy Jeconiah (Exs Boomerang), Toto
Tewel (Elpamas) (10/11/2020) dan “This Feeling (Indonesian
Version)” feat. TASYA CRESTADA (16/01/2021),
Kali ini tidak hanya berkolaborasi dengan
vokalis, akan tetapi dengan sebuah band. Nama Ten2Five, yang saat ini berawak Imel
(vocal), Ardhy (gitar) dan Thomas (drum, perkusi) menjadi pilihan
kolaborasinya.
Sebuah single yang masih berkarakter EDM
(Electronic Dance Music), tapi dengan nuansa band yang juga menonjol. Lagu ini
sebenarnya sudah di ciptakan DJ Stroo pada pertengahan 2019 lalu. Akan tetapi
karena masih binggung memilih kolaborator, lagu ini tidak jadi di produksi, dan
akhinya DJ Stroo merilis single “People Power” (2019).
Saat ingin memproduksi single “Ain’t A Love Song”
tanpa di sengaja, Dj Stroo melihat sebuah tayangan penampilan band Ten2Five di
chanel YouTube. DJ Stroo langsung tertarik dan merasa cocok dengan vocal
Imel (vokalis band Ten2Five). Dj Stroo langsung menghubungi pihak managemen
band Ten2Five yang kebetulan memang sudah di kenalnya sejak lama.
Dari pembicaraan via telepon dan akhirnya bertemu
dengan seluruh personil band yang di kenal lewat lagu hits “I Will Fly”
ini, mereka bersepakat untuk berkolaborasi. Apalagi materi lagu “Ain’t A Love
Song” cukup di terima oleh seluruh personil Ten2Five. Kesepakatan berkolaborasi
bukan menjadi hal yang mudah pada kenyataanya. Karena, demo lagu yang sudah
dibuat awalnya memang di tulis Dj Stroo untuk vocal cowok.
Di sisi lain, Ten2Five (yang dalam waktu dekat
juga akan merilis single baru) lebih di kenal dengan lagu-lagu ballad
bernuansa akustik, dan mereka memang belum pernah berkolaborasi dengan Dj atau
genre EDM. Akhirnya Dj Stroo meramu ulang sample music, termasuk menyesuaikan
dengan notasi vocal Imel.
Di lagu ini, walaupun tampil dengan nuansa EDM,
DJ Stroo tidak merubah karakter band Ten2Five, selain menyesuaikan dengan
karakter lagu yang di garapnya. Bahkan memberi kebebasan bagi seluruh personil
band yang sudah aktif sejak tahun 2004 ini, untuk memberi masukan dan
berkontribusi. Imel memberi revisi pada lirik dan masukan pada caranya
menyanyikan lagu ini, termasuk usulan nuansa sound. Sedangkan personil lainnya,
juga memberikan isian instrument seperti presepsi mereka secara pribadi, dengan
sedikit arahan dari DJ Stroo.
Bahkan proses take vocal dan instrument, dilakukan
di studio pribadi Ten2Five tanpa melibatkan Dj Stroo secara langsung. Apalagi
di masa Pandemi ini, pertemuan keduanya memang terhitung minim, dan
lebih banyak berkomunikasi melalui aplikasi Whatsapp. Menurut Imel,
kolaborasi dengan Dj Stroo menjadi new experience bagi perjalanan
Ten2Five.
“Bagi saya pribadi, kolaborasi dengan DJ bukan
hal yang pertama kali. Tapi Bersama Ten2Five hal ini menjadi pengalaman baru.
Apalagi kami bisa terlibat secara total saat produksi. Baik memberi usulan
sound, atau di beri kebebasan saat proses recording. Hal yang menjadi sesuatu
yang baru pada perjalanan karir kami.” Ungkap Imel, yang juga memberi usulan
image atau oufit saat proses pemotretan cover.
Sedangkan munurut Ardhy (gitaris), memainkan
musik cross genre di single ini adalah hal yang baru. “Biasanya kita memainkan
lagu yang kuat dengan nuansa akustik, kini kita berkolaborasi dengan musik yang
justru bernuansa electronic. Hal ini seperti memberi energi baru, yang belum
pernah terbayangkan sebelumnya.”
