Connect with us

iMusic

Rock&Roll, Gypsi, Eksplorasi Melayu Pada “Tafsir Mistik” Single Kedua “The Panturas”.

Published

on

iMusic – Petualangan menunaikan misi multi kultural dalam rangka menyambut terbitnya album penuh kedua The Panturas kembali bergulir. Layar telah terkembang menuntun kapal ekspedisi mereka melanglang menuju dermaga berikutnya, single berjudul Tafsir Mistik.

Sebuah lagu yang memperlihatkan corak musikal berbeda dari klab selancar rock kontemporer asal Jatinangor, Jawa Barat ini. Bila di single pertama, Balada Semburan Naga, yang keluar akhir 2020 silam mereka menjelajahi melodi kolosal Mandarin dan mengawinkannya dengan celotehan cablak tembang gambang kromong Betawi, kini giliran dramatisnya nada Melayu dipadukan bersama harmoni gitar musik Gipsi yang unik, Arabik binti akrobatik.

‘Tafsir Mistik’ menyuguhkan simfoni yang baru dan segar, tidak saja bagi para pendengarnya, tapi juga terhadap The Panturas sendiri sebagai sang empunya lagu. Mereka menantang kebiasaan lama membawakan nomor-nomor surf rock bertempo cepat dengan menciptakan sesuatu yang relatif lebih lambat, bahkan tergolong mendayu, dalam usaha meneladani langgam pop Melayu yang identik dengan nama-nama legendaris seperti D’Lloyd atau The Mercy’s.

‘Tafsir Mistik’ termasuk salah satu karya The Panturas yang beritme paling pelan. Buat kami ini gaya baru karena memainkan kord gitar yang terus berganti tangga nada. Dengan intro Melayu lalu di bagian tengah dimasukkan karakter musik Gipsi/Balkan. Kami tidak ingin menjadi monoton dengan menciptakan lagu-lagu surf rock yang puritan,” ujar bassis Bagus ‘Gogon’ Patria.      

Adalah Django Reinhardt, seorang pemain gitar gypsy-jazz asal Prancis yang tersohor di era paska Perang Dunia II dengan karakter istimewa ‘dua jari pada fret’ yang mengilhami vokalis/gitaris Abyan Zaki Nabilio – akrab disapa Acin – untuk menuliskan lagu ini. Ia mengaku begitu terobsesi sehingga dorongan kreatif yang timbul dirasakan bersifat personal. Ia yang membuat kerangka dasar, berkutat dengan solo gitar, pula memikirkan liriknya. Acin mengatakan, melalui lagu ini bandnya memastikan kalau surf rock juga mampu menerabas batas-batas klasifikasi sebagai suatu genre musik.

Semua bisa dijadikan ‘surf,’ sebutnya, apa pun itu hidangan sampingannya; entah Melayu, jazz, blues, rockabilly, folk, indie rock, atau gambus sampai rancak keroncong sekali pun. Itulah yang sedang dilakukan The Panturas, bereksperimen menggado-gado berbagai jenis musik tanpa harus kehilangan ciri khas gitar surf yang twang. Tidak heran ‘Tafsir Mistik’ kemudian terdengar begitu sinematik sejak bunyi akordeon pada intro lagunya membelai telinga. Tujuan diciptakannya lagu itu agar orang-orang yang menikmati kelak bisa sejenak luwes berjoget, tidak melulu pogo.

Khusus mengenai lirik, Acin menggali keresahan yang tak kalah personalnya. Ia mengiris problematika sosial, terutama dengan banyak bertebarannya para pemikir karbitan era sosial media. Kehadiran mereka membuat kondisi semakin bias, semakin mengaburkan pemahaman akan makna nilai-nilai baru di masyarakat. Dan Acin memanggil semua orang itu dengan sebutan manusia setan.  

“Yang merasa idealisme mereka paling benar. Tidak melihat kepada relativisme budaya. Bahwa benar atau salah itu tergantung dari kacamata kita masing-masing, bukan sesuatu hal yang mutlak. Daripada menghakimi, mendingan kita menghargai proses bagaimana mereka bisa mencapai pemahaman ‘benar atau salah’ tersebut,” jelasnya.

