MALIQ & D’Essentials Rilis Album “RAYA”.

MALIQ & D’Essentials Rilis Album “RAYA”.

iMusic – MALIQ & D’Essentials (M.A.D) akhirnya merilis album penuh “RAYA” yang menjadi penutup rangkaian mini albumRAYA Part I” & “RAYA Part II” yang sebelumnya dirilis di bulan Agustus 2020 dan Oktober 2020. Sekaligus juga menjadi kado Ulang Tahun yang dimulai dari tahun 2020 kemarin sebagai perayaan ultah ke-18 di H.o.M.E (House of MALIQ & D’Essentials). H.o.M.E juga menjadi sebutan untuk basecamp dan studio, tempat dimana terciptanya semua music dan kreatifitas dari MALIQ & D’Essentials yang beranggotakan Angga, Indah, Widi, Jawa, Lale, dan Ilman.

Sebagai penutup dari album “RAYA” ini M.A.D merilis dua single baru yaitu “Semoga” dan “Sesuatunya” dan menggenapi 6 lagu yang terdapat di album ini. Bertajuk RAYA karena karya ini sekali lagi menjadi pembuktian kreativitas band ini di masa pandemic yang berkepanjangan.

Album “RAYA” dari MALIQ & D’Essentials menjadi satu dari album yang digarap di masa pandemi. Bahkan, album ini sejatinya tercipta karena masa pandemi yang serba sulit ini. Melalui album ini, sebagai musisi, MALIQ & D’Essentials ingin membuktikan bahwa akan selalu ada hal positif yang bisa dilakukan di kala masa yang serba sulit ini, yaitu dengan tetap produktif.

Sedikit cerita mengenai album “RAYA” yang diambil dari kata ‘Merayakan’ ini mempunyai arti besar atau megah. Dipilih sebagai tajuk album karena menurut M.A.D album ini merayakan berbagai hal dan kejutan. Salah satunya M.A.D mengajak semua pendengarnya untuk kembali ke album-album awal mereka. Selain itu, lewat album ini M.A.D merayakan kembali suara vokalis Indah Wisnuwardhana yang kembali lagi seperti di awal band ini berdiri.

Setelah pada tahun 2013 silam, Indah sempat absen manggung bersama M.A.D selama 6 bulan akibat varises di sekitar pita suara yang dialaminya. Selain Indah, M.A.D juga merayakan suara Widi Puradiredja yang Kembali terdengar di salah satu lagu di album ini. Ini adalah kali pertama drummer M.A.D ini bernyanyi lagi sejak 15 tahun lewat lagu “Untitled” di debut album 1st yang dirilis 2005 lalu.

Kejutan ini bisa langsung didengarkan pada dua lagu yang dirilis pada 14 Februari 2021, melalui dua Lagu “Semoga” dan “Sesuatunya” yang menjadi penutup yang manis dari album “RAYA”. Suara Indah dan Widi ini bersama Angga bisa langsung disimak dan semoga bisa menjadi penutup nostalgia akan suara Widi sejak Untitled di 2005 yang lalu.

Melalui mood lagu khas M.A.D yang Happy Fun dan juga Pop namun tetap dengan ciri khas musik ala M.A.D, tetap menjadikan “Semoga” dan “Sesuatunya” menjadi benang merah dari 4 lagu yang telah dirilis lebih dulu, yaitu “Bilang”, “Memori”, “Bertemu” dan “Good Lovin”.

Seperti yang diutarakan oleh Indah, bahwa “Album ini adalah cara BILANG semua perasaan yang mengalir begitu saja dengan menerima segala SESUATUNYA. SEMOGA masih bisa meRAYAkan dan bersyukur supaya bisa membuat MEMORI baru disaat nanti kembali BERTEMU.

Let’s make a GOOD..GOOD LOVIN’”. Sedikit merangkum pesan yang ingin disampaikan oleh MALIQ & D’Essentials melalui 6 lagu yang ada di album RAYA. Hal ini sesuai dengan kampanye yang dibawa M.A.D di usia ke-19 tahunnya di 2021 yaitu “HOMEmade Happiness”. Lewat album “RAYA”, M.A.D mengajak semua fans dan pendengar mereka untuk merayakan semua ini Bersama M.A.D at H.o.M.E.

Seperti halnya RAYA Part I, dua lagu di RAYA Part II, full album dari “RAYA” juga dirilis secara eksklusif melalui aplikasi Inspigo dan sudah bisa dinikmati lebih awal sebelum dirilis di platform digital. Selain itu seluruh video klip dari 6 lagu di album “RAYA” juga bisa dinikmati lebih awal di website Pophariini.com dan M.A.D juga mengajak para pendengarnya untuk bergabung dalam Media Virtual Gathering dalam peluncuran Album “RAYA” ekslusif pada tanggal 13 Februari 2021. (FE)


Related Articles

Pertempuran Nafsu dan Logika Fourtwnty Di Single terbaru “Logika”

iMusic – Band pelantun lagu hits “Zona Nyaman”, Fourtwnty kini merilis single terbaru mereka yang bertajuk “Logika”. Dirilis bersamaan dengan

Mengenang Kembali Masa Kejayaannya Lewat Album Big 80’s – 90’s Forever Young

iMusic – Industri musik Indonesia saat ini tengah ramai dengan bermunculnya pendatang baru, namun hal itu tidak menyurutkan para musisi

Tetap Berkarya Di Tengah Pandemi “The King’s Cradle” Hadirkan Album “Homeless”.

iMusic – The King’s Cradle, akrab dipanggil TKC terbentuk pada tanggal 1 September 2017 di Jakarta Selatan. Berawal dari Bob berencana