iLive

Setia angkat tema kearifan lokal, Rudy Octave & Etno Psycho siapkan album RAP Nusantara II

Published

on

imusic.id – Setelah sukses di album pertama yang bertajuk “RAP Nusantara” yang salah satu lagunya sempat masuk di nominasi AMI Awards 2022, Rudy Octave & Etno Psycho kembali melanjutkan proses kreatifnya dalam sebuah album lanjutan bertajuk “RAP Nusantara II”.

Masih dengan format yang sama yaitu menulis lagu dengan sentuhan kearifan lokal melibatkan dan memanfaatkan bahasa – bahasa kesukuan yang ribuan banyaknya di Indonesia, Rudy Octave & Etno Psycho mempersiapkan 6 lagu berbahasa daerah ke dalam albumnya tersebut.

Berkaitan dengan sosialisasi album RAP Nusantara II tersebut, Rudy Octave selaku musisi dan seniman yang sangat concern dengan kebudayaan dan pariwisata tanah air memperkenalkan salah satu single berjudul “Aceh Culinary” yang sudah disiapkan untuk membuka keseluruhan lagu yang berada di album tersebut.

Bertempat di Café Nine Damara, Bogor dan dihadapan awak media pada Rabu 19/7/23, Rudy Octave & Etno Psycho menggelar sebuah aktifitas seni berkaitan dengan akan dirilisnya album RAP Nusantara II diawali lewat single “Aceh Culinary” tersebut.

Lagu “Aceh Culinary” adalah lagu yang tema dan liriknya nya berkaitan dengan sosialisasi Rudy Octave dan kawan – kawan dalam memperkenalkan tradisi makanan – makanan asli aceh. Menggandeng seorang reggaeman asal aceh Bernama Made, Rudy Octave & Etno Psycho memadukan unsur etnik dan musik ska didalam balutan aransemennya.

“Saya sangat suka dengan music Ska yang sangat kuat dengan unsur alat music tiup atau brass section dan saya ingin music Ska itu menjadi aransemen di lagu Aceh Culinary tersebut”, jelas Rudy Octave.

“kalau di dengar secara lebih detail, Made sang reggaeman mengucapkan banyak sekali nama makanan – makanan asal Aceh di lirik lagu tersebut dan itu membuktikan bahwa kuliner asal Aceh sangatlah kaya dan beragam dan Ini bagian dari upaya kami untuk menghadirkan destinasi budaya dan wisata kuliner yang dikemas lagu dan makanan khas nusantara,” tambah Rudy Octave lagi.

Pada acara yang kental dengan konsep kuliner dan budaya tersebut, selain memperkenalkan 3 lagu yang sarat akan warna etnik tersebut, Rudy Octave & Etno Psycho juga mengajak para awak media untuk menikmati kuliner asal Aceh dengan cara yang unik. Rudy Octave mengajak semua yang hadir untuk merasakan langsung sensasi makanan asal Aceh yaitu Nasi Goreng, Mie Goreng, The Tarik dan Kopi Gayo dengan diiringi musik dan lagu dari Rudy Octave & Etno Psycho.

Rudy Octave ingin seluruh awak media bisa merasakan sensasi 3 dimensi menikmati musik dan kuliner asal Aceh dengan lebih mendalam lagi,

“Cafe Nine Damara ini nantinya akan mulai menjual beberapa menu tradisi aceh seperti mie aceh dan nasi goreng aceh dengan bumbu yang didatangkan langsung dari Banda Aceh. Kopinya sendiri sangat unik, karena kita menyajikan kopi Kendi Ireng yang biji kopinya disangrai memakai tembikar”, ujar Rudy Octave.

Kembali ke lagu “Aceh Culinary”, single ini belum lama di ciptakan plus direkam oleh Rudy Octave dan bahkan sampai saat ini belum melewati proses mixing dan mastering, namun Rudy Octave ingin seluruh awak media bisa merasakan daya magis dari lagu ini.

“Pemilihan menu kuliner Aceh sebagai tema lagu itu karena saya sudah mencoba beberapa makanan nusantara dan merasa bahwa mie Aceh dan nasi goreng Aceh lebih mudah penyajiannya dan punya cita rasa yang khas dan unik”, terang Rudy Octave.

Dalam album Rap Nusantara II ini nantinya akan berisi 6 lagu yang akan tetap berhubungan dengan kuliner setiap daerah tak hanya dari Aceh saja melainkan juga dari berbagai suku di Indonesia. Ke depannya Rudy Octave sendiri sedang merencanakan akan membuat showcase langsung di beberapa daerah di tanah air dengan memanfaatkan pasar atau areal UMKM sebagai lokasi konsernya.

Exit mobile version