“Ain’t A Love Song” berkisah tentang seseorang
yang mencitai orang terdekatnya, akan tetapi rasa cintanya tidak pernah di
tanggapi secara serius, walaupun sudah melakukan banyak hal untuk membuktikan
rasa cintanya tersebut. Lagu EDM yang juga menampilkan nuansa band (analog)
dengan retro vibes yang lebih kentara pada pilihan sound dan aransemen.
Yang justru menurut Dj Stroo, karakter aransemen tersebut bukanlah kesengajaan.
Page 2 of 2“Rencananya aku ingin menampilkan
karakter sound yang benar-benar kekinian, akan tetapi saat membuat sample lagu,
aku mengambil sound dan karakter aransemen seadanya, karena di kejar waktu. Awalnya
hanya untuk demo saja, akan tetapi justru karakter sound seadanya yang
cenderung retro ini malah di suka oleh seluruh personil Ten2Five.
Akhirnya aku lebih banyak lagi mengeksplorasi
sound retro, dan justru membuat lagu ini terdengar lebih unik.” Ungkap Dj Stroo
Nuansa retro tidak hanya pada sisi aransemen, karakter sound dan image cover,
akan tetapi juga pada video clip. Di sutradarai sendiri oleh Dj Stroo, video clip
“Ain’t A Love Song” menampilkan permainan tradisional berupa prahu
klotok yang menggunakan bahan bakar minyak kelapa.
Dj Stroo merasa mainan anak-anak yang di gemari
di era 80-an hinga awal 90-an ini seperti tersingkirkan oleh mainan layar
sentuh dari perangkat gawai, beberapa tahun terakhir. Di videoclip ini, Dj
Stroo berharap bisa mengingatkan bahwa anak-anak Indonesia pernah memiliki
permainan seru dan menarik, dengan atifitas outdoor sebelum terimbas teknologi
gawai.
Di bawah label pribadi Dj Stroo, AudioProjects, lagu ini sudah bisa di dengarkan di semua media music streaming. Lagu ini juga akan di rilis dengan beberapa versi, dan rencananya akan di masukkan di debut album Dj Stroo, yang akan di rilis pada tahun ini juga. “Ain’t A Love Song” di harapkan bisa di terima oleh masyarakat luas, tidak hanya di Indonesia, karena di distribusikan secara internasional. Lagu ini juga sudah mulai di promosikan pada pertengahan Maret 2021 ini. (FE)
imusic.id – Membuka tahun dengan produktif berkarya, ‘Voxxes’ kembali bergegas dalam mempersiapkan album perdananya di tengah tahun mendatang. Setelah merilis dua single sebelumnya, kini Voxxes kembali merilis single keempat bertajuk ”Spend the Night” sebagai single terakhir menuju album perdana ‘Zero Hour’ di tengah tahun mendatang.
Masih seperti karya-karya sebelumnya yang mengangkat dan berfokus dengan tema roman, namun dalam single keempatnya ini Voxxes mencoba untuk memotret sudut pandang yang berbeda dari sebuah roman dan momen perpisahan.
Single dari Voxxes berjudul ”Spend the Night” terinspirasi oleh lukisan Edward Hopper, ceritanya tentang mencoba untuk memotret momen perpisahan antara Ibu dan anak dari perspektif seorang Ibu. Ditulis oleh Qashmal Zhafari dan Rayhan Rizki (RR), ‘Spend the Night’ terasa sangat hangat dan personal yang didasari oleh pengalaman emosional keduanya selama masa perantauan.
“Lagu ini jadi personal karena kita sama-sama sekolah jauh. Setiap mau pamit berangkat ngerantau sama nyokap, rasanya selalu sedih banget. Di lagu ini, kita mau coba ambil perspektif dari seorang Ibu, apa yang dia rasain ketika harus merelakan anaknya untuk pergi jauh.” Jelas Zhafari, vokalis dari Voxxes
Proses kreatif dalam pembuatan single terakhir dari album ‘Zero Hour’ ini dilakukan dengan relatif singkat, namun diproduksi secara matang. Berbeda dengan single sebelumnya, Voxxes menawarkan nuansa kesedihan yang mendalam dalam ”Spend the Night” dengan iringan vokal serta melodi yang mendukung nyawa dari single ini. Selain itu, pemilihan kunci yang penuh dipengaruhi oleh jazz chord turut menuntun Voxxes dalam mengemas ‘Spend the Night’ secara keseluruhan dengan penuh perhatian.
