Setelah Luncurkan 3 Single Berkonsep Trilogy, “Assalova Schissandra” Merilis Album Pertamanya Berjudul “Romansa”.

Setelah Luncurkan 3 Single Berkonsep Trilogy, “Assalova Schissandra” Merilis Album Pertamanya Berjudul “Romansa”.

iMusic – Assalova Schissandra adalah seorang penyanyi, composer, dan arranger muda bertalenta asal Purwokerto, Jawa Tengah, yang kini tengah merilis album pertamanya berjudul “Romansa” pada 9 Maret 2021. Album tersebut berisikan 9 lagu; Jalan Cerita, Fajar, Langit dan Senja, Romansa, Hiduplah Bersamaku, Harapanku, Hello Stranger, Grow, dan Terima Kasih.

Di tahun 2020, Assalova berhasil merilis 3 single berkonsep trilogy, yaitu “Langit dan Senja”, Jalan Cerita”, dan “Fajar” yang saling berhubungan satu sama lain. Trilogy ini menjadi pembuka dari album perdananya, yang diberi tajuk “Romansa”.

“Selama proses pembuatan album, banyak sekali hal yang aku pelajari, terutama dalam hal komposisi, aransemen, produksi lagu di balik layar, kemudian aku juga menjadi solo artist itu sendiri, dan bersyukurnya dibantuin sama banyak sekali orang-orang berjasa yang membantu dalam proses pembuatan album Romansa,” ungkap Assalova.

Dalam album perdananya, gadis lulusan prodi Pendidkan Musik ini membuat komposisi dan aransemennya sendiri. Proses produksi lagu-lagu di album “Romansa” ini dibantu musisi-musisi hebat di balik layar, yaitu Andy Djatmiko, Budi Buds, Andrea Bayu, Didi Permadi, Rizki Rajasa, Novrico Twetinar, Robbi Setiyoko, M. Sinang Nur Arifin, Flavianus Kristanto, Abita Wisnu, Adyatmaka Jati, Dwipa Hanggana Pratala, dan masih banyak lagi.

Album yang diberi judul “Romansa” ini tersusun oleh lagu-lagu yang berkaitan dengan romansa percintaan maupun romansa kehidupan. Album ini menceritakan tentang seseorang yang pada awalnya merasa sok tahu tentang cinta, merasa cinta itu indah, mudah; sampai pada akhirnya dia menjalin hubungan dimana keduanya harus menerima kenyataan bahwa mereka benar-benar tidak bisa bersatu. Baik oleh karena perbedaan yang nyata maupun karena memang tidak berjodoh.  Pada akhirnya dalam perjalanan mencari makna cinta tersebut, dan bertumbuh, menemukan cinta baru, tapi pada akhirnya orang ini tetap belum menemukan, apa arti cinta itu? Seperti disebutkan dalam lirik lagu Romansa, bahkan seorang pujangga sekalipun tidak ada yang mampu mengartikan arti cinta.

Fakta yang menarik dari album Romansa adalah, selain karena kemasannya yang unik dan diproses matang; seperti yang sudah disebutkan di atas, ada 9 lagu yang disajikan dalam album “Romansa”. Sebagian besar lagu dalam album ini, yakni 6 lagu merupakan ciptaan Assalova sendiri, dan lagu lainnya merupakan ciptaan Andy Djatmiko yang juga ayah dari Assalova, dan teman kuliahnya yaitu Robbi Setiyoko dan M.Sinang Nur Arifin.

“Jadi lagu-lagu di albumku ini memang cukup berbeda dari musik yang sedang ramai di era sekarang, ada yang bernyawa seperti klasik, ada yang agak nge-jazz, ada yang seperti folk tapi bukan folk. Apalagi didukung dengan aransemen yang didominasi oleh string section,” ungkap Assalova.

“Untukku, album ‘Romansa’ ini adalah salah satu hal terbaik yang terjadi di hidupku. Membuat semua dari awal, dari nol, aku coba untuk selalu memberikan yang terbaik dalam setiap karya,” lanjutnya.

Album “Romansa” selain akan rilis di seluruh kanal musik digital pada 9 Maret 2021, Assalova juga telah membuat rilisan album fisik dan boxset untuk album perdananya ini. (FE)


Related Articles

Indah Nevertari Sambut Ramadhan Dengan Single “Marhaban Ramadhan”

iMusic – Wanita yang memiilki karakter suara unik dan menjadi pemenang dalam ajang sebuah pencarian bakat pada tahun 2014, Indah

Pop Asik Ala ‘SINJO’ Di Single “Dirimu Di Ragaku”

iMusic – Group band yang dimotori oleh 3 sahabat, Dodo (vokal), Ciko (bass) dan Yugo (gitar), dari waktu ke waktu

Pagelaran Sang Bahaduri Untuk Yockie Suryo Prayogo Tanpa Sys NS

Sys NS seharusnya menjadi tamu spesial dalam acara konser “Pagelaran Sang Baharuri” yang diadakan untuk mengapresiasi sang maestro Yockie Suryo