iMusic
– Tune-Yards mengumumkan detil album studio kelima mereka, sketchy.
Album ini berisikan 11 lagu, termasuk single mereka tahun lalu ‘nowhereman’, dan akan rilis 26 Maret 2021
mendatang. Merrill Garbus dan Nate Brenner membagikan lagu lain
dari album sketchy, ‘hold yourself’ bersamaan dengan video animasi
yang disutradarai oleh Basa Studio.
Lagu ‘hold yourself’ memanjakan pendengar dengan suara yang
berlapis dan lirik paling eksplisit yang pernah ditulis oleh Garbus; sebuah
momen jujur tentang kepedihan dan amarah yang ditunjukkan lewat intro lagu ini
yang kalem hingga kulminasi yang meledak. “Lagu ini adalah tentang perasaan
dikhianati, oleh generasi orang tua kita, dan pada saat yang sama, melihat
bagaimana kita juga mengkhianati masa depan,” ungkap Garbus.
Album Tune-Yards sebelum ini, I can feel you creep into my
private life, adalah sebuah pertanyaan refleksi diri yang menandai akhir dekade
dari musik indie yang terbuka dan polifonik.
Sepanjang tahun 2009 hingga 2018, Tune-Yards (Merrill
dan partner serta kolaboratornya Nate Brenner) meluncurkan empat buah album
yang mendapat banyak pengakuan kritikus, berkeliling ke penjuru dunia untuk
tampil live, dan membuat lagu psychedelic untuk masterpiece surealis
karya Boots Riley, Sorry To Bother You.
“Kami benar-benar tidak berhenti hustling,” ujar Merrill
seraya merefleksikan sepuluh tahunnya. “Dan saat kami bekerja keras, kami ikut
ke dalam sistem-sistem yang sebetulnya tidak kami percayai.”
Terus mempertanyakan perannya di dalam sistem tersebut
membuat Merrill lelah dan merasa hilang arah. Terinspirasi oleh Beastie Boys
Book dan Creative Quest oleh Questlove, duo ini tetap bertahan dan mulai
menuangkan keseharian mereka dalam sesi jamming berjam-jam di studio rumahan
mereka “seperti layaknya atlet”. Mereka menelantarkan layar komputer dan
memilih instrument live (Merrill bermain drum, Nate bermain bass) dan tidak
lama lagu-lagu mereka mulai bermunculan.
Tidak seperti lirik penuh introspeksi diri di album I can
feel you…, di album sketchy. Merrill menyeimbangkan introspeksi dan refleksi
diri dengan keluh kesah yang menggebu-gebu, mengingatkan pendengar pada nada-nada
penuh amarah di awal karir Tune-Yards. “Aku mulai mengingat bahwa orang
mendengarkan lagu kita untuk merasa terhibur, untuk bergerak, untuk merasa
bahagia. Dan bersama, aku pikir, kita bisa bangkit.”
sketchy. akan dirilis di berbagai platform digital, CD, yellow opaque, translucentblue, dan standardblackvinyl pada 26 Maret mendatang. (FE)
iMusic.id – Semakin dewasa, semakin banyak belajar bahwa apa yang dilakukan selama ini tidak selalu berhasil, proses ini pasti dilewati banyak orang. Assia Keva merilis sebuah lagu dari pengalaman pribadi tentang hubungan dengan sang ayah.
Lagu ini bikin kita merefleksikan diri dan memulai membuka lembaran baru bagi siapa pun yang pernah mengalami retaknya hubungan karena miskomunikasi, atau mungkin karena ego tak terkendali.
Lagu berjudul “Can We Be Friends Again ?”, ditulis dan diproduseri oleh Pamungkas, Musisi dan Pelantun To The Bone, Kenangan Manis, Monolog.
Ditulis sebagai surat permintaan maaf yang jujur ditujukan untuk ayah, “Can We Be Friends Again?” berbicara tentang keinginan memperbaiki sebuah hubungan entah itu hubungan cinta, pertemanan, atau keluarga yang sempat hancur karena ketidaksiapan emosional di masa lalu.
“Kadang kita butuh waktu lebih lama untuk mengerti, butuh versi baru dari diri sendiri untuk bisa menghargai apa yang dulu kita abaikan,” ungkap Assia.
Lewat lirik yang reflektif seperti sedang melakukan percakapan, Assia Keva menghadirkan kehangatan yang membalut luka. Lagu ini menjadi semacam pelukan emosional bagi siapa pun yang pernah kehilangan seseorang karena pilihan yang disesali namun diam-diam masih menyimpan harapan untuk memberi ruang kedua.
“Lagu ini bukan tentang kembali ke masa lalu,” lanjutnya, “tapi tentang belajar menjadi versi diri yang lebih baik dan mungkin, membuka kesempatan kedua.”