“Setelah chord dan notasi lagu ini selesai, kita agak lama dalam penulisan lirik karena kita berharap eksekusi lagu dan lirik lagu bisa berjalan seimbang.” Tambah Zhafari.
Meski ”Spend the Night” memiliki nuansa yang berbeda dengan dua single sebelumnya, namun nyawa dari ketiganya memiliki rasa yang berkesinambungan. Selain menjadi menarik, ”Spend the Night” juga menjadi salah satu karya andalan dari para anggota Voxxes.
Selain menjadi salah satu single andalan, Rayhan Rizki yang mengambil peran sebagai personel dan juga produser dari lagu ini mengungkapkan bahwa ”Spend the Night” layak menjadi salah satu karya musik terbaik di Indonesia.
Sementara itu, Tanjung mengungkapkan bahwa single Voxxes kali ini menjadi lagu yang sangat emosional. ”Spend the Night” mungkin menjadi lagu termature yang pernah Voxxes buat, dan paling grounding personally untuk gua , susah buat ga emosional kalo dengerin lagu ini”. Ujar Tanjung yang mengambil peran sebagai keyboardist di dalam grup musik ini.
”Spend the Night” buat gua adalah lagu yang bumbunya sedikit berbeda sama biasanya, biasanya lagu-lagu cinta Voxxes itu based on personal experience atau lebih ke pasangan tapi ”Spend the Night” ini lagu dari Voxxes yang cintanya lebih mengarah ke orang tua, jadi mungkin bisa ngasih romansa yang beda buat pendengar.” Ucap Eky yang pada lagu ini memilih untuk tidak memasukkan track drum agar ”Spend the Night” semakin memiliki nuansa akustik yang kental.
Single keempat dari album ‘Zero Hour’, ‘Spend the Night’, sudah rilis dan dapat dinikmati di seluruh layanan digital streaming platform. Besar harapan dengan dirilisnya ”Spend the Night”, sebagai single terakhir menuju album perdana Voxxes. Voxxes adalah band indie yang saat ini digawangi oleh Qashmal Zhafari (vokal), Rayhan Rizki (kibor & suara latar), Resky Pratama (drum), Faris Rozaan (bas), dan Abbyan Faizy (gitar).
imusic.id – Jika mendengar nama Tompi saat mengingat lagu Ramadhan, mungkin yang teringat adalah salah satu lagu ikonik berjudul ‘Ramadhan Datang’ yang telah dirilissekitar 13 tahun lalu.
Kini, Tompi kembali bersyiar dengan merilis remake lagu legendaris milik Bimbo berjudul ‘Ada Anak Bertanya Pada Bapaknya’.
“Lagu ini saya pilih karena pesan yang disampaikan masih terasa benar dan tetap relate dengan jaman sekarang. Selain itu, pertanyaan yang ada di lagu ini adalah pertanyaan yang memang sering ditanyakan oleh anak-anak saya pada saat kita sedang membicarakan tentang agama dan ngaji di rumah,” jelas Tompi saat ditanya alasan merilis ulang single Bimbo ini.
“Saya juga merasa bahwa lagu ini merupakan sebuah lagu yang bagus untuk menjadi pengingat bagi kita semua, baik generasi muda ataupun orangtua,” lanjutnya.
Dipilihnya lagu ini sebenarnya tidak tanpa sebab karena Tompi sendiri mengaku kalau dirinya sangat mengagumi sosok Bimbo. Oleh karena itu, saat membawakan lagu ini di salah satu akun Youtube secara live, Tompi tergerak untuk merilisnya secara resmi sebagai sebuah single.
Dengan waktu pembuatan yang cukup singkat, single ini mendapat banyak sekali support teman-teman Tompi, diantaranya: Adra Karim yang selain sebagai arranger, juga mendampingi Tompi sebagai Producer, musisi dan proses rekaman yang sepenuhnya dilakukan di Sumber Ria Suite milik Bapak Andre.
