Sound Modern Dengan Mikrofon “Murah” JIWA YANG BERANI Che Cupumanik & Robi Navicula

Sound Modern Dengan Mikrofon “Murah” JIWA YANG BERANI Che Cupumanik & Robi Navicula

Seperti diketahui dari berita sebelumnya, bahwa duet Vokalis dedengkot Grunge Indonesia Che Cupumanik dan Robi Navicula meluncurkan single “Jiwa Yang Berani” pada 20 Oktober 2020. Mengundang tanda tanya besar, kenapa single yang di produksi dan rampung pada ahir 2015 ini baru release sekarang?

“Entah kenapa, saat itu rekaman single beres, November 2015. Dua hari proses rekaman di Bali, saya langsung pulang ke Jakarta. Robi di Bali melanjutkan proses mixing mastering. Nah dalam proses itu saya sudah pulang ke Jakarta, saya percayakan penuh hasil mixing mastering ke Robi. Sejak beres proses mixing mastering, saya dan Robi sama-sama sibuk dengan band kami masing-masing, dan memang tak pernah membahas target perilisan single” cerita Che pada iMusic.id.

Dan ternyata juga single ini tidak pernah direncanakan serius kapan akan release. Seperti yang Che utarakan “kami tidak pernah terlibat obrolan serius setelah itu kapan lagu “Jiwa Yang Berani” mau dirilis. Lagu ini tersimpan lama. Dan tiba-tiba di masa pandemi ini, tak terasa buku ROCK MEMBERONTAK berusia 5 tahun tepat 20 Oktober 2020, nah di momen peringatan 5 tahun buku Rock Memberontak itulah akhirnya tercetus ide untuk merilis lagu ini dalam bentuk video lyric melalui youtube.”

Menariknya di single yang sudah 5 tahun tersimpan dalam hardisk ini adalah sound yang masih terdengar modern di era 2020 ini. Adalah Wayan Jos Vokalis Zat Kimia & Kaimsasikun sebagai produser yang bertanggung jawab dalam melahirkan single dengan sound yang bagus dan modern, dan juga Deny Surya, drummer dari band Dialog Dini Hari sebagai Mixing Mastering Engineer.  Menurut cerita Che dia selalu memakai mikrofon legendaris Shure SM58 untuk rekaman dan bahkan saat live perform di panggung. Sangat unik dimana banyak para vokalis yang rekaman menggunakan mikrofon jenis kondensor dengan harga belasan dan puluhan juta tapi Che memilih menggunakan mikrofon dinamic SM58 yang biasa orang gunakan untuk live perform dan harganya tidak lebih dari 2 juta rupiah ini. Sound yang dihasilkan dari mikrofon ini memang menjadikan indentitas sound sendiri buat Vokal Che, bisa dibilang suara Che di Rekaman dan di Panggung sama.

Lucunya Deny Surya tidak mengetahui kalau mereka menggunankan mikrofon dynamic Shure SM58, “Jujur saya ga tau waktu itu pake mic apa , karena proses rekaman saya ga disana, mereka kirim data saja, saya denger aman ya lanjut saya coba maksimalkan hehehehe. Menurut saya enak juga sih ga tau spec gear yg digunakan, jadi ga ada sugesti, jadi pure berkhayal bikin materinya lebih terasa nyaman dari segi penempatan ornamen lagunya. Meskipun tidak pernah ketemuan saat proses itu, hasilnya sesuai ekspektasi dan harapan mereka” tutup Deny pada tim iMusic.id


Lagu ‘Jiwa Yang Berani’ adalah tentang keberanian melawan rasa minder dan kemalasan untuk tetap berkarya. Tidak ada batasan dalam berkarya, bahkan dalam gear yang digunakan, “tetaplah berkarya dengan rasa”.

Bagi yang penasaran dengan lagu dan sound nya bisa dilihat di :

(BR)


Related Articles

Inna Kamarie Rilis Singel Cinta Terbaik

Inna Kamarie penyanyi wanita yang dahulu dikenal dari group vokal Dewi-Dewi bentukan Ahmad Dhani, kini dikabarkan telah merilis singel terbarunya.

Kenalkan Ke anak Milenial, BETIGA Gelar Konser “Erros Chrisye Yockie : Tembang Persada Sang Tritunggal”

iMusic – Industri musik Indonesia tampaknya telah mencatat beberapa nama musisi yang telah menjadi ikon serta legenda musik lokal, sebut

“Big Bang Jakarta 2019”. Pameran Cuci Gudang terbesar dengan Diskon hingga 90% yang dilengkapi beragam Festival di Akhir Tahun.

iMusic – Untuk ketiga kalinya, Expo lndonesa Jaya kembali menggelar event Big Bang Jakarta. sebuah Pameran Cuci Gudang Terbesar akhir