Inilah babak baru penulisan lirik bagi The Panturas. Kalau sebelumnya dramer Surya Fikri Asshidiq lebih banyak memegang peranan, mulai album kedua ini Acin turun tangan lewat sejumlah diksi yang menggelitik. Pengaruh literasi terbesar Acin datang dari kegemarannnya membaca karya sastra fiksi, yang dianggapnya medium terbaik untuk menyampaikan kenyataan. Sebagai contoh, penggunaan kata ‘ruqyah,’ ‘amuh,’ ‘rakyu,’ atau ‘mustakim.’ Bahkan ia menemukan sebuah nomina anyar berbunyi ‘swanirwana.’

‘Ruang khayalan yang telah kau buka/Beri pembenaran pada dosa-dosa, manusia yang takabur neraka/dan coba ciptakan swanirwana.’

Kekuatan lirik tersebut juga diamini produser ‘Tafsir Mistik’, sekaligus keseluruhan calon album kedua mereka nanti, Lafa Pratomo. “Acin punya proyeksi lirik yang luas, dalam, dan tersaturasi dengan apik. Kemampuannya menulis jauh melampaui usia anak-anak lain di angkatannya.”

Sementara dari segi aransemen musikal, menurutnya ini merupakan lagu paling prima yang pernah diciptakan The Panturas. Keunggulan yang berasal dari keberanian untuk keluar dari zona nyaman lagu-lagu tipikalis surf rock yang kebut. Hal itu membuktikan jika mereka tidak stagnan, fokus melangkah maju dengan segala upaya pengaktualitasan karya.

“The Panturas sudah tahu apa yang ingin mereka lakukan terhadap lagu-lagunya. Buah yang dihasilkan sudah matang, gue tinggal mengeluarkan sari-sarinya saja sebagai produser. Ketika berada di studio, satu-satunya hal yang mereka pikirkan adalah musiknya. Tidak ada hal lain,” cetus Lafa Pratomo yang dikenal sukses menangani lagu dan album dari sederet musisi seperti Danilla, Polka Wars, Sal Priadi, Nadin Amizah serta Mondo Gascaro.

Selain mencapai level baru dalam penulisan musik, rilisnya single ini juga menafsirkan misteri perihal album penuh kedua The Panturas yang digadang-gadang bakal terbit pada pertengahan 2021 nanti. Akan menyusul juga dalam waktu dekat sebuah music video yang bakal membuat keantikan lagu Tafsir Mistik terasa semakin hidup dalam pandangan visual.  

“Kami akan merayakan keragaman budaya. Ibarat sebuah kapal yang tengah mengarungi archipelago Nusantara, musik yang tersaji nomadik jenisnya, dari Broadway sampai ke Semenanjung Arab. Fusion dari surf rock, punk, garage, waltz, Mandarin, Balkan, hingga ritmik Melayu,” pungkas Bagus ‘Gogon’ Patria.

 The Panturas adalah: Abyan Zaki Nabilio – Vokal/Gitar, Rizal Taufik – Gitar, Bagus ‘Gogon’ Patria – Bas, Surya Fikri Asshidiq – Drum. (FE)

iMusic

“Hoping You’ll Be Mine” Harap Optimis “Abeliano” Untuk Romansa yang Baru.

Published

on

iMusic.id – Tahun 2024 siap menjadi babak yang fenomenal bagi Abeliano. Setelah resmi bergabung dengan label musik Sony Music Entertainment Indonesia dan merilis karya solo pop-rock galau bertajuk “Love Me Like You Say You Do” pada tahun yang lalu.

Kali ini musisi berusia 23 tahun tersebut kembali unjuk gigi dengan karya terbaru yang diberi nama “Hoping You’ll Be Mine“. Kembali dengan warna pop-rock namun dengan irama yang lebih riang, “Hoping You’ll Be Mine” diriis secara digital.

Sama halnya dengan “Love Me Like You Say You Do”, rapsodi terbaru bertajuk “Hoping You’ll Be Mine” ini ditulis secara tunggal oleh Abeliano. Dengan secercah sentuhan country-pop dan surf-rock.

