Connect with us

iLive

Indonesia kaya Kembali Menghadirkan Program Kreatif Terbaru.

Published

on

iMusic – Sukses menyajikan berbagai program online yang dapat disaksikan di rumah, www.indonesiakaya.com kembali menghadirkan program kreatif terbaru yang ditujukan kepada para seniman muda Indonesia. Bekerja sama dengan sutradara kenamaan Indonesia, Garin Nugroho dan kelompok Teater Musikal Nusantara (TEMAN), www.indonesiakaya.com menggelar audisi online Mencari Siti di penghujung tahun ini.

Mencari Siti ini merupakan rangkaian program online yang bertujuan menyaring para seniman muda berbakat Indonesia. Peserta yang memiliki kemampuan vokal, tari dan akting yang telah mengikuti serangkaian program ini akan berkesempatan untuk menjadi bagian dari drama musikal terbaru yang disutradarai oleh Garin Nugroho. Karya yang diadaptasi dari kisah Siti Nurbaya karya sastrawan Indonesia, Marah Roesli ini rencananya akan diproduksi tahun 2021 mendatang. Berbeda dengan produksi lainnya, Mencari Siti ini seluruhnya akan diisi oleh pekerja seni yang mengikuti rangkaian program online dan berhasil lulus casting.

“Sejak 2015, kami membuat suatu gagasan program pelatihan yang membahas dan untuk mengembangkan seni pertunjukan bersama Garin Nugroho dengan program Ruang Kreatif Seni Pertunjukan Indonesia dan di tahun lalu www.indonesiakaya.com juga menggelar program Indonesia Menuju Broadway yang merupakan sebuah program beasiswa pelatihan bagi seniman muda untuk mendapatkan ilmu panggung dengan standar broadway di Indonesia. Kini, kami mencari bakat-bakat baru generasi muda Indonesia dalam program Mencari Siti yang merupakan rangkaian program online untuk mencari talenta baru yang akan terlibat dalam serial drama musikal yang akan ditayangkan secara virtual. Program online ini memungkinkan setiap orang memiliki kesempatan yang sama dimanapun ia berada untuk turut mewarnai dunia seni pertunjukan Indonesia,” ujar Renitasari Adrian, Program Director www.indonesiakaya.com.

Serial musikal online Mencari Siti ini akan dibuat dalam kemasan baru dengan adaptasi dari segi cerita dan penggunaan teknologi secara online untuk kemasan cerita yang dapat dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Dengan arahan Garin Nugroho, elemen dari seni teater, seni tari, seni suara dan teknologi film menjadi satu untuk menciptakan karya baru bagi dunia kreatif Indonesia.

Untuk program awal, www.indonesiakaya.com telah menggelar workshop Mencari Penulis yang mendapat atensi yang tinggi dari masyarakat. Dari 400 orang yang mendaftar berhasil dipilih 70 peserta dari berbagai daerah di Indonesia yang telah mengikuti masterclass online dengan Garin Nugroho dan Nia Dinata pada 25 November 2020 yang lalu. Para peserta terpilih ini diberi tugas sebagai tahap audisi untuk dapat terlibat sebagai tim penulis di serial drama musikal ini.

Program pencarian para pemain serial musikal online ini akan dibuka mulai 8 hingga 31 Desember 2020. Audisi online ini bisa diikuti pria maupun wanita umur 18 – 35 tahun, memiliki kemampuan akting, vokal, dan menari. Calon peserta wajib mengisi formulir pendaftaran melalui www.indonesiakaya.com dan seluruh kegiatan ini tidak dipungut biaya (gratis).

Selain itu, peserta juga harus merekam 2 lagu audisi, yaitu lagu wajib dan lagu karakter sesuai peran yang diinginkan. Pemilihan lagu karakter ini terdiri dari 3 karakter utama, yaitu Siti Nurbaya, Datuk Meringgih, dan Samsul Bahri. Peserta juga harus menunjukkan akting, vokal, dan koreografi secara keseluruhan sesuai video materi audisi yang tersedia di instagram @indonesia_kaya dan mengunggah kedua video audisi dalam satu postingan secara multiple di akun instagram dengan tag @indonesia_kaya dan mencantumkan #MencariSiti.

