STUDIO BELANTARA, dan ARCHIPELAGO, persembahkan “EKSPEDISI PARIKESIT 7 SAGA”.

STUDIO BELANTARA, dan ARCHIPELAGO, persembahkan “EKSPEDISI PARIKESIT 7 SAGA”.

iMusic – STUDIO BELANTARA, sebuah rumah produksi animasi dan karya audio-visual lain, bersama ARCHIPELAGO, perusahaan pengelola kegiatan adventure traveling, kali ini mempersembahkan “EKSPEDISI PARIKESIT 7 SAGA” dengan menggandeng Makki Omar Parikesit, yang berbendera MAKKI PARIKESIT ADVENTURE dan merupakan Intelectual Property (IP) yang akan dikelola oleh Studio Belantara.

Rangkaian kegiatan di alam ini dimulai pada 1 Desember 2021 dan dilangsungkan selama satu bulan. Bukan tanpa alasan Studio Belantara dan Archipelago melangkah bersama Makki Parikesit, yang selama ini lebih dikenal sebagai pemusik yang mendirikan dan menjadi personel band UNGU.

Pada 23 Oktober 2021, Makki berulang tahun ke-50. Dalam rangka mensyukuri dan merayakan usia dan perjalanan hidupnya, penyuka kegiatan adventure-traveling ini ingin mendaki gunung dan touring dengan mengendarai adventure-sport bike. Dalam ekspedisi tersebut Makki akan mendaki tujuh (7) gunung di Indonesia. Enam (6) gunung berada di Pulau Jawa–Ciremai (Jawa Barat); Sindoro dan Sumbing (keduanya di Jawa Tengah), Lawu (perbatasan Jawa Tengah-Jawa Timur); Arjuno dan Welirang (keduanya di Jawa Timur); dan terakhir Rinjani di Lombok (Nusa Tenggara Barat).

Menuju ke setiap tempat di mana ia akan memulai pendakian, Makki akan berkendaraan adventure-sport bike. Jarak tempuhnya total hampir 2.000 kilometer. “Saya melakukan ekspedisi ini karena saya ingin mulai lagi serius menekuni kegiatan-kegiatan outdoor,” tutur Makki.

“Dulu, sebagai musisi, saya selama 25 tahun berkali-kali mengelilingi Indonesia dan beberapa negara di dunia, tapi belum sempat secara mendalam menjelajah daerah-daerah yang saya datangi,” lanjut Makki.

“Kali ini menjelajah menjadi menu utama dalam perjalanan yang dilalui,” sambungnya.

“Rencana ‘big picture’-nya, around the world. Tapi, ada seorang teman yang bilang, ‘Indonesia enggak akan habis walaupun sudah kita kelilingi berkali-kali.’ Jadi, saya mulai dari Indonesia dulu,” tutur ia lagi.

“Sekalian membantu menampilkan kearifan lokal di tempat-tempat yang akan saya kunjungi nanti,” imbuhnya.

Dalam “Ekspedisi Parikesit 7 Saga”, Makki Parikesit tidak akan berjalan sendirian. Ia akan didukung oleh tim pendakian dan tim adventure-sport bike-nya. “Beberapa teman dan kenalan juga ikut serta dalam kegiatan naik gunung. Andy Fatic, Mas Didi Fauzi, Om Hamdi Hassyarbaini (mantan Direktur Bursa Efek Jakarta) ikut ke Sumbing.

Mas Sofyan (Sofyan Arief Fesa, salah satu seven summiter dunia dari Indonesia) ke Arjuno dan Welirang,” cerita Makki. Sementara itu, Ducati Indonesia menyediakan adventure-sport bike Ducati MultiStrada 950 dan Scrambler Ducati Sixty2. “Saya selama ini beberapa kali pakai adventure-sport bike. Tapi, sifatnya rekreasional saja.

Ducati MultiStrada 950 saya pilih untuk perjalanan ini karena karakternya sesuai dengan kebutuhan ‘Ekspedisi Parikesit 7 Saga’,” jelas Makki. Semua kegiatan Makki Parikesit terkait “Ekspedisi Parikesit 7 Saga”, tak terkecuali persiapannya, akan diabadikan oleh Studio Belantara.

Ekspedisi tersebut didukung oleh sejumlah pihak, yaitu Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, MetroTV, Ducati Indonesia, Bank Mandiri, Trijaya FM, Eiger, Panama, Indomaret, Yoshinoya, dan juga didukung Michelin Ban, Joel Camera dan Baked Indonesia.

Menuju “Ekspedisi Parikesit 7 Saga”, Makki Parikesit telah menjalani persiapan sejak lima enam bulan lalu. “Intensifnya tiga-empat bulan belakangan,” ujar Makki.

Sebut saja, trekking di Sentul dan sekitarnya) serta mendaki Gunung Gede, Gunung

Pangrango, Gunung Cikurai, dan Gunung Burangrang. “Untuk motornya, dengan Ducati, saya telah mengadakan beberapa perjalanan pendek antara lain dari Jakarta – Garut dan Jakarta – Lembang. Jarak tempuhnya, total kira-kira 800 kilometer,” sambungnya.

Di samping itu, di Jakarta sehari-hari Makki berenang di rumah dan jogging di Gelora Bung Karno.

“Ekspedisi Parikesit 7 Saga” mencakup pula kegiatan-kegiatan yang mencerminkan

kepedulian Makki Parikesit terhadap pendidikan dan kesenian di sejumlah tempat yang dikunjunginya.

Makki Parikesit Adventure dan pihak- pihak pendukung lainnya akan menyumbang buku-buku bacaan ke SDN Argamukti (Desa Argamukti, Majalengka, Jawa Barat), pesantren di Desa Kledung (Jawa Tengah), Masjid Al-Iman di Dusun Butuh (Temanggung, Magelang, Jawa Tengah), SDN Pecalukan (Prigen, Pasuruan, Jawa Timur), Cemoro Sewu (Magetan, Jawa Timur), SDN 1 Sembalun (Desa Sembalun di kaki Gunung Rinjani), dan Sekolah Alam Sembalun. Diharapkan para siswa setempat akan bisa mendapatkan manfaat, pengetahuan dan hiburan dari buku-buku itu.

Sebagai pemusik, Makki juga akan menyajikan pertunjukan musik akustik kolaboratif Bersama sejumlah pemusik lokal di Desa Argamukti, Desa Kledung, Dusun Butuh, dan Desa Sembalun untuk lebih mendekatkan dan menyatukan Makki dengan alam serta masyarakat setempat yg disinggahinya yang akan disajikan secara sederhana. (FE)


Related Articles

Blackteeth Ajak Untuk Tetap Kuat Mencapai Tujuan Di Video Klip “Halilintar”

iMusic – Bertepatan dengan hari Sumpah Pemuda, band Blackteeth merilis video musik terbarunya yang bertajuk Halilintar. Lagu ini merupakan single yang

Bon Jovi Raih Penghargaan di iHeartRadio Music Awards 2018

iMusic – Band Legendaris pelantun lagu “Always”, Bon Jovi meraih penghargaan bertajuk “Icon Award” dalam sebuah ajang bergengsi, iHeartRadio Music Awards

Kisah Klasik Robot Kuning Di Film Bumblebee

iMovie – Bulan Desember ini sepertinya merupakan waktu yang tepat untuk memanjakan para penggemar film untuk memuaskan hasratnya. Setelah dimanjakan