Connect with us

iLive

Dukung Kebangkitan Ekonomi Kreatif dan Pariwisata, “Jazz Gunung Bromo 2022” siap diselenggarakan.

Published

on

iMusic – Komitmen terhadap kontribusi ekonomi kreatif dan pariwisata dibuktikan oleh PT Jazz Gunung Indonesia (JGI) selama pandemi berlangsung. Tahun 2020 dan 2021 secara berturut-turut digelar Jazz Gunung Ijen dan Jazz Gunung Bromo sebagai rangkaian Jazz Gunung Series dengan mengikuti protokol kesehatan yang ketat.

Upaya tersebut terus dilaukkan PT JGI untuk menggerakan perekonomian sektor budaya, musik, dan pariwisata di tengah-tengah situasi pandemi yang kini menuju endemi. Saat ini kondisi sudah mulai membaik dan Jazz Gunung Series siap untuk memberikan kontribusinya di beberapa daerah lainnya selain Bromo dan Ijen (Jawa Timur) seperti Samosir (Sumatera Utara), Gunung Burangrang (Bandung), Gunung Slamet (Semarang), dan beberapa gunung di kota lainnya yang akan dimulai pada tahun 2023.

“Kami yakin apa yang dilakukan Jazz Gunung berdampak pada berputarnya roda pereokonomian tiap wilayah diselenggarakannya Jazz Gunung nanti. Tahun ini penyelenggaraan Jazz Gunung Bromo akan memasuki tahun ke-14 dan tahun depan akan mulai digelar di berbagai wilayah gunung lainnya,” ungkap founder PT JGI dan ketua Gerakan Pakai Masker, Sigit Pramono dalam Press Conference yang diadakan di Institut Français Indonesia (IFI), Jakarta, Selasa (5/7).

Untuk memulai rangkaian Jazz Gunung Series tersebut, PT JGI akan memulainya dengan Jazz Gunung Bromo 2022 di amfiteater Jiwa Jawa Resort, Probolinggo, Jawa Timur dari tanggal 22-23 Juli 2022 mendatang dengan kapasitas penonton yang sudah bisa kembali normal yaitu 2000 penonton namun tetap dengan prokes sesuai aturan yang berlaku.

Jazz Gunung memang memiliki spirit yang begitu mendalam untuk menyajikan musik jazz dengan warna Indonesia. Salah satu penggagasnya, almarhum Djaduk Ferianto yang menanamkan nilai ini, “saudara saya itu bukan meninggal atau mati, bagi saya dia gugur dalam perjalanan menemukan musik Indonesia salah satunya lewat Jazz Gunung,” ujar Butet Kartaredjasa dalam acara yang sama.

Sejumlah penampil telah dipersiapkan diantaranya Blue Fire Project feat. Achmad Albar dan Ian Antono, Pusakata, Duo Weeger, Irsa Destiwi & Nesia Ardi, SweetSwingNoff, Ring of Fire Project feat. Jogja Hiphop Foundation, Andien, Gilang Ramadhan Komodo Project, Andre Dinuth, dan Aditya Ong.

Penyelenggara memberikan potongan harga tiket untuk yang mengambil tiket terusan 2 hari pertunjukkan. Untuk penjualan tiket bisa didapatkan di jazzgunung.com dengan tarif 1 hari di kelas Tribune Rp500.000, VIP Rp750.000, dan VVIP Rp1.250.000. Sementara untuk tarif 2 hari/terusan Tribune Rp800.000, VIP Rp1.200.000, dan VVIP Rp2.000.000.

PT JGI mengapresiasi langkah kementerian pariwisata yang terus mendorong industri ini terus berjalan dan bangkit kembali setelah melewati masa pandemi. “Jazz Gunung Bromo 2022 ini akan menjadi contoh yang baik untuk musik dan pariwisata dengan adanya beberapa Badan Otorita di beberapa wilayah Indonesia. Sukses selalu untuk Jazz Gunung Bromo 2022” ungkap Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Sandiaga Uno yang menyempatkan hadir secara virtual dalam Press Conference hari ini.

