Memajukan Musik Sebagai Kekuatan Ekonomi Indonesia Masa Depan

Memajukan Musik Sebagai Kekuatan Ekonomi Indonesia Masa Depan

“Memajukan Musik Sebagai Kekuatan Ekonomi Indonesia Masa Depan” Adalah sebuah tema yang diangkat pada hari pertama Konferensi Musik Indonesia yang diadakan di Ambon pada 7-9 Maret 2018. Acara sesi pertama di hari pertama ini di hadiri oleh nara sumber yaitu, Sri Mulyani – Mentri Keuangan RI, Triawan Munaf – Kepala Berkaf, Ari Juliano- Deputi Berkaf, Anang Hermansyah – anggota komisi X DPR dan Faris RM dengan moderator Adib Hidayat.

Triawan Munaf menjelaskan Poin pentingnya adalah bagaimana mebuka transparansi dalam sistem industri agar bisa tercipta ekosistem yang sehat dan berjalan di semua sektor.  Kepala Berkaf ini juga menegaskan jika Berkaf bertanggung jawab untuk menangani dan berusaha memberikan solusi untuk masalah industri kreatif  dan juga dengan Konferensi ini diharapkan bisa merubah ekosistem yang baik di industri musik Indonesia.

Sesi ini juga membahas bagaimana agar konferensi musik ini bisa menghasilkan usukan regulasi yang baik untuk pelaku industri musik tanah air, seperti yang diungkapkan Anang Hermansyah, “ keterlibatan musisi dan pelaku industri musik sangat penting sekali untuk menyerap apa yang kita butuhkan untuk perubahan industri kita, itulah mengapa saya masuk ke parlemen” ungkap penyanyi bersuara merdu ini.

Sesi kedua di hari pertama dilanjutkan dengan pembahasan tentang “Tata Kelola Industri Musik Di Era Digital”. Sesi ini menghadirkan Semuel Abrijani – Direktur Jendral Aplikasi dan Informatika Kementrian Komunikasi dan Informatika, Hari Santosa – Deputi Berkaf, Candra Darusman World Intellectual Property Organization, Prof. Agus Sardjono – Guru Besar Fakultas Hukum Universitas Indonesia dan Irvan Aulia – Massive Music dengan moderator Rudolf Dethu.

Sesi ini membuka wawasan baru di masyarakat saat ini untuk lebih perhatian dengan perkembangan teknologi, karena ini sangat berpengaruh pada roda ekonomi di industri musik Tanah Air. Beberapa point penting adalah bagaimana meng collect royalty dari beberapa konten digital dan bagaimana solusi untuk mengembangkan industri musik dengan memanfaatkan perkembangan digital saat ini.



Related Articles

Omni Release Materi Pemanasan Album ke 2 “Negeri Api”

Gempuran musik rock membanjiri industri musik Tanah Air di bulan ini. Pada berita sebelumnya ada Jikunsprain dengan album barunya. Kini

Single terbaru “Harvey Malaihollo” berjudul “Di Setiap Janjiku”.

iMusic – Harvey Malaihollo penyanyi kelahiran Jakarta, 3 Mei 1962 memulai kiprahnya di industri musik Indonesia sejak tahun 1975, dan

Hammersonic 2018 Sukses Puaskan Metalhead Indonesia

iMusic – Perhelatan musik metal terbesar di Indonesia, Hammersonic sukses digelar di Pantai Karnaval Ancol pada Minggu, 22 Juli 2018