iMusic.id – Basejam baru saja merilis single baru berjudul “Mabar” dengan melibatkan seorang penyanyi cilik bernama Theana. Ini adalah salah satu cita-cita Basejam yang bisa di wujudkan tahun ini lewat terciptanya lagu yang bertema anak-anak, untuk anak-anak, dan dinyanyikan bersama anak-anak bertepatan dengan hari anak 23 Juli 2025.
Walaupun lagu “Mabar” ini adalah lagu anak namun Basejam memastikan bahwa lagu barunya ini tidak kekanak-kanakan atau sepele. Di tulis oleh Alsa dan Sita, Lagu dan lirik berjudul “Mabar” ini ditulis dalam tempo yang relatif singkat.
“Walau rencana lagu ini sudah dibicarakan bersama sejak awal tahun, tapi proses pembuatannya baru dilakukan sejak awal Juli dan harus selesai di pertengahan Juli karena mengejar tanggal rilis tepat di Hari Anak 23Juli. Ini bisa jadi lagu tercepat yang kami selesaikan dan kami sangat berterima kasih pada semua pihak yang membantu, terutama teman baru kami, penyanyi cilik bernama Theana”, ujar Sita, bassist Basejam.
Di lagu “Mabar” ini, Basejam kolaborasi dengan seorang penyanyi cilik yang sangat berpotensi dan tentunya penuh dengan keriaan, semangat dan rasa ingin tahu, layaknya tingkah laku anak kecil usia 10 tahun pada umumnya.
“Lagu tema anak, untuk Hari Anak, cocoknya harus ada suara anak. Jadi memang dari awal ide lagu ini ingin collab antara Basejam dengan penyanyi anak, dan pilihan kali ini jatuh ke Theana”, ujar Sigit.
Theana mungkin merupakan nama baru di musik Indonesia, tapi, darah seninya sudah mengalir dari sang kakek yaitu seorang musisi senior bernama A.Riyanto, seorang komposer ternama Indonesia tahun 1980– an dan juga dari sang ibu yaitu, Lisa.A.Riyanto, seorangpenyanyi yang terkenal di tahun 1990-an.
“Ketika membuat musik dan lirik lagu ini yang terbayang adalah suara anak kecil yang tentunya bagus tapi juga ada kesan cuek, riil alias jujur perasaan anak kecil, tidak dibuat-buat dan dapat kesan bahwa kayak sedang berdialog dengan orangtuanya. Dan, Theana sukses banget menghadirkan itu semua. Yang makin membuat kagum adalah semua ini dilakukan hanya dengan proses persiapan latihan selama 2 hari dan rekaman tidak sampai sejam!”, ujarAlsa.
Di bawah bimbingan pelatih vokal Leona Untari, Theana berhasil menghidupkan peran si anak yang sedang asik bermain bareng temannya, namun, tetap berusaha bernegosiasi dengan orangtuanya agar tetap rajin belajar untuk mencapaicita-cita. Proses rekaman yang dilakukan di dua studio yang berbeda ternyata tidak membuat Theana cemas. Bahkan dengan hadirnya Alsa dan Sita yang datang untuk menonton Theana rekaman malah bikin Theana makin semangat merekam suaranya.
“Waktu pertama baca liriknya aku mikirnya, itu aku banget, dan temen-temen aku. Terus pas bagian aku mesti nyanyi liriknya “oke” aku kayak ngerasa lagi ngomong jawab mamaku pas nyuruh aku berhenti main”, ujar Theana.
“Lagu ini cepat sekali rekaman vokalnya. Theana di sore, saya dan Sigit di malam harinya. Setelah kami selesai rekaman, data dikirim, digabungin, langsung klop banget! Anakku aja yang umur 6 tahunan pas ikut aku ke studio rekaman langsung ikutan nyanyi”, ujar Alvin.
