Connect with us

iMusic

“The Foolish”, mengadopsi energi rock era 1970-an di single terbaru “Sentimen”.

Published

on

iMusic – The Foolish merupakan grup band yang mengadopsi beberapa jenis musik dan bermuara pada energi rock era 1970-an. Setelah sukses merilis mini album Bigot pada tahun 2020, mereka kembali dengan single terbarunya.

Punggawa rock asal Jakarta ini resmi merilis single teranyar bertajuk ‘Sentimen‘. Trio yang dimotori Zhaki (Vokal dan Bass), Ringgo (Drum), dan Ravie (Gitar), masih menyoroti kehidupan sosial yang mengilhami karya mereka.

Dalam lagu ini, The Foolish menyentil para petinggi yang keliru menggunakan kuasanya baik secara pribadi maupun untuk keperluan instansi.

Takayal, sikap tersebut kerap mengorbankan banyak pihak yang tak bersalah.

“Orang-orang yang mengetahui sesuatu tentang rahasia yang besar pada akhirnya menjadi target para pendosa karena dianggap akan menjadi ancaman baginya,” ujar sang drummer, Ringgo Ilham, Minggu (22/1/2023).

“Kita menyebut sifat orang yang membungkam ini sebagai sifat sentimen karena menciptakan dendam kepada orang tersebut,” sambungnya.

Hal senada juga disampaikan Ravie selaku gitaris. Dia menilai harmonisasi kehidupan jauh lebih penting ketimbang ego perorangan.

“Dengan begitu, kita bakal tahu hikmah sila kedua yang sudah dirumuskan,” tutur Ravie.

Dikemas dengan aransemen yang cukup agresif, ‘Sentimen’ juga menyoroti makna demokrasi yang kian terkikis. Terlebih, bayang-bayang hukum yang kerap dianggap punya misteri menjadi momok bagi para pencari keadilan. Hal itulah, yang menjadi ihwal lagu tersebut tercipta.

“Kita ingin merangkum segelintir kegelisahan lewat nada, lirik, dan aransemen di dalam lagu. Iwan Fals pernah bilang, ‘Seniman itu enggak ada pensiunnya’. Jadi buat kami, enggak ada yang berhak ngelarang suara hati para musisi,” ungkap Zhaki.

“Paling enggak, kita tahu cara yang elegan buat menyampaikan sebuah pesan untuk si penerima pesan,” lanjutnya.

Menilik aransemennya, ‘Sentimen’ juga sarat dengan jeritan distorsi yang mewakili amarah khas musik rock. 

Perilisan ‘Sentimen’ ini diiringi dengan perayaan delapan tahun The Foolish berkarya di belantika musik Tanah Air.

Mereka pun didukung dengan beberapa orang dibalik layar guna menunjang tumbuh kembang karyanya. Dalam waktu dekat, The Foolish juga bakal menggelar konser intimate khusus perilisan ‘Sentimen’ Juni mendatang.

Mereka juga berencana menelurkan album penuh hingga menjalani rangkaian tur ke beberapa kota besar di Indonesia tahun ini.

Sekedar informasi, The Foolish sebelumnya sukses merilis mini Album bertajuk Bigot pada 2020 lalu.

Bigot sendiri berisi lima track lagu diantaranya, ‘Degradasi Moral’, ‘Ranah Ilusi’, ‘Air Mata Pena’, ‘Radiasi Rock n Roll’, dan ‘I’m Not a Slave’.

Sementara itu, single terbaru The Foolish bertajuk ‘Sentimen’ ini sudah bisa dinikmati di berbagai platform musik seperti Spotify, iTunes, Deezer, Youtube Music, Apple Music, dan sejenisnya. (SPR)

iMusic

Gaet Ote Abadi, Ussy Pieters rilis single perdana “Sampai Kapan”

Published

on

iMusic.id – Puluhan tahun meniti karier sebagai musisi yang memainkan alat musik Harpa, Ussy Pieters akhirnya menjawab tantangan dan panggilan hatinya untuk merilis single vokal perdananya. Lagu yang diluncurkannya pada 15 Juni 2025 di sebuah ballroom hotel daerah Jakarta Selatan tersebut ditulis oleh penulis lagu kenamaan Ote Abadi.

Sebagai musisi senior dan maestro Harpa Indonesia, Keputusan Ussy Pieters merilis single yang diberi judul “Sampai Kapan” ini merupakan gebrakan baru dalam perjalanan karier seninya, betapa tidak, single perdananya ini dirilis disaat Ussy memasuki usia 71 tahun.

Lagu ciptaan Ote Abadi berjudul “Sampai Kapan” ini bercerita tentang cinta dan penantian panjang penuh keraguan yang dialami oleh seseorang yang akhirnya membuat orang tersebut berserah ke Tuhan. Mengusung warna pop 70 – 80an dengan aransemen yang sederhana namun penuh emosional tersebut dinyanyikan oleh Ussy Pieters dengan penuh penghayatan.