“Industri dunia pertunjukan teater musikal seperti broadway semakin menarik banyak perhatian dari masyarakat Indonesia. Dilihat dari perkembangannya, kita sebenarnya sudah lama dan dekat dengan seni tari dan seni musik yang telah muncul dan berkembang sejak zaman dahulu. Hal ini banyak ditemukan dalam pertunjukan rakyat di berbagai daerah. Indonesia juga memiliki banyak karya luar biasa dari para sastrawan dan ini menginspirasi saya untuk mengangkat karya sastra ini dengan melibatkan tim penulis yang didapat dari open casting dan memperkayanya secara musikal. Ada banyak generasi muda kita yang berbakat dalam akting, tari, dan vokal dan melalui program ini, kami membuka kesempatan kepada generasi muda untuk terus berkarya dan bisa tetap berkreasi secara positif meski berada di tengah pandemi,” ujar Garin Nugroho.

Sebelumnya, www.indonesiakaya.com sukses menyuguhkan program #MusikalDiRumahAja yang mengangkat 6 cerita rakyat Indonesia dan melibatkan 6 sutradara teater, 6 sutradara film, 6 sinematografer, 7 penata musik, serta 44 aktor, aktris dan penari Indonesia yang akan menampilkan karya dengan tampilan yang berbeda. Cerita rakyat yang ditampilkan dan mengadaptasi ciri khas dari masing-masing pihak yang turut serta sehingga menghasilkan satu cerita dengan tampilan yang berbeda dari cerita lainnya ini mendapat apresiasi yang sangat tinggi dari masyarakat dan telah disaksikan lebih dari 1,5 juta penayangan.

www.indonesiakaya.com juga senantiasa menghadirkan berbagai kegiatan menarik bagi para penikmat seni yang sedang di rumah, selama masa pandemi COVID-19. Mulai dari menari lewat Ruang Kreatif #MenariDiRumahAja, menulis prosa lewat Ruang Kreatif #ProsaDiRumahAja, menulis puisi lewat #PuisiDiRumahAja, menulis ide kreatif lewat Workshop Online Ruang Kreatif dan juga menyaksikan rekaman pertunjukan teater di rumah secara streaming lewat #NontonTeaterDiRumahAja.

“Program Mencari Siti ini merupakan bentuk komitmen kami untuk mendukung seni pertunjukan Indonesia dan mencari seniman muda demi keberlangsungan proses regenerasi dalam seni pertunjukan Indonesia. Semoga program ini dapat diterima dengan baik oleh masyarakat Indonesia,” tutup Renitasari. (FE)

iLive

Swag Event edisi 76 menampilkan “Ten 2 Five, T-Five dan Asila Maisa”

Published

on

iMusic.id – Dua grup musik besar Tanah Air, yakni Ten 2 Five dan T-Five tampil di program musik mingguan Swag Event edisi 76 pada Selasa malam, 11 Juni 2024 kemarin. Sebagai pembuka, tampil pula solois muda berbakat Asila Maisa.

Ketiganya hadir di acara yang diampu dua MC Eno Suratno Wongsodimedjo dan Ncek Gaul demi memperkenalkan karya teranyar mereka di industri musik. Program ini, digelar di kompleks kuliner Kala di Kalijaga, Jakarta Selatan.

Asila Maisa – Photo Credit: I Wayan Bagiartana

Asila Maisa hadir dengan membawa karya teranyarnya berjudul “Menanti Waktu“. Lagu karya Rizky Billar ini sudah dirilis ke pasaran dalam format digital pada awal Mei 2024 lalu.

Selain membawakan tembang terbaru, penyanyi yang tak lain adalah putri dari pesohor Ramzi itu juga membawakan tembang-tembang lain miliknya termasuk “Angkat Tangan“.