Abeliano memperlihatkan sisi musikalitas yang lebih riang dan santai seraya dia berinteraksi dengan sosok yang berhasil menciptakan rasa yang tak diduga. Semangat muda Abeliano pun semakin rekah ketika vokalnya mencapai chorus lagu: ” ‘Cause every time that I see you, I cannot lie / My heart burns with love I don’t even know why / I keep thinking of how I’m not the one holding you / If only you knew, that I’m in love with you” “Aku mulai menulis lagu ‘Hoping You’ll Be Mine’ ini di bulan Maret tahun lalu,” terang Abeliano.

“Meskipun aku belum bisa bilang apakah lagu ini kembali terinspirasi dari kisah pribadi hidup aku atau tidak, apa yang bisa aku ceritakan saat ini adalah aku tergerak untuk menggarap lagu dengan komposisi musik seperti ini ketika aku teringat akan salah satu garapan musik orisinil ayah aku. Entah kenapa aku langsung merasakan chemistry yang sangat electrifying dari karya beliau.”

Abeliano turut mengungkapkan bahwa proses penggarapan “Hoping You’ll Be Mine” berjalan secara cepat dan natural. Tanpa perlu overthinking, Abeliano langsung memposisikan dirinya di dalam konsep narasi lagu dan, seketika itu juga, memilih melodi dan lirik yang tepat dengan apa yang ada di benaknya.

Ditambah lagi, demi memastikan “Hoping You’ll Be Mine” tidak bernarasi sempit, Abeliano turut menemukan inspirasi dari perspektif orang-orang di sekitarnya sekiranya mereka berada di posisi yang sama. Alhasil, bisa dikatakan bahwa “Hoping You’ll Be Mine” adalah karya Abeliano yang paling ‘sederhana’ sejauh ini.

“Sebagai musisi dan penulis lagu, aku ingin senantiasa membuka diri pada ide dan format lagu yang beraneka ragam,” lanjut Abeliano. “Untuk lagu ‘Hoping You’ll Be Mine’ ini, aku ingin menciptakan sesuatu yang lebih straightforward dan mudah dicerna oleh pendengarnya — karena, menurut aku, pesan lagu ini sangatlah jelas.

“Elemen lain yang turut memudahkan proses penggarapan “Hoping You’ll Be Mine” adalah kembalinya Diondjokoadi sebagai produser. Sang musisi yang pernah menggarap produksi musik untuk para vokalis skena seperti Uap Widya, Aruna Dawn, dan Harvey Christo ini mengungkapkan bahwa musik populer persembahan Shawn Mendes, Charlie Puth dan Ed Sheeran menjadi referensi tambahan baginya dalam meracik produksi musik “Hoping You’ll Be Mine”.

“Di sini tujuan kita adalah menciptakan sesuatu yang sepenuhnya pop,” terang Diondjokoadi. “Struktur lagu ‘Hoping You’ll Be Mine’ ini sangat cocok untuk dikemas sebagai musik pop Top 40 karena terdiri dari melodi yang sederhana sekaligus memorable dan lirik yang tajam sekaligus otentik.

Ditambah lagi, syukurlah bahwa sedari awal, Abeliano sudah punya visi mengenai seperti apa vibe yang hendak dia ciptakan lewat ‘Hoping You’ll Be Mine’ ini. Ibaratnya, ini adalah jenis lagu feel-good yang sangat cocok menjadi peneman kemacetan di Jakarta.”

Terakhir dan tidak kalah penting, dirilisnya “Hoping You’ll Be Mine” ini menyusul pengumuman penting pada tanggal 29 Maret 2024 yang lalu bahwa Abeliano menjadi salah satu musisi pendatang baru

yang resmi tergabung dalam Spotify RADAR Indonesia 2024 — sebuah bentuk kampanye dari digital streaming platform Spotify untuk memperkenalkan talenta segar dari ragam skena musik Tanah Air.

“Aku sangat bangga dan bersyukur bisa menjadi bagian dari Spotify RADAR Indonesia edisi tahun ini. Menurutku, program ini bisa membuka jalan baru untuk para musisi pendatang baru sehingga karya-karya mereka bisa semakin diperkenalkan ke audiens yang lebih luas lagi. Aku punya harapan yang besar untuk hari-hari berikutnya,” tutup Abeliano. Lagu “Hoping You’ll Be Mine” oleh Abeliano dirilis di bawah naungan label musik Sony Music Entertainment Indonesia dan bisa didengarkan di semua digital streaming platforms (DSPs).