BANGKIT KEMBALI

Antusias yang ditunjukkan para pengisi acara serta penonton menyambut kembalinya digelar konser dan dihadiri dengan kapasitas 100% serta banyaknya festival musik yang diselenggarakan menjadi dorongan untuk Jazz Gunung Series untuk dapat kembali menyelenggarakan rangakaiannya di tahun ini sampai tahun mendatang.

“Rangkaian Jazz Gunung Series adalah jawaban atas bangkitnya industri ekonomi kreatif dan pariwisata karena dapat melibatkan para stakeholder di bidang seni dan budaya serta memberikan dampak sosial dan ekonomi yang nyata, untuk itu BCA senantiasa mendukung program ini sejak beberapa tahun lalu,” ungkap direktur BCA, Antonius Widodo.

Jazz Gunung Bromo sudah menjadi salah satu National Calendar of Event dari Kemenparekraf. Dalam kondisi pandemi, festival ini terbukti mampu beradaptasi dan memberikan dampak yang berarti bagi ekosistemnya.

Penyelenggaraan Jazz Gunung Bromo 2022 untuk memulai rangkaian Jazz Gunung Series akan menjadi bukti kebangkitan pariwisata Indonesia sekaligus kebangkitan perekonomian nasional karena mampu menggairahkan kembali sektor pariwisata dan ekonomi kreatif seperti hotel, restoran, pedagang, penyewaan mobil, dan pelaku industri wisata lainnya di kawasan Probolinggo.

Seluruh rangkaian kegiatan Jazz Gunung Bromo 2021 didukung oleh BCA, Kemenparekraf, LPS (Lembaga Penjamin Simpanan), Jiwa Jawa Resort Bromo, Java Banana Bromo.

TENTANG JAZZ GUNUNG INDONESIA

Jazz Gunung Indonesia merupakan sebuah konsep perhelatan konser jazz bernuansa etnik yang diselenggarakan di amfiteater terbuka, tempat destinasi wisata, kawasan pegunungan yang sejuk. Tujuannya agar musik dan musisi jazz dapat tampil sekaligus mempromosikan tempat wisata yang indah.

Jazz Gunung Indonesia mulai digelar pada tahun 2008 dengan tajuk Jazz Gunung Bromo. Kemudian 3 tahun yang lalu di kawasan Ijen, Banyuwangi juga digelar dengan tajuk Jazz Gunung Ijen. Saat ini Jazz Gunung telah menjadi rangkaian atau series dengan bertambahnya Jazz Gunung Burangrang dan Jazz Gunung Toba. Nantinya rangkaian Jazz Gunung Indonesia ini juga akan bertambah dengan Jazz Gunung Slamet di Purwokerto dan Jazz Gunung Ungaran di Semarang. (FE)

iLive

Digelar 4 Mei, “Malang Rockestra 2025” tampilkan Elpamas dan Grassrock.

Published

on

iMusic.id – Sebuah acara konser bertajuk “Malang Rockestra 2025” akan mengguncang kota apel Malang dengan semangat rock sejati. Acara yang di inisiasi oleh Malang LITES dan Delta Production ini akan menggabungkan kekuatan musik rock legendaris dengan keindahan orkestra modern dalam satu panggung lewat tatanan audio live surround yang megah.

Digelar di Gedung Kesenian Gajayana, Kota Malang, pada Minggu, 4 Mei 2025, acara “Malang Rockestra 2025” ini akan menjadi comeback monumental bagi pecinta musik tanah air, khususnya mereka yang tumbuh besar di era kejayaan rock Indonesia.

Menampilkan para band legendaris seperti Elpamas, Grassrock dan para rocker generasi muda yang tergabung di Mix Match Band, acara konser rock kolaborasi dengan Daily Orchestra bertajuk “Malang Rockestra 2025” ini bakal menampilkan musikalitas tinggi dari para penampilnya tanpa meninggalkan vibe nostalgia yang tetap terjaga lewat penampilan Elpamas dan Grassrock.

Mengusung tagline “Time To Rock Great Again” acara konser “Malang Rockestra 2025” ini juga merupakan undangan terbuka bagi generasi 80-an dan 90-an untuk kembali merasakan getaran panggung rock yang kini dibalut aransemen megah, menyentuh sisi emosional dan musikal secara bersamaan.