T-Five – Photo Credit: I Wayan Bagiartana

Usai Asila turun pentas, giliran T-Five menyapa para Swagies yang sudah menanti kehadiran unit asal Bandung tersebut di muka panggung. Yerry, Gordon, Aldo, dan kawan-kawan membuka penampilan mereka dengan membawakan single berjudul “Jangan Pernah“.

Tak ingin menurunkan tensi, mereka langsung menggebrak panggung dengan membawakan tembang populer “MiRC (Malam Ini Ramli Chating) yang disambut koor massal dari bangku penonton.

Ten 2 Five – Photo Credit: I Wayan Bagiartana

T-Five kemudian menutup aksi mereka dengan membawakan tembang “You” milik Ten 2 Five yang didaur ulang dan menjadi single terbaru, dengan mengundang Imel untuk turut bernyanyi ke atas panggung.

Keriaan Swag Event terus berlanjut saat Imel mengajak serta personel Ten 2 Five yang lain ke atas pentas dan menggeber deretan lagu milik mereka termasuk “I Do”, “I Will Fly”, “You” dan nomor ” Kau” milik T-Five yang dibawakan dalam versi Ten 2 Five.

Kolaborasi antara Ten 2 Five dan T-Five dalam format split single “You” dan “Kau” diagendakan dirilis dalam format digital dalam waktu dekat. Sementara video klip tembang “You” versi T-Five sudah bisa disaksikan di saluran berbagi video YouTube.

Swag Event – Photo Credit: I Wayan Bagiartana

Perhelatan rutin Swag Event diinisiasi secara independen oleh Dhiche Stage sebagai etalase bagi musisi lintas genre dan generasi yang ingin menampilkan karyanya ke muka khalayak.

Program yang diselenggarakan secara rutin setiap Selasa malam tiap pekannya, mendapat dukungan penuh dari sejumlah pihak, antara lain media partner yang terdiri dari Reallist Media, Boleh Music, Screentime ID, Info Pesta, Seputar Musik Indonesia, Mave Magazine, Lesehan Musik, dan Soundtainment.

Selain itu, ada pula Lewat Lensa Com, Cadaazz Com, Dapur Letter, Soundcorners, I Music ID, Musik Anak Negeri, Berisik Radio, Djakarta Connection, Rockstar Magazine, Mautau ID, Stoodio ID, Musik Distric, Jakarta Network, Indie Hits Com, Urbannews Co, serta SOS Konser.

Tak hanya itu, Swag Event juga didukung oleh Komunitas Labelers, Road Manager Indonesia, Imarindo, Jaringan Jurnalis Musik, Jurnalis Kanal Musik dan Kala di Kalijaga. [] (ESWP)

Continue Reading

iLive

Sal Priadi menghipnotis penonton timnas di GBK

Published

on

By

iMusic.id – Untuk pertama kalinya, pertandingan sepakbola yang melibatkan tim nasional Indonesia memiliki Half Time dan Full Time Show. Pendekatan sportainment yang dipraktikkan pertama kali di pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2026 melawan Irak ini, jadi sebuah kemasan yang segar. Sal Priadi jadi bagian dari cerita itu.

Ia ditunjuk untuk tampil di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) membawakan beberapa lagu di hadapan puluhan ribu penonton saat laga kandang timnas pada Kamis, (6/6/2024).

Ia tampil dua kali, saat jeda laga dan di penghujung pertandingan. Di paruh penampilan pertama, Sal Priadi menyanyikan Indonesia Pusaka. Sementara di ujung hari, ia menyanyikan Tanah Air dan single Dari planet lain.

Sal yang mengenakan setelan monokrom atasan putih dan celana hitam dari jenama Kraton karya desainer Auguste Soesastro, yang dipadukan oleh Hagai Pakan sebagai penata busananya, pada malam itu juga mampu menghipnotis para suporter Timnas. Dari tribun, para suporter pun ikut bernyanyi bersama Sal.

“Deg-degan tentu saja, menyanyi di hadapan puluhan ribu orang. Ini adalah kesempatan yang langka dan suatu pencapaian terbaru bagi saya. Ini juga crowd terbesar yang pernah saya hadapi,” kata Sal Priadi tentang penampilan terbarunya di SUGBK.