Dengan “Can We Be Friends Again ?”, Assia Keva sekali lagi menunjukkan kemampuannya merangkum emosi kompleks dalam karya yang sederhana, jujur. (FE)
iMusic.id – Grup musik Elektronik Weird Genius kembali mengguncang industri musik dengan kolaborasi energik bersama rapper naik daun PB GLAS. Sebuah single yang menyuguhkan genre Hard Techno dengan gabungan elemen psytrance. Lagu ini memancarkan nuansa yang gelap, menghipnotis, sangar, dan agresif.
Diproduksi oleh Reza Oktovian, Eka Gustiwana, dan Roy Leonard dan ditulis oleh Natalia Phoebe (PB GLAS), ‘Witch Hunt’ menggambarkan seseorang yang diburu oleh masyarakat, mengekspresikan perkembangan emosi dari kesenangan, kegilaan, amarah, yang semuanya bercampur menjadi satu. Ide ‘Witch Hunt’ menurut PB berasal dari masa ketika perempuan dituduh, dan dituntut sebagai penyihir karena kebencian terhadap marginalisasi sosial & gender.
‘It’s a hunting game’, permainan berburu ini diungkapkan dengan lirik yang padat dan mengalir oleh PB GLAS, mendorong pendengar untuk ikut serta dalam permainan berburu yang disuguhkan dengan alunan musik bertempo tinggi.
Sudah menjadi tradisi bagi Weird Genius dalam mencari talenta baru dan berpotensi tinggi, dan kali ini, trio aneh tapi jenius ini menampilkan ‘PB GLAS’ sebagai kandidat yang memberikan warna baru dalam musik Weird Genius. Dengan memadukan aransemen berintensitas tinggi serta paduan vokal PB GLAS yang intens, menjadikan ‘Witch Hunt’ sebagai pernyataan arah baru mereka. (FE)
iMusic.id – Setelah merilis “Laut Biru” dan “If I Try” di tahun lalu dan awal 2025, Emma Elliott kini kembali mempersembahkan karya terbarunya single kelima bertajuk “BINGKAI”.
Lagu ini menjadi salah satu karya yang paling personal dan istimewa, karena telah dipersiapkan sejak tahun lalu, baik dari sisi penulisan, produksi, hingga penyusunan konsep visual.
“BINGKAI” diciptakan bersama musisi-musisi hebat yang turut memberi warna dalam proses kreatifnya. Yuli Perkasa (GME) berperan sebagai penulis lagu, sementara SO-IN (Cengar dan Faisal) bertindak sebagai music director. Proses vokal pun kembali dibantu oleh Kamga, yang menjadi vocal director sekaligus pengisi backing vocal, menjadikan hasil akhir lagu ini begitu emosional dan menyentuh.
“BINGKAI” adalah refleksi dari rasa kesepian dan kerinduan yang mendalam akibat kehilangan seseorang yang dikasihi baik itu pasangan, sahabat, maupun anggota keluarga. Lirik lagu ini ditulis secara sederhana namun kuat, dengan pengulangan yang mudah diingat dan mampu menggetarkan perasaan siapa pun yang sedang merindukan sosok tercinta.
Untuk melengkapi rilis lagu ini, “BINGKAI” akan hadir dalam bentuk lyric video dan music video yang dikemas dengan visual yang mendalam dan penuh makna. Konsep video disusun secara personal, menyesuaikan dengan isi dan nuansa emosional dari lagu ini.
Emma berharap visualisasi ini dapat memperkuat pengalaman mendengar, sekaligus menjadi ruang bagi pendengar untuk mengenang orang-orang terkasih dalam hidup mereka.
“Semoga lagu ini bisa menjadi ruang untuk kalian yang sedang merasakan kehilangan, dan semoga ‘BINGKAI’ bisa menjadi wadah bagi perasaan yang belum sempat diungkapkan,”
Tentang Emma Elliott
Emma Elliott adalah penyanyi dan penulis lagu asal Indonesia yang dikenal lewat karya-karyanya yang penuh emosi, lirik yang jujur, dan nuansa musik yang intim. Sejak debutnya, Emma telah merilis beberapa single seperti “Laut Biru” dan “If I Try” yang berhasil menyentuh hati banyak pendengar berkat kepekaan lirik dan kekuatan vokalnya.
Musik Emma banyak terinspirasi dari pengalaman personal, kisah cinta, kehilangan, dan refleksi diri. Ia juga dikenal aktif berkolaborasi dengan berbagai musisi dan produser tanah air, menunjukkan kecintaannya terhadap proses kreatif dan eksplorasi musik lintas genre.
Dengan suara khas dan pendekatan storytelling yang kuat, Emma Elliott terus membangun jejaknya sebagai musisi yang autentik dan relevan di industri musik Indonesia. (FE)