Apakah Abeliano menjadi jawaban atas kerinduan akan musik pop-rock di Indonesia? Mengapa tidak. Bertumbuh dengan karya-karya musik lantang menggugah persembahan dari singer-songwriter seperti Ed Sheeran, Shawn Mendes, JP Cooper, Lewis Capaldi, Kunto Aji, dan Pamungkas mendorong Abeliano untuk belajar cara mengekspresikan berbagai dimensi kehidupannya dalam bentuk karya musik yang mumpuni.

Lahir dan besar di Sumedang, Abeliano merilis karya musik solo perdananya di bawah naungan sebuah label musik independen pada tahun 2019 — sebuah balada bertajuk “Now That You’re Gone” yang terinspirasi dari sebuah perpisahan yang terjadi dalam hidupnya. Single perdana ini kemudian disusul dengan lagu kedua yang bertajuk “CAN I” di tahun 2020, yang juga ditulis tunggal oleh Abeliano dan mencerminkan potensinya di semesta musik pop-rock.

Di tahun 2023, Abeliano resmi bergabung bersama salah satu label musik terbesar di blantika musik Tanah Air, yakni Sony Music Entertainment Indonesia. Karya solo perdana Abeliano di bawah label musik tersebut, “Love Me Like You Say You Do”, diproduseri oleh Diondjokoadi sekaligus membuktikan daya tarik musikalitas Abeliano bagi penggemar musik aliran mainstream.

Keduanya pun kembali bekerja sama di proses penggarapan karya Abeliano berikutnya, “Hoping You’ll Be Mine”, yang dirilis pada bulan April 2024. Abeliano kini berkarya di bawah naungan label musik Sony Music Entertainment Indonesia. (FE)

Continue Reading

iMusic

Jelang rilis album live, Govinda luncurkan single “Episode Bahagia”

Published

on

iMusic.id – Group band Govinda kembali menyapa para penikmat musik tanah air dengan merilis sebuah single yang berjudul “Episode Bahagia”. Single Episode Bahagia merupakan pintu pembuka dari akan dirilisnya album live Govinda berjudul “Govinda Live Studio Session – London 2023” yang telah selesai direkam oleh Govinda di Abbey Road Studios. Ya, studio yang terletak di London ibukota Inggris tersebut merupakan salah satu studio rekaman paling terkenal dan sakral di dunia dan pastinya merupakan impian musisi-musisi dunia untuk bisa datang ke sana. Tidak banyak musisi yang berkesempatan untuk bisa memproduksi karya-karya mereka di Abbey Road Studios dan Govinda merupakan salah satu band tanah air yang beruntung merasakan kemegahan Abbey Road Studios untuk menyalurkan karya-karya apiknya.

Proses Govinda rekaman live di Abbey Road Studios dan melibatkan National Symphony Orchestra (UK), sebuah group orkestra yang diakui dunia sebagai group orkestra terbaik di London tersebut tentu memberikan banyak pengalaman berharga bagi para personel Govinda yaitu : Muhammad Irfan Hadari / Ifan (vokal), Ade Nurulianto / Ade (gitar), Yosafat Luki Marendra / Luki (bass) dan Ritchie Ismail / Jeje (drum).

“Selain merasa terhormat bisa rekaman di studio 2 Abbey Road, yang mana studio 2 ini adalah tempat lahir dan saksi terciptanya sekitar 100 lagu hits The Beatles, Govinda juga berkesempatan berkolaborasi bersama National Symphony Orchestra (UK)”, ujar Ade, gitaris sekaligus sang penulis lagu.

“Dari segi teknis rekaman, Govinda merasakan kepuasan yang teramat sangat karena beruntung untuk menjaga audio yang sangat sakral ini, proses mixingnya dilakukan oleh Chris Bolster, engineer yang juga pernah meramu sound audio untuk Placebo, Coldplay, Paul McCartney, Oasis, Take That, Foo Fighters dan lainnya. Lalu proses akhir mastering diramu secara indah oleh engineer Alex Gordon yang juga terlibat dalam proses mastering musisi-musisi dunia seperti 1975, Keane, Kali Uchis, Liam Gallagher” tambah Ade.