Lagu “Mabar” mencoba menghadirkan sudut pandang dari orangtua dan anak berkaitan dengan kebiasaan anak-anak jaman sekarang yang rutin “Mabar” atau main bareng secara online dengan teman-temannya. Orangtua yang juga mungkin memiliki hobi yang sama yaitu bermain game dapat memaklumi bahwa anak-anak pasti ingin main game, pasti suka banget main game, tapi di sisi lain, mereka merasa punya tanggungjawab untuk mengingatkan anak untuk tetap belajar demi masa depan si anak nanti. Sedangkan bagi anak, main game itu tidak sekedar bermain, tapi juga cara mereka untuk bersantai, melepas lelah, membuat pikiran lega sehingga mereka pasti suka banget bermain game. Tapi, mereka juga tahu bahwa nasihat orangtua itu masuk harus didengarkan.
“Ide dasar lagu ini terinspirasi oleh kebiasaan ponakan aku dan juga anaknya mbak Sita yang usianya sama, sekitar usia 8 tahunan, yang setiap kali sedang serius Mabar, pasti susaaaah banget dipanggil. Kayak pura-pura gak dengar, atau kayak menghilang aja gitu ke dalam dunia game. Timbul deh ide kalimat “tapi kalo mama papa udah manggil, langsung jawab, jangan pura-pura ghoib”, ujar Alsa.
“Terus terang pas baca liriknya, jadi inget sama pengalaman sendiri waktu kecil dulu, suka dimarahin sama emak gue. Yah, walau beda tahun, tapi tetap sama tuh semangatnya, anak pengen main, tapi ortu tetep cerewet rajin ngingetin, ahahaha”, ujar Oni.
Penggarapan musik “Mabar” juga memperhatikan detail-detail yang sesuai dengan tema bermain atau main game. Baik dari suasana lagu, sound yang dipilih dan juga isi-isian tiap instrument yang ada di lagu ini.
“Saya pribadi suka banget dan puas dengan musik lagu “Mabar” ini. Seperti biasa, chemistry drum dan bass, dan isian gitar yang walau beda kota tetap menyatu padu dengan asik. Gak sabar pengen semua teman-teman dengerin lagunya”, ujar Alsa.
Single baru Basejam “Mabar” sudah dapat dinikmati di semua Digital Music Platform.
iMusic.id – Sulit rasanya menutup mata dari lagu ini. Ada kejujuran yang berdesir pelan di balik nada riang “Kura-Kura”, kolaborasi antara Stand Here Alone (SHA) dan Tresno, sang vokalis legendaris Tipe-X. Lagu ini bukan sekadar kisah patah hati yang dibungkus jenaka, tapi semacam pengakuan halus bahwa cinta memang kerap berakhir dengan cara yang tidak gagah-gagah amat. Kadang lucu, getir, bahkan absurd. Seperti kisah pria yang ditinggal kekasihnya demi seseorang yang, entah kenapa, “berwajah seperti kura-kura.”
Namun justru di situlah letak keindahannya. “Kura-Kura” adalah cara Stand Here Alone dan Tresno mengubah duka jadi tawa, mengubah kecewa jadi bahan bakar untuk bernyanyi lebih kencang. Mereka seperti ingin bilang: jangan gentar meskipun ditikung reptil, sebab bahkan orang dengan paras hewan melata pun kadang bisa mengajari kita cara menerima nasib dengan elegan, patah hati tidak lagi tentang meneteskan air mata, tapi menghasilkan nada-nada yang membuat dada sesak dan bibir tersenyum di waktu yang sama.
Lagu kolaborasi Stand Here Alone dengan Tresno ini, dengan segala kesederhanaannya, mengingatkan bahwa kita tak berhak untuk dibuat sedih. Dunia sudah terlalu riuh untuk ditambahi keluh kesah yang tidak perlu. “Kura-Kura” hadir seperti kawan lama yang menepuk bahu, berkata pelan: sudahlah, tidak semua janji harus ditepati, tidak semua cinta harus berakhir bahagia, dan tidak semua luka harus disembuhkan, beberapa cukup ditertawakan.
Melalui proyek Album Nusantara, Stand Here Alone menunjukkan bahwa punk dan ska tak melulu soal pemberontakan, tapi juga tentang kelapangan hati. “Kura-Kura” menjadi semacam pernyataan lembut bahwa kehilangan bisa seindah pertemuan, bahwa humor adalah selimut terbaik bagi hati yang pernah robek, dan bahwa hidup, betapapun kejamnya, masih pantas ditertawakan, terutama ketika cinta pergi bersama seseorang yang bahkan kura-kura pun mungkin enggan bercermin padanya.
