THE RISE OF JAVA : Pergelaran Sejarah Peradaban Musik dan Busana di Jawa

THE RISE OF JAVA : Pergelaran Sejarah Peradaban Musik dan Busana di Jawa

ilive – Kebesaran suatu bangsa dapat dinilai dari peradaban budaya yang dimilikinya. Sebagai suatu bangsa yang beradab, Indonesia memiliki peninggalan budaya yang kaya nan indah. Musik dan busana sebagai peninggalan budaya dari perjalanan panjang peradaban bangsa ini adalah suatu bukti bahwa masyarakat di Nusantara memiliki cita rasa seni yang begitu tinggi. Musik dan ragam busana Indonesia yang sekarang kita miliki mengalami perjalanan yang panjang hingga menemukan bentuknya seperti di era modern ini.  Tentunya perkembangannya tidak akan berhenti sampai di sini. Namun untuk melihat dan berkembang lanjut ke depan kita perlu berhenti sejenak untuk melihat perjalanan jauh yang telah dialami untuk menghargai dan mengapresiasi apa yang telah tercapai.

THE RISE OF JAVA merupakan sebuah program acara yang menyajikan perjalanan sejarah kekayaan tanah Jawa yang disampaikan melalui musik dan fashion dan di kemas menjadi sebuah kesatuan yang menarik dan istimewa serta beda dengan pertunjukan yang pernah ada.  Acara ini diharapkan dapat menjadi sebuah wisata sejarah dalam bentuk lain, yaitu sebuah sajian music and fashion performance yang sarat akan makna historis juga memperkuat identitas budaya Jawa di era globalisasi ini.

Acara ini akan menampilkan berbagai rancangan busana yang disiapkan oleh perancang busana nasional ternama:  – Afif Syakur (Yogyakarta) – Didiet Maulana (Jakarta) – Lenny Agustin (Jakarta) – dan Phillip Iswardono (Yogyakarta)  Sebanyak 48 (empat puluh delapan) model yang berasal dari Jakarta, Yogyakarta, Solo, Semarang dan Surabaya akan memperagakan rancangan dari ke-empat designer ternama tersebut, diiringi rangkaian cerita perjalanan peradaban Nusantara khususnya di Jawa dengan tarian dan komposisi musik tradisional serta kontemporer oleh Dwiki Dharmawan sebagai Music Director bersama Dwiki Dharmawan World Peace Ochestra yang akan mengiringi penampilan istimewa para penyanyi seperti Andien, Rafly Kande, Sruti Respati, dan Wizzy.

Pagelaran ini akan dibuka dengan penampilan Sendratari Ramayana. Dilanjutkan dengan sebuah pertunjukan bertajuk THE RISE OF JAVA, yang terbagi ke dalam 4 babak yang masing-masing melambangkan perkembangan peradaban di Nusantara. Pada setiap babak akan menampilkan rancangan busana dan musik yang mewakili masing-masing era perkembangan peradaban tersebut.

Pertunjukan THE RISE OF JAVA akan diawali dengan penampilan yang bercerita tentang sejarah kain lurik yang secara tradisional menjadi pakaian khas warga pedesaan di kalangan suku bangsa Jawa. Dilanjutkan dengan babak yang menceritakan fase kehidupan manusia yang dilambangkan melalui motif Batik Jawa. Pada babak berikutnya, akan menampilkan evolusi dari jaman kebaya dan motif batik yang dikenakan oleh Peranakan Belanda dan Cina pada masa penjajahan. Pertunjukan akan ditutup dengan menampilkan koleksi busana tradisional kebaya yang terinspirasi dari kemegahan dan kekayaan alam dan budaya Indonesia. Seluruh rangkaian pertunjukan tersebut akan lebih terasa hikmatnya melalui suasana Candi Prambanan dan bertepatan dengan Bulan Purnamanya yang sempurna.

Pergelaran Sejarah Peradaban Musik dan Busana di Jawa ini akan dilaksanakan pada hari Minggu, 5 November 2017 di Theater Panggung Terbuka Sendratari Ramayana, Candi Prambanan, pukul 19.00 – 21.30  Tiket untuk pergelaran THE RISE OF JAVA dapat diperoleh ONLINE melalui theriseofjava.mahanalive.com  dan rajakarcis.com dengan rincian harga: Platinum: Rp 750.000, Gold: Rp 500.000, Silver: Rp 400.000 dan Bronze: Rp 250.000. (harga sudah termasuk pajak).

Acara ini pun digelar untuk mendukung program pengembangan desa sekitar lokasi Pariwisata, dalam hal ini di Candi Prambanan yang dilaksanakan melalui Program Desa Mandiri Lestari. Program ini bertujuan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat dengan mengembangkan potensi desa yang ada. Mengenai penyelenggara (Gatra Media Group dan Mediatama):  Gatra Media Group terlibat dalam beberapa Pergelaran Musik/Konser melalui Interact. (@randusumaryo)


Related Articles

5UPERGROUP Live In Concert Tampilkan 5 band Nasional Pilihan Netizen

iLive – XI CREATIVE The Promotor, sebuah forum kerjasama nirlaba alumni (angkatan tahun 1980, 1981 & 1982) SMA XI Bulungan

Kenalkan Ke anak Milenial, BETIGA Gelar Konser “Erros Chrisye Yockie : Tembang Persada Sang Tritunggal”

iMusic – Industri musik Indonesia tampaknya telah mencatat beberapa nama musisi yang telah menjadi ikon serta legenda musik lokal, sebut

Angkat Proses Pengadilan Tokyo, “The Tokyo Trial” Tayang di Genflix.

iMusic – Setelah berakhirnya Perang Dunia Kedua, Pengadilan Tokyo adalah negara yang paling banyak berpartisipasi dan pengadilan terlama dalam sejarah