Sementara itu Ifan sang vokalis membagikan pengalamannya rekaman di Abbey Road dan agenda Govinda selama di London pada awak media yang hadir pada launching single “Episode Bahagia” di Bajawa Flores NTT Cafe di bilangan Sunter,

“Persiapan rekaman kita disana sangatlah matang, selama kurang lebih sebulan kita mengadakan workshop sebelum rekaman untuk meminimalisasikan kesalahan. Kalau rekaman multi track yang biasa kita lakukan itu bisa diulang – ulang kalo ada kesalahan, sedangkan di proses rekaman album live tersebut kita harus ulang lagi dari awal apabila ada kesalahan, apalagi kita kolaborasi dengan National Symphony Orchestra (UK) yang sangat perfect dalam melakukan proses rekaman live”, Jelas Ifan.

“Selain melakukan rekaman di London kita juga sempat mampir di 3 kota lainnya di Inggris untuk wisata dan melakukan proses syuting klip karena ke 12 lagu yang kita rekam live tersebut juga dibuatkan video klip nya”, tambah Ifan dan Ade lagi.

Berkaitan dangan konsep dan pemilihan lagu – lagu di album “Govinda Live Studio Session – London 2023” tersebut, Luki sang bassist Govinda menjelaskan bahwa album ini kita anggap sebagai kaleidoskop perjalanan musikal Govinda,

“lagu – lagu yang kita pilih untuk jadi setlist di album ini kita kurasi bersama – sama, kita coba menyusun lagu – lagu yang mewakili perjalanan karir kita selama ini seperti kita membuat album foto aja”, terang Luki.

Single “Episode Bahagia” ciptaan Ade Govinda ini dipilih sebagai single pertama dari album “Govinda Live Studio Session – London 2023” dengan beberapa pertimbangan, diantaranya karena lagu ini punya tema cinta yang universal,

“Lagu ini dipilih untuk dirilis duluan karena lagunya asli enak banget, temanya cinta yang universal bisa ke anak, istri, pacar dan lain – lain, anak saya aja cepet banget hafalnya dengan lirik lagu ini”, jelas Jeje sang drummer.

“Oleh karena itu kita libatkan keluarga kita dalam video klip “Episode Bahagia” ini”, tambah Jeje lagi.

Lagu “Episode Bahagia” adalah kelanjutan dari kesuksesan lagu “Hal Hebat”, single terdahulu dari Govinda yang sampai saat ini masih banyak di cover dan menjadi latar musik di berbagai media sosial. Jika di lagu “Hal Hebat” bercerita tentang sebuah ungkapan rasa cinta yang hebat terhadap seseorang, lagu “Episode Bahagia” ini menceritakan tentang bagaimana seseorang secara ikrar berjanji untuk terus menjaga, mencintai, menyayangi tanpa berhenti terhadap seseorang yang sangat dicintai.

Album “Govinda Live Studio Session – London 2023” ini selain akan dirilis sambil memperkenalkan logo terbaru mereka, Govinda juga punya rencana akan merilis album ini tak hanya dalam bentuk digital, tetapi juga akan ada rilisan secara fisiknya yang dikemas dalam sebuah piringan hitam / vinyl.

Single “Episode Bahagia” produksi My Music Records ini sudah bisa didengarkan sejak 26 April 2024 di seluruh platform musik digital, radio serta musik videonya dapat disaksikan di kanal YouTube resmi Govinda Official.

Continue Reading

iMusic

“Lyodra” Bawakan Lagu Original Soundtrack Untuk Film “Ipar Adalah Maut”.

Published

on

iMusic.id – MD Music bersama Universal Music Indonesia mengumumkan akan merilis lagu berjudul ‘Tak Selalu Memiliki’ yang dibawakan oleh Lyodra, penyanyi berbakat Indonesia jebolan ajang pencarian bakat di Indonesia.

Sederet lagunya juga sangat populer di kalangan pendengar musik Indonesia, bahkan sudah menembus 8 M ++ monthly listeners di salah satu streaming platform. Berbeda dari karya sebelumnya, kini Lyodra akan membawakan lagu yang akan menjadi original soundtrack film “Ipar Adalah Maut” produksi MD Pictures yang kisahnya viral di TikTok.