Single “Kura-Kura” sudah tersedia di seluruh platform digital dan video musiknya dapat disaksikan di kanal YouTube resmi Stand Here Alone.
iMusic.id – Setelah merilis single perdana berjudul “Ku Rindu” ciptaan Andri Ikola, penyanyi sekaligus penulis lagu Sundari Gasong kini memperkenalkan karya terbarunya bertajuk “Sedih” sebagai single kedua. Berbeda dari karya sebelumnya, lagu ini merupakan ciptaan Sundari sendiri.
“Penggarapan single kedua ini tidak jauh berbeda dengan proses single pertama. Aku tetap mempercayakan Debios Ikola sebagai Music Director dan Sis Akbar untuk proses mixing dan mastering. Aku juga tetap berdiskusi dengan kakak kandungku, Andri Ikola, hingga lagu “Sedih” siap dirilis,” ujar Sundari Gasong.
Lagu “Sedih” pertama kali ditulis Sundari Gasong pada tahun 2009. Lagu ini mengangkat kisah tentang kesedihan seorang jomblo yang memendam perasaan cinta tanpa keberanian untuk mengungkapkan.
“Lagu ini sebenarnya dibuat untuk adik kelas aku, Mega F. Yohana, alumni SMAN 1 Boedoet Jakarta angkatan 2008. Terinspirasi dari seorang laki-laki yang dulu menjadi pemujanya,” tutur Sundari Gasong.
Dalam single ini, Sundari sengaja menghadirkan konsep musik yang sederhana, agar pendengar dapat lebih merasakan emosi sedih yang menjadi inti cerita lagu tersebut.
Single “Sedih” resmi dirilis pada 12 Desember 2025 di seluruh digital music platform. Sementara video musiknya akan menyusul dan direncanakan tayang di kanal YouTube resmi Sundari Gasong setelah proses produksi rampung.
Sundari juga menyampaikan pesan khusus kepada pendengar:
“Buat para jomblo, cobain deh dengerin lagu ini pas lagi sedih. Insya Allah sedihnya dapet.”
iMusic.id – Setelah lebih 2 dekade bersama, 7 album studio dan sederet single lepasan, The Rain masih bertahan dengan formasi awal sejak berdiri pada tahun 2001. Indra Prasta (vokal, gitar), Iwan Tanda (gitar, vokal), Ipul Bahri (bass, vokal) dan Aang Anggoro (drum, vokal).
Akhir November 2025, beberapa minggu menjelang ulang tahun The Rain ke- 24, grup asal Yogyakarta ini merilis sebuah single baru berjudul “Cerita yang Tersimpan”.
“Salah satu cara kami bersyukur masih diberi umur dan tetap bersama selama ini adalah dengan berkumpul dan melahirkan karya baru, ini juga wujud terima kasih kami pada teman-teman yang menggemari lagu-lagu The Rain selama ini, pada para The Rainkeepers”, ujar Indra.
Dari balutan aransemennya, lagu anyar The Rain ini terdengar seperti mesin waktu yang membawa pendengar ke akhir dekade 80-an. “Kami mencoba beberapa aransemen untuk lagu ini dan ternyata rasanya paling cocok dibawa ke era 80-an,” ujar Iwan.
Di studio, mereka bernostalgia mendengarkan lagu-lagu dari Richard Marx dan Def Leppard sebagai referensi saat mengerjakan aransemen lagu ini.
“Dulu saat remaja, kami memang tumbuh dengan lagu-lagu di era tersebut, jadi tak sulit untuk menghadirkan kembali nuansanya lewat lagu ini,” tambah Ipul.
“Dari sisi lirik, lagu ini bercerita tentang sebuah kesalahan, sebuah hubungan yang tak diakui terjadi. “Pelik deh.. hahaaa,” sahut Aang yang juga dipercaya untuk mengerjakan artwork single ini.
Cerita yang Tersimpan menjadi single lepasan ke-7 yang The Rain rilis setelah album “Mereka Bilang Kita Terjebak Bersama” dirilis pada 2022. Akankah di tahun 2026 nanti album ke-8 The Rain akan dirilis?