Sebagai penyelenggara acara, Malang LITES dan Delta Production mendapat banyak dukungan dari berbagai pihak seperti LKI Porduction, CK Indo Kretek Tobacco, PORTURE, Fansi, Sowan, SNRG Nation, dan ALCO.

Untuk mendapatkan tiket menyaksikan acara ini yang dicetak secara terbatas, para penonton bisa membelinya di www.tiketnation.com. Jangan lewatkan kesempatan untuk menjadi bagian dari sejarah baru musik rock Indonesia!

Continue Reading

iLive

Konser “My First Story Live in Jakarta 2025” sudah membuka pembelian tiket

Published

on

Imusic.id – Sound Rhythm dengan bangga mempersembahkan debut konser yang sangat dinanti dari band rock ternama asal Jepang, MY FIRST STORY. Konser bertajuk MY FIRST STORY LIVE IN JAKARTA 2025 ini akan berlangsung untuk pertama kalinya di Indonesia pada Sabtu, 26 Juli 2025, bertempat di Tennis Indoor Senayan, Jakarta.

MY FIRST STORY, band rock asal Shibuya, Tokyo, yang terbentuk pada 2011 ini dengan cepat meraih popularitas di Jepang dan kancah musik internasional. Beranggotakan Hiro (vokal), Teru (gitar), Nob (bass), dan Kid’z (drum), band ini dikenal luas lewat karya musik yang dinamis serta penampilan panggung penuh energi.

Debut mereka ditandai dengan album pertama berjudul “MY FIRST STORY” yang dirilis pada April 2012. Di tahun 2023, MY FIRST STORY menggelar proyek spesial dengan merilis musik secara rutin selama 12 bulan berturut-turut, sekaligus menjalankan tur nasional ke-47 prefektur di Jepang. Lagu hits mereka, “I’m a mess”, berhasil meraih lebih dari 400 juta stream serta masuk ke jajaran tangga lagu populer di Jepang.

Kolaborasi terbaru MY FIRST STORY di tahun 2024 dengan legenda rock Jepang, HYDE, dalam lagu “Mugen” yang menjadi lagu tema anime “Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba – Hashira Training Arc,” sukses besar dan berhasil mencuri perhatian publik.

Penjualan tiket untuk umum tersedia sejak hari Rabu, 23 April 2025 mulai pukul 10:00 Waktu Indonesia Barat (WIB) secara eksklusif hanya di MyFirstStoryJKT.com

Berikut Kategori Tiket dan Harga:

  • CAT 1 VIP – Rp. 3,200,000 (Free Standing)
  • 1 tiket festival VIP
  • Akses eksklusif Soundcheck sebelum acara
  • VIP laminated pass
  • Antrian prioritas merchandise
  • Undian poster bertanda tangan (6 pemenang)
  • CAT 2 – Rp. 2,000,000 (Free Standing)
  • Undian poster bertanda tangan (5 pemenang)
  • CAT 3 – Rp. 1,800,000 (Numbered Seating)
  • Undian poster bertanda tangan (4 pemenang)
  • CAT 4 – Rp. 1,500,000 (Numbered Seating)
  • Undian poster bertanda tangan (3 pemenang)
  • CAT 5 – Rp. 1,000,000 (Numbered Seating)
  • Undiang poster bertanda tangan (2 pemenang)

Harga tiket di atas belum termasuk pajak dan biaya administrasi hanya dapat diperoleh melalui MyFirstStoryJKT.com. Jangan lewatkan kesempatan menyaksikan momen bersejarah ini, saat MY FIRST STORY tampil perdana di Indonesia, dipromotori eksklusif oleh Sound Rhythm.

Continue Reading

iLive

Acara “Shining of Ramadan” Grand Metropolitan Bekasi ditutup oleh Element

Published

on

iMusic.id – Seperti juga tahun – tahun sebelumnya, Grand Metropolitan Bekasi baru saja sukses menggelar acara bertajuk “Shining of Ramadan” ditutup oleh penampilan seru group band Element. Acara bertema Ramadan dan diadakan sepanjang bulan suci Ramadan ini merupakan event tahunan yang rutin dilaksanakan oleh Grand Metropolitan Bekasi dengan menampilkan dan dikemas dalam tema berbeda yang terus dikembangkan setiap tahunnya agar dapat memberikan pengalaman terbaik bagi para pengunjung.