Pertandingan melawan Irak menjadi salah satu babak penting kiprah Timnas Indonesia yang sedang mencoba mengukir pencapaian baru di lapangan hijau.

“Prosesnya menarik sekali. Ada di tengah-tengah penonton yang datang berbondong-bondong mendukung timnas itu pengalaman yang unik. Biasanya kan ikut nonton, ini harus siap-siap main bersama tim di belakang pertandingan. Sambil siap-siap sambil mantau pertandingan di layar ponsel,” ceritanya lagi.

Tiga lagu yang dinyanyikan jadi episode penting untuk karir Sal Priadi. Terlebih, di luar dua lagu nasional yang sudah mendarah daging, ia juga berkesempatan menyanyikan Dari planet lain, salah satu single dari album “Markers And Such PensENS Flashdisks”.

Saat ini, Sal Priadi sedang mempersiapkan tur keliling ke beberapa kota untuk memperdengarkan langsung secara utuh materi-materi dari album tersebut. Informasi tentang tur akan dirilis via www.salpriadi.com dalam waktu dekat.

Continue Reading

iLive

Sekitar 5.000 Westlifers puas dengan penampilan Westlife di Jogjakarta

Published

on

iMusic.id – Selain sukses menyelenggarakan konser grup legendaris Westlife, Otello Asia kembali mengukir kenangan indah di hati penggemarnya melalui konser spektakuler “Westlife The Hits Tour 2024” yang diselenggarakan di Candi Prambanan, Yogyakarta. Konser ini berhasil menyita perhatian sekitar 5.000 penonton dengan setlist dan konsep konser terbaru yang menampilkan 19 lagu terbaik mereka.

Westlife tampil impresif dengan Performa Luar Biasa plus membius penonton dengan kolaborasi Istimewanya Bersama Christian Bautista.Mulai dari “World of Our Own” hingga “My Love“, setiap lagu yang dibawakan Westlife berhasil mengundang nostalgia sekaligus kebahagiaan bagi 5.000 Westlifers yang telah hadir di Candi Prambanan jumat malam [07/06/24]. Tidak hanya itu, kehadiran Christian Bautista sebagai special guest juga menambah kemeriahan malam tersebut dengan suara emasnya.

Berikut adalah SetlistWestlife The Hits Tour 2024 di Candi Prambanan:

  1. World of our Own
  2. I Lay My Love on You
  3. Nothing’s Gonna Change My Love For You
  4. Flying without wings
  5. Starlight
  6. Bop Bop Baby
  7. Fool Again
  8. If I Let You Go
  9. Hello My Love
  10. Swear It Again
  11. Evergreen
  12. Seasons in The Sun
  13. Beautiful In White
  14. Looking Like That
  15. We Will Rock You // We Are The Champions
  16. Better Man
  17. Uptown Girl
  18. You Raise Me Up
  19. My Love

Otello Asia sebagai promotor mengaku sangat puas akan keseruan konser tersebut sambil tidak lupa mengucapkan terima kasih dan maaf atas segala kekurangannya,

“Kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua yang terlibat dan hadir dalam acara ini. Kami juga memohon maaf jika terdapat kekurangan selama acara berlangsung. Kepuasan anda adalah kebahagiaan kami dan kami berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas acara di masa depan.

“Kami berharap dapat menyambut Anda kembali dalam acara-acara mendatang dengan pengalaman yang semakin memuaskan”, ujar Sysan Ibrahim – CEO Otello Asia.

“Saya merasa sangat bersyukur dan bahagia melihat antusiasme yang luar biasa dari para penggemar Westlife di konser malam kemarin di Candi Prambanan. Keberhasilan acara ini bukan hanya cerminan dari kerja keras tim kami, tetapi juga dukungan penuh dari semua pihak yang terlibat. Ini adalah bukti nyata bahwa musik adalah bahasa universal yang mampu menyatukan kita semua. Terima kasih kepada semua yang telah membantu mewujudkan malam yang tak terlupakan ini.”tutup Sysan Ibrahim

Continue Reading