“Saya menyanyikan lagu ini bukan sekadar menyuarakan lirik, tapi menyampaikan perjalanan perasaan yang sangat manusiawi seperti mencinta, menunggu, bertanya, dan menyerah pada kehendak-Nya,” jelas Ussy Pieters.

Dirilis secara digital pada akhir Juni 2025, “Sampai Kapan” merupakan ekspresi baru dari seorang musisi yang selama ini dikenal lewat petikan dawai harpa, bukan suara vokal. Namun justru di momen inilah Ussy membuka lembaran baru bukan untuk mengejar tren, melainkan menjawab panggilan hati.

“Saya tidak pernah membayangkan akan merilis single vokal di usia ini. Tapi ketika Ote memberi lagu ini dan saya coba menyanyikannya, ia langsung bilang, ‘Ussy, lagu ini milikmu’. Dari situ semangat saya tumbuh”, ujar Ussy.

Ote Abadi sendiri mengakui bahwa proses pengenalan Ussy terhadap lagu yang dia tulisnya ini sangatlah cepat,

“Ussy langsung menyatu dengan lagu yang saya tulis ini, pengalamannya di industri musik nasional selama bertahun – tahun membuat Ussy tidak mengalami kendala yang berarti saat mempelajari dan menghayati lagu ini”, jelas penulis lagu yang pernah menulis lagu “Permata Biru” buat Nicky Astria ini.

Proses rekaman lagu ini digarap dengan penuh kesungguhan. Ussy terlibat langsung dalam pengolahan vokal dan produksi video klip, bersama tim kreatif yang terdiri dari Vicky dan Donny, serta arahan musikal dari sang pencipta lagunya sendiri, Ote Abadi.

Meski baru kini merilis lagu secara vokal, Ussy Pieters bukan nama baru di industri musik Indonesia. Sebagai pemain harpa legendaris, Ussy bahkan telah merilis tiga album Harpa instrumental, dan tampil bersama orkestra ternama di berbagai panggung musik nasional maupun internasional.

Yang menarik, Ussy tidak memulai karier musiknya secara instan. Kecintaannya pada harpa berawal sejak kecil, saat sering diajak oleh sang ayah menonton konser musik klasik.

“Suara harpa buat saya seperti air yang mengalir di padang sunyi. Dalam bayangan saya waktu kecil, seolah melihat malaikat bermain harpa dengan jari-jari lentik. Sejak itu saya tahu, saya ingin memainkan alat musik itu.” Kenang Ussy.

Setelah lulus SMA, Ussy meminta izin kepada sang ayah untuk menekuni harpa secara serius. Ia pun diterima di Conservatorium St. Cecilia, Roma, Italia, tempat ia menempuh studi selama 9 tahun hingga meraih gelar Master Harp dan Doctor of Music. Tak hanya itu, Ussy juga memperdalam ilmu vokal dan teknik Opera Lyric, yang menjadi dasar kuat dalam interpretasi vokalnya hari ini.

Walau sempat bolak-balik antara Italia dan Indonesia untuk pertunjukan musik, Ussy lebih dikenal sebagai sosok seniman klasik yang tekun dan konsisten dalam jalurnya jauh dari sorotan industri rekaman pop.

Di tengah hiruk pikuk dunia musik yang kerap didominasi oleh usia muda dan tren digital, Ussy hadir dengan pesan kuat:

“Jangan pernah berhenti berkarya selama kita masih mampu. Eksistensi dalam musik tidak selalu soal ketenaran, tapi tentang kejujuran dalam mengekspresikan diri.”

Continue Reading

iMusic

Pasca hiatus, Littlefingers luncurkan album “Snakes And Ladders”

Published

on

iMusic.id – Setelah lima tahun mewarnai jagat musik jazz elektronik Indonesia, Littlefingers mempersembahkan album anyar pasca tiga tahun tidak merilis album berjudul “Snakes and Ladders”. Album yang namanya diadopsi dari permainan papan legendaris, ular tangga, merupakan representasi perjalanan musik ketiga personil Littlefingers sebagai musisi di industri musik Indonesia.

Littlefingers yang beraggotakan Chika Olivia (keys), Tjdika (bass), dan David Halim (drum mengungkapkan, bahwa album ini juga ditulis sebagai penyegaran terhadap identitas musik yang mereka bangun selama lima tahun terakhir.

“Fresh jadi kata yang terpikirkan mewakili “Snakes and Ladders”. Setelah 3 tahun tidak ada rilisan berbentuk full album,” saya personally merasa disegarkan kembali musically, walaupun pada proses pengerjaannya, (full) album pastinya lebih memakan waktu dan perlu dedikasi yang lebih. Bersyukur bandnya sudah berjalan kurang lebih 5 tahun, sudah lebih tau maunya apa, sudah lebih banyak referensi dan juga didukung dengan alat-alat yang berbeda dari album sebelumnya. Otak semacam ter-“reset” dan bisa terpikirkan approach yang berbeda, baik dalam penulisan maupun sound,” ungkap Chika Olivia, KeyboardisLittlefingers.