Element dipilih sebagai salah satu bintang tamu pamungkas karena Grand Metropolitan Bekasi ingin menghadirkan suasana nostalgia untuk customer di rentang usia 30-40 tahun, apalagi Element punya lagu – lagu yang sempat hits di era 2000-an. Selain Element, acara yang digelar sejak 1 hingga 31 Maret 2025 ini juga dimeriahkan oleh berbagai artis lainnya seperti Rahmania Astrini, Kotak, Harra, dan Maliq D’Essentials.

Tampil spartan selama 1 jam di panggung “Shining of Ramadan”, Ferdy, Lucky, Adit, Arya, Fajar, Ibank dan didi memuaskan penonton yang di dominasi perempuan dengan membawakan 10 lagu hits mereka sambil memperkenalkan lagu terbaru mereka yang berjudul “Ya Allah”. Tampil diselingi senda gurau Ferdy, Lucky dan Didi Riyadi, Element berhasil mengajak penonton untuk bernostalgia dengan lagu – lagu hits mereka seperti “Ku PersembahkanNirwana, Pergilah Adinda, Cinta yang lain, Cinta sejati, Cinta tak bersyarat, Rahasia Hati” dan “Maaf dari Surga”.

Manggung masih dalam kondisi berpuasa, para personil Element tetap semangat tanpa kenal Lelah menyebarkan keseruan dan kebahagiaan kepada penonton yang hadir di acara “Shining of Ramadan” tersebut.

“Haha…nyanyi diatas panggung sambil puasa itu luar biasa banget. Mulut haus..tenggorokan seret, hampir gak kuat pengen minta air mineral…tapi seru sama tempat dan crowd nya. Acaranya seru dan kita seneng bisa bawain 10 lagu hits yang biasa element bawain”, tutur Ferdy Tahier excited.

Acara Shining of Ramadan mengusung konsep hiburan live music yang menghadirkan musisi lokal dan nasional untuk menemani suasana Ramadan yang dapat menambah suasana syahdu dan penuh makna di bulan Ramadan.

“Acara ini berlangsung selama satu bulan penuh, dari 1 hingga 31 Maret 2025. Rangkaian acara seperti pertunjukan musik, pertunjukan budaya seperti Rampak Bedug dan Parade dengan karakter Unta, program belanja Midnight Sale hingga berbagai pameran. Salah satunya pameran busana muslim brand lokal yang menjadi favorit yaitu Glamlocal”, terang Augusman Turnip, Pimpinan Unit Grand Metropolitan Bekasi.

“Selain memberikan pengunjung hiburan artis dan musik, Grand Metropolitan Bekasi juga berharap dapat memberikan kesempatan bagi para pengunjung pengalaman berbelanja hingga larut malam pada acara Midnight Sale yang sudah dilaksanakan sejak Sabtu, 22 Maret 2025 lalu”, tambah Augusman Turnip.

Setelah menggelar acara – acara seru di bulan Ramadan, Grand Metropolitan Bekasi akan kembali menggelar acara dengan konsep – konsep menarik kedepannya. Hal ini sebagai komitmen pihak mall untuk menjaga hubungan baik dengan para customer setia mall.

“Kami berkomitmen untuk terus memberikan pengalaman terbaik bagi para pengunjung dan menghadirkan kejutan yang selalu dinantikan. Untuk bulan April dan Mei 2025 ini, kami juga sudah kami siapkan acara – acara menarik. Tentunya selain program event, Grand Metropolitan Bekasi juga akan melaksanakan program Makan Ceban yang memberikan pengunjung kemudahan untuk makan di Grand Metropolitan hanya dengan Rp. 50.000,- saja. Program ini merupakan hasil kerjasama antara Grand Metropolitan Bekasi, Metland Card serta tenant-tenant F&B kami”, tutup Augusman Turnip.

Continue Reading