Konferensi Musik Indonesia, Menuju Ekosistem Indonesia Yang Lebih Baik

Konferensi Musik Indonesia, Menuju Ekosistem Indonesia Yang Lebih Baik

iMusic – Konferensi Musik Indonesia (KAMI) akan diadakan selama 3  (tiga) hari mulai tanggal 7 dan 8 hingga puncaknya di tanggal 9 Maret 2018 di tutup dengan festival musik, yang juga dirayakan sebagai Hari Musik Nasional, dan juga sekaligus peluncuran dan peresmian Radio Anak Indonesia.

“KAMI dimulai saat beberapa perwakilan dari teman-teman ekosistem musik Indonesia. Kami juga bertemu dengan promotor, etnomusikolog, pencipta lagu, ibaratnya musisi dari God Bless sampai Young Lex hadir. Pertemuan itu terjadi pertama kali terjadi tahun lalu saat dengar pendapat di parlemen,” ungkap Glenn dalam temu media di Gedung Utama TVRI di kawasan Senayan, Jakarta, Rabu 14 Februari 2018.

KAMI mengusung tema “Raya Nada Untuk Indonesia” dengan tagline Inspirasi (musik menjadi inspirasi), Kolaborasi (musik dalam kolaborasi), Inovasi (musik terhadap perdamaian dan lingkungan hidup).

“Kita seharusnya punya platform, kita harus punya road map buat ekosistem musik Indonesia. Karena konferensi ini berbicara untuk generasi masa depan”Timpal Glenn Fredly selaku Ketua Komite Konferensi Musik Indonesia (KAMI).

“Musik adalah lambang perdamaian. Harusnya Ambon menjadi kota musik, tetapi memang butuh proses, karena sebuah kota musik yang di akui UNESCO harus punya museum musik, sekolah musik, gedung konser, dan BEKRAF akan selalu perjuangkan” Kata Triawan Munaf, Kepala Badan Ekonomi Kreatif Indonesia (BEKRAF).

“Sebanyak 100 kibordis dan 100 vokalis sudah konfirmasi hadir di acara konferensi. Kita full akan mensupport, inilah komitmen TVRI bahwa kami bisa menjadi rumah bagi semua musisi” Ujar Helmi Yahya, Direktur Utama TVRI.

“100 vokalis tersebut akan membuka festival dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya tiga stanza. Dan kami juga sedang merekam lagu Nusantara karya Tony Koeswoyo, jadi kita menyebut project ini sebagai Nusantara Raising, jadi lagu Nusantara ini kita jadikan anthem menuju Konferensi ini”imbuh Glenn.

Adapun pelaku-pelaku yang dilibatkan dalam konferensi ini ada tiga golongan. Mereka adalah pelaku musik, pemerhati musik, dan pengambil keputusan dalam hal ini adalah pemerintah dan pengusaha.

“Totalnya akan ada 350 delegasi. Mereka lintas bidang seperti promotor, pelaku, penyanyi, pemusik, produser, label, pembuat festival, dan sebagainya. Karena ini konferensi musik pertama, sifatnya lebih undangan. Nanti yang kedua baru dibuka buat umum,” pungkas Glenn.

(dyk)


Related Articles

Drummer Rolling Stones “Charlie Watts” tutup usia.

iMusic – Drummer veteran Charlie Watts telah meninggal pada usia 80. Bergabung dengan The Rolling Stones pada tahun 1963, Watts

“Rio Gebze”, Penerus Gelar The King of Broken Heart.

iMusic – Solois pendatang baru, Rio Gebze merilis  single hits ”Jangan Kembali” yang potensial mengangkat pamornya sebagai penerus ‘the King

Bertepatan Dengan Hari Jadi, “LIEBE” Rilis Single Ketiga Berjudul “Tersenyum”.

iMusic – Setelah berhasil merilis dua buah single pada tahun 2019 kemarin, tahun ini Liebe meluncurkan single terbaru yang akan