“Snakes & Ladders” sendiri menyajikan narasi yang berbeda dari album pertama mereka, “Euphoria”. Apabila “Euphoria berbicara soal harapan dan optimisme mereka sebagai musisi yang sedang meniti karir, “Snakes & Laddersmerupakan realita dan perjuangan ketiga personil Littlefingers selama lima tahun terakhir. Perlu diketahui, bahwa di luar Littlefingers, ketiga musisi muda tersebut juga aktif bekerja sebagai session player dan produser untuk musisi ternama tanah air.

“Album ini merupakan sebuah pengingat, tentang alasan awal bermusik, yaitu kembali untuk menciptakan dan meninggalkan bunyi yang jujur, bukan hanya sekedar mengikuti tren yang beredar. Seperti ‘pulang’ mungkin menggambarkan kata yang tepat merefleksikan proses pengerjaan album ini,” ungkap Tjdika, yang akrab dipanggil Dika.

Secara keseluruhan, “Snakes & Ladders” sendiri terdiri dari 9 lagu, lagu pertama sebagai intro, tiga single yang telah dirilis sebelumnya, dan lima lagu yang sepenuhnya baru. Pada lagu “Labrnth”, Littlefingersberkolaborasi dengan produser dan music director ternama tanah air, Rishanda Singgih, dan lagu berlirik “Essence”, Littlefingersberkolaborasi dengan vokalis asal Melbourne, Australia, Emma Volard. Lagu “Essence” sendiri lantas dipilih menjadi focus track dari album berdurasi 31 menit 22 detik ini.

“Sekitar awal tahun 2025, gue menemukan album Emma Volard di salah satu streaming platform dan gue langsung suka banget sama suaranya. Sempet ada beberapa minggu dengerin album dia on repeat sambil kepikiran kayanya kalau ada salah satu lagu di album diisi oleh beliau seru kayaknya. Tidak lama setelah itu, dia mengadakan tour di Indonesia, dan kami waktu itu nekat aja kontak. Untungnya dia mau dan bener-bener memberi warna baru dari draft lagu yang sudah kami buat,” ungkap David.

Masih diproduseri dan di mixing mastering secara mandiri (kecuali lagu kolaborasi dengan Rishanda Singgih), “Snakes & Ladders” mempertahankan bunyi synthesizer yang merupakan ciri khas dari Littlefingers, kemudian dibalut dengan dentuman bass dan drum yang padu dan penuh energi, Snakes & Ladders menawarkan pengalaman sonik yang memanjakan telinga setiap pendengarnya.

Dengan mendengarkan album “Snakes & Ladders”, Littlefingers berharap bahwa album ini bisa menjadi pengingat ataupun penyemangat bagi setiap pendengarnya yang sedang berjuang menghadapi papan permainan kehidupan yang tangguh.

Continue Reading

iMusic

Fyan Ahmad temukan wanita yang tulus di single “Kaulah Jawaban Doaku”

Published

on

iMusic.id – “Kaulah Jawaban Doaku” adalah judul single lagu terbaru dari Fyan Ahmad yang berbeda dari beberapa single lagu sebelumnya yangg pernah diciptakan oleh Fyan Ahmad, diantaranya yaitu “Kamu Cantik, Mencari Cinderella, Cinta Abadi, Mati dihatimu” dan satu single lagu “Aku Istimewa” tahun 2024, kolaborasi bersama Damon Koeswoyo.

Genre musik dari lagu “Kaulah Jawaban Doaku” ini lebih ke pop rock, dengan tempo yang lambat serta lirik lagu percintaan yang menyentuh hati serta makna lagunya tersampaikan juga relate dengan kehidupan sehari-hari. Untuk proses penggarapan musiknya Fyan Ahmad dibantu oleh Tubagus Syaifullah personil Nada Tujuh dan Orwin Ramawan Ex – gitaris Bunga Band serta di direct  langsung musiknya oleh Fyan Ahmad sendiri.

Lagu “Kaulah Jawaban Doaku” dari Fyan Ahmad ini menceritakan tentang kasih sayang seorang wanita yang tulus mencintai, menerima pasangannya apa adanya dengan segala kekurangan dan kelebihannya. Membuat pria ini tidak berdaya akan cintanya yang begitu dalam dan ternyata setelah sekian lama baru sekarang doanya terjawab. Pria ini mendapatkan sosok wanita yang begitu baik sehingga membuatnya semakin sayang dan tak bisa berpaling ke hati yang lain. Dalam pembuatan music video, sosok wanita tersebut diperankan oleh aktris yang sudah tak asing di dunia sinetron, yaitu Livy Andriany.

Single “Kaulah Jawaban Doaku” sudah dapat di nikmati di youtube ataupun melalui beragam platform musik digital. Dengan releasenya single ini Fyan Ahmad yang berada dibawah naungan label Fam Music Records, berharap semoga bisa membuka pintu bagi pendengar untuk mulai mendengarkan lagu-lagu Fyan Ahmad yang telah lebih dulu release maupun yang akan datang. Dan semoga Fyan Ahmad bisa terus berkontribusi dalam kemajuan musik tanah air.

Salam Musik Indonesia.

Continue Reading