“Menurut saya, menggunakan musik sebagai syiar adalah salah satu hal yang layak untuk dikembangkan,” jelas Tompi.
“Itulah kenapa di lagu ini, saya berusaha untukmencari pendekatan yang berbeda supaya pendengar bisa merasakan atmosfer dan rasa yang terasa kekinian, namun tidak kehilangan esensi dari lagu ini”.
Walau tidak melibatkan Bimbo dan keluarga untuk proses pembuatannya, Tompi sangat bersyukur mendapatkan dukungan penuh dari Bimbo untuk diberikan ruang berkreasi dan terlebih diberikan ijin untuk memberikan representasi yang berbeda untuk single ‘Ada Anak Bertanya Pada Bapaknya’ ini.
“Insyaallah, di Ramadhan kali ini kita bisa menjadi manusia yang lebih baik dan terlebih lagi menjadi manusia yang bertaqwa,” harap Tompi dengan dirilisnya single ini.
‘Ada Anak Bertanya Pada Bapaknya’ versi Tompi sudah tersedia di seluruh toko streaming digital seluruh Indonesia.
iMusic – Bangkutaman secara resmi melepas single “Lala (Lala)”. Ini adalah single keempat sekaligus single pertama yang terambil dari album ketiga yang akan resmi dirilis April 2023 di bawah label Demajors Records.
“Lala (Lala)” terambil dari track nomor 7 dari album Dinamika ini berbicara tentang sebuah ketidakpastian yang kerap menghantui setiap batin manusia. Memaknai ketidakpastian bisa dari pelbagai sudut pandang, dari kritik sosial sampai yang bersifat religius sekalipun.
“Ketidakpastian adalah hal harfiah, ia menjadi sifat dan identitas yang sangat bisa dirasakan setiap manusia. Ketidakpastian kerap ada dalam berbagai tingkatan, dari sederhana seperti memprediksi cuaca, atau tingkatan yang berat seperti akan dibawa kemana dunia ini pada akhirnya,” ungkap Wahyu Acum.
Musiknya sendiri direkam di Doors Studio pada Mei 2019 silam dan disempurnakan di Palm House Studio pada Desember 2019.
Konsep musiknya sendiri terinspirasi dari dari komposisi Naif era awal dan Koes Plus era awal 70-an dibalut dengan bumbu-bumbu psikedelia dari hembusan angin serta permainan slide gitar Pandji Dharma yang mengawang, produser bangkutaman di album ini.
Sebagai pendukung promosi, sebuah video musik dibuat secara apik. Menampilkan pemandangan musim gugur di Jepang, video ini direkam oleh tour manager Satria Ramadhan saat Bangkutaman tengah melakukan lawatan tur nya ke Jepang beberapa waktu lalu.
“Ada waktu kosong di tengah-tengah jadwal tur, saya dan Acum berinisiatif untuk membuat video klip dengan vibe musim gugur dikombinasikan dengan aktivitas bersepeda,” ungkap Satria Ramadhan.
Video ini kemudian dijahit dan ditambahkan efek di sana sini untuk mempercantik suasana yang dan gagasan yang ingin ditampilkan.
“Lala (Lala)” adalah single terakhir sebelum akhirnya bangkutaman merilis album Dinamika versi re-packaged lewat label Demajors. Album Dinamika Repackaged berisi 8 rekaman terbaru dari Bangkutaman ditambah 3 track single yang menjadi bagian dari bonus track.
Album Dinamika sendiri tercipta setelah menghabiskan jeda cukup lama sejak Ode Buat Kota di 2010, meskipun dalam perjalanannya di 2016 mereka sempat merilis mini album bertajuk Rileks.
Dinamika juga mencatat album Bangkutaman pertama yang dibuat pasca keluarnya dua personil awal band ini, yaitu Irwin Ardy, gitaris awal mereka dan sang drummer Dedyk Eryanto pasca Ode Buat Kota.
Format compact disk album Dinamika Repackaged ini akan diproduksi dan diedarkan oleh demajors records lewat seluruh jaringan mereka yang tersebar di hampir seluruh kota-kota di tanah air. Selain itu, album ini juga tersedia dalam format digital di layanan streaming musik digital bersama dengan 3 single bonus track yang menjadi satu dengan albumnya. (FE)