Dream Theater Gagal Konser Di Candi Prambanan

Dream Theater Gagal Konser Di Candi Prambanan

JogjaROCKarta adalah konser rock fenomenal yang paling banyak dibicarakan ahir-ahir ini, dan juga konser ini menjadi acara musik yang paling ditunggu oleh pecinta rock tanah air. Acara ini menampilkan band legendaris Dream Theater sang pelopor musik modern rock progresive. Konser yang seharusnya diadakan di pelataran candi Prambanan ini sangat disayangkan gagal di gelar di tempat tersebut, hal itu dikarenakan oleh adanya kemungkinan kerusakan akibat tingat kebisingan suara yang melebihi ambang batas yang sudah ditentukan oleh Keputusan Menteri Lingkungan Hidup, yaitu sebesar 60db untuk wilayah cagar budaya.

Berita ini sangat disayangkan oleh beberapa pihak, karena secara tidak langsung JogjaROCKarta bisa mengangkat promosi wisata warisan dunia Prambanan ke dunia luar. “Sayang sekali ya harus dipindah, padahal event JogjaROCKarta International Rock Music Festival 2017 ini bisa mengangkat promosi prambanan yang sangat eksotis ke seluruh dunia secara gratis. Di Indonesia juga masih belum ada regulasi yang mengatur cagar budaya untuk pemanfaatan umum sih, padahal konser ini juga untuk masyarakat umum” ujar Bayu Randu dari manajemen band Roxx, yang juga menjadi band pengisi konser ini.

Acara ini juga mendapat surat protes dari Ketua Ikatan Ahli Arkeologi Indonesia (IAAI), W Djuwita S Ramelan kepada Pemerintah dan PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Bako, agar rencana penggunaan pelataran Candi Prambanan untuk lokasi JogjaROCKarta dibatalkan. Dasar pertimbangannya, kompleks Candi Prambanan telah ditetapkan oleh UNESCO sebagai salah satu warisan budaya dunia melalui World Heritage Commite 15 th Session of the Commite (CONF 002). Upaya perlindungan ini dikeluarkan pada 12 Desember 1991 melalui keputusan nomor Sc-91 CONF 002/15.

Menyimak Instagram dari JogjaROCKarta, sebenarya venue sudah mulai dipasang di pelataran candi Prambanan, namun dengan adanya keputusan tersebut maka konser ini di pindah di stadion Kridosono dengan waktu dan tanggal yang sama. Konser ini juga menampilkan band band papan atas tanah air seperti God Bless, Roxx, Power Metal, Pas Band, Burgerkill dan lain lain.

[randusumaryo]


Tags assigned to this article:
jogjarockarta

Related Articles

10 Band / Musisi Berikutnya Yang Harus Difilmkan Juga Kisah Hidupnya

iMusic – Melihat fakta bahwa kisah hidup glamor nan tragis dari vokalis sekaligus pentolan grup Rock legendaris asal Inggris, Queen, (alm)

“Plain Pain” Kembali Dengan Single Terbaru “Second Sun”.

iMusic – Setelah “tidur” yang cukup lama, “Plain Pain” akhirnya kembali dengan tembang kesedihan Di Single Terbaru “Second Sun”. Dengan

Jangan Lewatkan Konser Europe Di Boyolali

iMusic – Konser dari band legendaris asal Swedia, Europe sudah didepan mata. Europe akan tampil diatas sebuah panggung nan megah