‘Tak Selalu Memiliki’ ditulis oleh musisi kenamaan yang telah melahirkan karya-karya terbaik Indonesia, Yovie Widianto. “Senang sekali diberi kesempatan oleh pak Manoj dan pak Iman untuk menuangkan gambaran lewat lagu terhadap Ipar Adalah Maut. Terlebih, ceritanya juga sangat menyentuh,” ujar Yovie Widianto. Ia juga menyampaikan bahwa ‘Tak Selalu Memiliki’ disiapkan secara khusus untuk Lyodra.

Oleh karena itu, kesatuan harmoni antara komposisi piano, orkestrasi, serta suara Lyodra menjadi pendukung yang sangat optimal dan berkesan untuk filmnya. “Saya rasa Lyodra berhasil membawakan ‘Tak Selalu Memiliki’ dengan excellent. Aransemen yang sangat konseptual mengikuti dramatisasi dari kisah “Ipar Adalah Maut” yang mengesankan menjadikan ini suatu kolaborasi yang grande,” papar sang komposer.

Harapannya, film “Ipar Adalah Maut” bersama musiknya ini bisa meninggalkan jejak dan kenangan bagi penikmat seni Indonesia. “Pastinya, terima kasih juga untuk semua antusias yang diberikan oleh teman-teman, dan tentunya terima kasih untuk Universal Music Indonesia, MD Pictures, MD Films, dan MD Music.  Semoga karya ini jadi salah satu karya yang memorable untuk kalian,” tutup Yovie Widianto.

Manoj Punjabi, CEO & Founder MD Entertainment dan produser film “Ipar Adalah Maut” menyampaikan, “Sangat excited sekali untuk mengumumkan secara resmi, Yovie Widianto dan Lyodra menjadi pengisi original soundtrack film Ipar Adalah Maut.

Respons penggemar di media sosial sangat luar biasa, ini merupakan kolaborasi yang sudah ditunggu-tunggu oleh masyarakat sejak kami mengumumkan produksi film Ipar Adalah Maut. Lirik dan melodi dari lagu “Tak Selalu Memiliki” sangat tepat menggambarkan dinamika emosi dari karakter dan film Ipar Adalah Maut. Akan banyak kejutan lain yang kami siapkan untuk film Ipar Adalah Maut.

Nantikan segera tayang di bioskop seluruh Indonesia.” “Pertama aku merasa senang sekali sekaligus bangga karena bisa dipercaya untuk menyanyikan soundtrack untuk salah satu film yang paling ditunggu-tunggu saat ini. Apalagi lagu ini dibuat khusus oleh Yovie Widianto dengan aransemen orkestra yang megah dan lirik yang menyentuh. Menurut aku lagu ini benar-benar menggambarkan film Ipar Adalah Maut itu sendiri” ujar Lyodra.

Tidak hanya itu Lyodra juga berharap lagu ini dapat diterima oleh masyarakat indonesia. “Semoga setiap mendengarkan lagu ini bisa langsung teringat juga dengan film “Ipar Adalah Maut,“ tutup Lyodra.

“Ipar Adalah Maut” merupakan film garapan MD Pictures, an MD Entertainment Company yang diadaptasi dari kisah nyata yang viral di TikTok. Sketsa cerita “Ipar Adalah Maut” populer dibawakan Eliza Syifa di platform tersebut. Disutradarai oleh Hanung Bramantyo, film ini bercerita tentang kisah cinta Nisa (Michelle Ziudith) yang datang tak pernah bisa ditebak.

Dipinang oleh dosen muda dari kampusnya, Aris (Deva Mahenra), laki-laki cerdas yang punya pesona luar biasa. Pernikahan mereka bagai pernikahan negeri dongeng, sempurna, apalagi dengan kelahiran putri mereka, Raya. Sayangnya, seperti juga cinta masalah datang tanpa diduga.

Ibu Nisa tiba-tiba menitipkan putri keduanya, Rani (Davina Karamoy), untuk tinggal bersama Aris dan Nisa. Selengkapnya, kisah mereka akan segera tayang di bioskop seluruh Indonesia.

‘Tak Selalu Memiliki’ sudah dirilis dan bisa dinikmati di berbagai platform musik bersamaan dengan official music video-nya pada tanggal 26 April 2024. (FE)

Continue Reading