7 Musisi Indonesia Yang Membuat Lagu Untuk Negeri

7 Musisi Indonesia Yang Membuat Lagu Untuk Negeri

Pada tanggal 17 Agustus kemarin adalah Hari Ulang Tahun Indonesia yang mengijak ke – 72. Hampir Seluruh masyarakat di Indonesia memperingati hari Kemerdekaan tersebut dengan menggelar lomba yang biasa disebut lomba 17an. Banyak lomba yang mereka adakan, seperti balap karung, lomba makan krupuk, panjat pinang dan lomba bernyanyi lagu kebangsaan. Memperbincangkan lagu kebangsaan, banyak grup band Indonesia yang pernah membuat lagu khusus untuk Negara Indonesia, iMusic akan merangkum 7 grup band Indonesia yang pernah membuat lagu untuk Negeri.

1. Cokelat

Band Cokelat berdiri pada tanggal 25 Juni 1996. Cokelat mempunyai single berjudul “Bendera” yang diciptakan oleh Eross Chandra gitaris dari band Sheila On 7 dan dirilis pada tahun 2002. pada saat itu band Cokelat digawangi Kikan sebagai vokalis, Ervin pada drum, Edwin sebagai gitaris, dan Ronny bassist.

 

2. Netral

Band yang dahulu bernama Netral dan kini berubah menjadi NTRL ini pernah membuat single berjudul “Garuda Didadaku” dan single tersebut sempat booming sehingga menjadi konsumsi perbincangan publik pada saat itu. NTRL berisi 3 personil, yaitu Bagus sebagai bassist dan vokalis, eno sebagai drummer, Christoper sebagai gitaris. hingga saat ini NTRL sudah merilis 13 album.

 

3. Slank

Slank adalah sebuah grup band yang dibentuk oleh Bimbim pada 26 Desember 1983. Lagu lagu dari slank banyak yang diciptakan menyinggung negeri, seperti Sosial Betawi Yoi, Gosip Jalanan, dan masih banyak lainya. Fans dari band ini menyebut diri mereka Slankers, dan itu sudah merambah disemua kalangan masyarakat di Indonesia ini.

 

4. Iwan Fals

Musisi Iwan Fals tentunya sudah tidak asing lagi ditelinga kita. Pria yang bernama asli Virgiawan Listanto ini sudah terkenal dengan keberanian nya membuat banyak lagu untuk menyinggung tentang pemerintahan, isi hati masyarakat dia curahkan lewat lirik lirik dari lagu ciptaan nya.

 

5. Gombloh

Alm. Gombloh terlahir dengan nama Soedjarwoto Soemarsono, di Jombang, Jawa Timur, pada 14 Juli 1948. Panggilan Gombloh itu diberikan ayahnya semenjak kecil, dan menurutnya nama itu menjadikan hoki dalam karir bermusiknya. Lagu ciptaan Gombloh pun mempunyai ciri yang khas yaitu bertajuk Nasionalisme. Hingga saat ini lagu miliknya masih sering diputar walaupun pencipta nya sudah tiada.

 

6. Pee Wee Gaskin

Grup Band yang dibentuk pada tahun 2007 di Jakarta dan berisikan Dochi Sadega (Bass/Vocal), Sansan (Guitar/Vocal), Omo (Synth/Keys/Vocal), Aldy Kumis (Drum), dan Ayi (Guitar/Back Vocal). Mereka sempat membuat single berjudul “Dari Mata Sang Garuda” yang menceritakan semangat anak muda Indonesia. Lagu tersebut sempat menjadi lagu favorit dikalangan muda setelah launchingnya single tersebut.

 

7. Superman Is Dead

Band asal Pulau Dewata Bali yang digawangi Bobby Kool sebagai vokalis, Jerinx sebagai drummer dan Eka pada bassist tersebut pernah membuat lagu yang diberi judul “Aku Anak Indonesia”. Superman Is Dead ( SID ) memang dikenal dengan lagunya yang beraliran punk/rock. Musiknya yang keras sehingga setiap orang yang mendengarkan nya menjadi bersemangat membuat Sid menjadi idola di semua kalangan anak muda maupun dewasa.


Related Articles

Limp Bizkit Dipastikan Menjadi Headliner “Soundrenaline 2018”

iMusic – Penggemar berat musik genre rock siap-siap anda dimanjakan oleh Limb Bizkit. Band rock asal Amerika Serikat ini akan

Lomba Karya Cipta Tari Betawi Tahun 2017

ilive – Keberadaan Tari Betawi yang sudah berkembang saat ini telah menjadi sajian utama pada setiap event seni budaya yang

Jazz Gunung 2018 Sajikan Hal Berbeda Untuk Menikmati Musik

iMusic – Pagelaran musik jazz gunung tahun ini memasuki usia yang ke 10 kali acara ini digelar. Ada yang berbeda